Anda akan terkejut saat mengetahui inilah penyebab kerusakan gigi anak Anda

Si kecil masih balita, namun sudah berapa kali mengalami gigi bolong bahkan sampai membusuk dan harus dicabut? Anak dari New Zealand ini menceritakan penyebabnya.

1,899 views   |   5 shares
  • Berita mengenai bocah usia tiga tahun di New Zealand yang harus mencabut 11 giginya karena telah membusuk, menjadi ramai, sebab dokter gigi Rob Beaglehole dari New Zealand mengungkapkan bahwa hal itu terjadi karena balita tersebut terlalu sering mengonsumsi minuman manis berupa soda.

  • Ya, gula yang dikonsumsi anak-anak dalam jumlah besar belakangan ini membuat kegiatan rutin datang ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali menjadi percuma. Sebab, makanan juga minuman manis tersebut terus berbuntut pada gigi berlubang sehingga tidak sedikit dokter gigi harus mencabut gigi susu yang terlanjur rusak tersebut.

  • Tak hanya di New Zealand, The American Heart Association sebetulnya telah merekomendasikan agar perempuan hanya mengonsumsi tak lebih dari 6 sendok teh gula per hari, sementara pria seharusnya mengonsumsi gula tak lebih dari 9 sendok teh per hari. Kenyataannya, dalam satu botol kecil berukuran 600 ml minuman bersoda mengandung 15 sendok teh gula. Maka, jika Anda mengonsumsi satu botol saja sehari, Anda telah mengonsumsi gula dua kali lebih banyak dari jumlah gula harian yang direkomendasikan!

  • Lalu bagiamana dengan faktanya? Menurut American Heart Association, warga AS rata-rata mengonsumsi gula hingga 23 sendok teh. Waw, lebih dari tiga kali lipat jumlah yang direkomendasikan untuk pria dan empat kali lipat jumlah yang direkomendasikan untuk wanita.

  • Sebuah wilayah di AS yang berdekatan dengan New York dan Alabama, yakni Appalachia, merupakan wilayah yang terkenal dengan masyarakat pengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah terlalu banyak. Advokat kesehatan publik di area tersebut bahkan menyatakan bahwa jumlah warga yang mengalami pengikisan gigi, atau biasa disebut 'gigi grepes', sangat banyak. Mereka bahkan memiliki istilah "Mountain Dew Mouth" dinamai atas minuman yang paling laku disana.

  • Pelakunya selain gula adalah citric acid, sebuah zat preservatif yang menambah rasa serta 'greget' pada minuman bersoda. Zat ini mengikis enamel dan pada akhirnya dentin, yang merupakan akar dari sebuah gigi. Selain minuman bersoda, minuman berenergi pun mengandung citric acid dalam jumlah tinggi.

  • Risiko lain karena gula

  • Alasan menjauhi gula sebetulnya bukan hanya demi menjaga kesehatan gigi. Tahukah Anda bahwa gula dapat membuat kerja liver menjadi berkali-kali lipat lebih berat dan bahkan kerap dikaitkan dengan penyakit lever berlemak yang terjadi pada non-alkoholik. Hal ini berkaitan erat dengan penyakit sindrom metabolis, penyakit cardiovascular dan diabetes tipe 2. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga berisiko mengakibatkan pertumbuhan sel kanker.

  • Advertisement
  • Selain itu, tentu saja, sebagai kontibutor utama yang mengakibatkan obesitas pada anak dan dewasa. Sayangnya, keberadaan gula memang mengakibatkan adiksi dan meningkatkan level kejenuhan, yang menyebabkan orang kehilangan kendali akan jumlah makanan bergula yang dikonsumsi. Kini, lebih dari 1 banding 3 anak juga dewasa mengalami obesitas.

  • Dampak dari kegemukan ini juga mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Berdasarkan data dari the Centers for Disease Control and Prevention di AS, masalah yang diakibatkan obesitas pada remaja adalah penyakit cardiovascular, prediabetes, masalah tulang serta persendian, sleep apnea hingga masalah sosial juga psikologis termasuk rasa percaya diri rendah.

  • Belum lagi risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, stroke dan beberapa tipe kanker serta osteoarthritis.

  • Karena itu, The New Zealand Dental Association menyarankan agar orangtua mengikuti kebijakan hanya air bening sebagai minuman bagi anak-anak, dengan harapan mencegah lebih banyak kasus kerusakan gigi yang disebabkan soda.

  • Kue manis, minuman dingin dengan perisa, dan gaya hidup serba praktis memang menuntun kita mengikuti tren bersama dengan kebiasaan meminum gula dalam jumlah lebih banyak. Di Indonesia, dr. Tan Shot Yen pernah dengan keras mengungkapkan; "Anda sayang pada anak-anak? buktikan! Coba lihat isi kulkas Anda, kalau masih ada minuman bersoda di dalamnya, berarti Anda tidak sayang pada anak-anak."

  • Ya, gigi busuk milik bocah 3 tahun itu hanyalah alarm dari konsekuensi konsumsi gula berlebihan, masalahnya kemudian melebar terus tak hanya berputar pada soda. Batasi jumlah gula dalam keluarga Anda sekarang, jika memang Anda mencintai keluarga Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Anda akan terkejut saat mengetahui inilah penyebab kerusakan gigi anak Anda

Si kecil masih balita, namun sudah berapa kali mengalami gigi bolong bahkan sampai membusuk dan harus dicabut? Anak dari New Zealand ini menceritakan penyebabnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr