Membebaskan anak Anda bermain di luar rumah itu penting. Kenapa?

Beri kesempatan bagi anak Anda menghirup udara luar, serta bermain dan belajar bersama di sana.

346 views   |   9 shares
  • Anak-anak yang dilahirkan di zaman internet telah mengalami banyak perubahan dibandingkan zaman kita dulu, terutama bagaimana mereka menghabiskan hari-harinya. Belum lagi karena tuntutan kebutuhan hidup, kedua orangtuanya harus bekerja dan meninggalkan sang anak pada pengasuh atau menitipkan di lembaga penitipan anak. Bagi yang sudah masuk di bangku sekolah, para orangtua mendaftarkan sang anak di kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain agar waktunya terisi penuh seharian.

  • Kedua kondisi di atas tersebut telah mengubah pola bermain, belajar dan bergaul anak dengan lingkungannya. Sebagian besar anak-anak menghabiskan waktunya di depan layar kaca atau bermain game di dalam ruangan. Padahal sebaiknya anak-anak diberikan kesempatan sesering mungkin untuk menghirup udara bebas di luar ruangan. Inilah beberapa manfaat yang dapat diraih saat anak-anak memiliki dari kegiatan di luar ruangan:

  • 1. Perkembangan fisik

  • Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Departemen Kesehatan menunjukkan ada sebanyak 18,8% anak usia 5-12 tahun mengalami kelebihan berat badan dan 10,8% menderita obesitas. Angka ini menunjukkan adanya kenaikan dua kali lipat sejak tahun 1984 Kondisi ini tentu mengganggu kesehatan dan perkembangan fisik anak. Membiarkan anak-anak bermain di luar bersama teman-temannya akan menggerakkan tubuhnya, membuat otot-ototnya berkembang, tubuh berkeringat dan tercipta suasana canda tawa yang menyehatkan tubuh.

  • 2. Belajar tentang alam

  • Anak-anak akan belajar bagaimana tanaman dan berbagai jenis binatang dapat memberi manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Agar menarik, biarkan mereka membawa pulang apa yang ditemukan di luar sana dan menempelkannya di sebuah dinding kertas di rumah. Anak-anak yang memperoleh pengetahuan dan menghargai alam cenderung menjadi orang dewasa dengan kesadaran lebih besar menjaga kelestarian lingkungannya.

  • 3. Tercukupinya asupan vitamin D

  • Vitamin D berperan sangat penting dalam pertumbuhan anak, terutama diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memengaruhi protein pada otak yang membantu kemampuan memori serta meringankan serangan asma pada anak-anak. Sumber vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari pagi, karenanya bermain atau berjemur di pagi hari adalah hal yang sangat penting.

  • Advertisement
  • 4. Perkembangan sosial

  • Sewaktu anak-anak berada di luar, dia akan bersosialisasi dengan bermain bersama anak-anak lain. Di sana mereka berinteraksi dan berkomunikasi untuk menyepakati apa yang akan mereka lakukan bersama. Ada kalanya mereka bertengkar karena merasa dicurangi atau diperlukan secara tidak adil, dalam proses berdamai mereka akan belajar untuk meminta maaf. Di sana anak juga akan belajar berbagi serta memahami pentingnya hidup rukun satu dengan yang lainnya.

  • 5. Mengurangi stres

  • Banyak tidak disadari oleh orangtua bahwa anak juga bisa mengalami stres. Karena kesibukan orangtua bekerja, mereka ingin agar anak-anaknya berprestasi secara akademik dan bakat. Selesai sekolah, mereka langsung ke tempat les musik atau ketrampilan apa saja, kemudian les privat untuk mata pelajaran inti. Memberikan kesempatan anak bermain di luar dan bergembira bersama teman-temannya akan melepas ketegangan selama belajar. Anak-anak menemukan dunianya dan semua ini justru akan memberinya semangat untuk mencapai prestasi akademik.

  • Kekhawatiran yang berlebihan akan prestasi akademik bisa merampas kesempatan bermain di udara bebas. Biarkan anak-anak Anda menikmati masa kanak-kanaknya yang tak akan terulang lagi.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Membebaskan anak Anda bermain di luar rumah itu penting. Kenapa?

Beri kesempatan bagi anak Anda menghirup udara luar, serta bermain dan belajar bersama di sana.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr