8 alasan mengapa saya harus mulai terbiasa membaca buku secara rutin

Berkat membaca secara rutin, Anda dapat menjalani hidup yang lebih baik. 8 manfaat ini adalah alasan penting mengapa Anda perlu menjadikan membaca sebagai hobi.
Jun 27, 2017

566 views   |   10 shares
  • Satu hobi yang masih melekat di hidup saya hingga tiga dekade ini adalah membaca. Bersentuhan dengan buku menjadi sebuah kenikmatan yang tak terlukiskan oleh kata-kata. Bisa dibilang, guilty pleasure saya saat impulsif berbelanja paling sering terjadi ketika berkunjung ke toko atau obral buku.

  • Jendela dunia, sumber ilmu, pelepas stres. Banyak julukan yang disematkan kepada buku-buku bacaan. Fiksi atau non fiksi, apapun genre pilihan Anda, buku memberikan banyak manfaat bagi mereka yang setia membacanya. Mulailah mencari buku yang Anda minati dan membuka halaman demi halaman, sehingga Anda mengalami sendiri 8 manfaat membaca buku secara rutin berikut ini.

  • 1. Otak yang terus bekerja

  • Memahami kata demi kata, mengurai makna yang terpendam di balik hamparan kalimat. Benak Anda akan terus berputar, sel abu-abu bekerja tanpa lelah. Para pembaca akan terus menggunakan otak mereka untuk berpikir secara berkualitas. Di masa tua, mereka cenderung lebih terlindung dari kepikunan, Alzheimer, dan aneka penurunan kognitif yang mencemaskan.

  • 2. Menabung ilmu dan wawasan

  • Berbagai topik yang disajikan di dalam buku akan menambah ilmu dan wawasan Anda tentang berbagai hal. Buku fiksi sekalipun, biasanya memasukkan unsur non fiksi di dalamnya sebagai latar cerita. Ada baiknya Anda memberikan variasi ke dalam bacaan Anda untuk memperkaya isi pengetahuan yang disuntikkan ke dalam otak Anda. Jangan ragu pula untuk membaca buku di luar rentang usia Anda. Saya sendiri masih menggemari buku anak-anak, walaupun saya sudah dewasa. Nantinya, ketika Anda memiliki anak atau berhadapan dengan anak-anak, Anda tak lagi canggung menularkan kegemaran membaca ini kepada mereka.

  • 3. Mengasah kepekaan

  • Ketika Anda membaca buku, Anda akan "tenggelam" ke dalam aliran kisah yang disampaikan oleh sang penulis. Anda mencoba memahami ide-ide yang diungkapkannya. Atau, jika ada tokoh yang menjadi sentral penceritaan, Anda membuka pikiran (dan hati Anda) untuk mengerti jalan pikiran serta perasaannya. Singkat kata, tumbuhlah empati dalam diri Anda. Karena Anda tidak bertatap muka dan melakukan komunikasi yang melibatkan indera lain di luar mata Anda, Anda akan menajamkan kepekaan untuk memahami. Kemampuan ini nantinya akan terbawa ke dalam kehidupan nyata. Anda akan memiliki daya pengamatan yang lebih baik. Anda juga menjadi lebih perasa (dalam artian positif). Anda dapat menyingkap arti yang tersirat dan mampu merancang respons yang sesuai. Bukalah buku dan belajarlah untuk menjadi makhluk sosial yang lebih baik.

  • Advertisement
  • 4. Fokus dan konsentrasi yang lebih baik

  • Dewasa ini, kemampuan untuk multi-tasking seakan menjadi sebuah kebanggaan. Padahal, yang terjadi, Anda cenderung memangkas fokus pada setiap kegiatan. Kualitas hasil kerja pun menurun karena ketelitian yang tidak sebaik mengerjakannya satu persatu. Membaca, ternyata dapat meningkatkan produktivitas, dengan memperkuat fokus dan konsentrasi. Jika memungkinkan, luangkan waktu dalam perjalanan Anda atau sebelum memulai kerja dengan membaca buku. Rasakan perbedaan dari cara Anda memusatkan perhatian untuk menggali makna dari informasi yang datang kepada Anda.

  • 5. Tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak

  • Ada alasan mengapa seorang Bill Gates memilih menghabiskan satu jam sebelum waktu tidurnya untuk membaca. Membaca buku dengan topik yang sesuai seperti fiksi ringan, buku motivasi, self help, agama, dan spiritual akan menenangkan pikiran Anda. Terlebih jika Anda memusatkan perhatian dengan mematikan gadget untuk mengurangi gangguan. Gunakan penerangan yang cukup dan posisi membaca yang nyaman bagi mata serta postur tubuh Anda.

  • 6. Meningkatkan kreativitas

  • Segala ide yang ditumpahkan dalam buku yang Anda baca adalah tabungan untuk bank ide di benak Anda. Meskipun demikian, menerima ide baru bukan serta merta Anda menjiplaknya. Gabungkan ide-ide baru dengan pengalaman dan pengetahuan Anda untuk menghasilkan ide baru yang lebih bersinar. Inilah alasan mengapa para penulis yang baik akan mengasah terus kemampuan menulisnya dengan banyak membaca. Sebuah saran tak terduga, bukalah pikiran Anda dan cobalah membaca buku yang bukan selera Anda. Meskipun Anda merasa bosan atau terpaksa, cobalah menamatkannya. Di sini Anda akan belajar menarik hikmah, mengkritisi, dan pada akhirnya, menghargai, seburuk apapun isi sebuah buku, Anda patut menghargai proses kreatif yang coba disuguhkan oleh sang penulis. Nantinya, Anda pun akan lebih realistis ketika membuat sebuah karya, dimana Anda tahu bahwa akan selalu ada yang menyukai maupun tidak menyukai karya Anda.

  • Advertisement
  • 7. Memperkaya bahasa

  • Ciri khas yang nyata dari orang-orang yang suka membaca adalah mereka memiliki kosa kata yang lebih kaya. Padanan-padanan kata yang variatif, penggunaan kata pada konteks yang sesuai, Anda dapat mempelajari ini dengan banyak bersentuhan dengan buku. Selain itu, mereka yang rajin membaca juga mampu merangkai kalimat dengan lebih baik. Tak ada contoh yang lebih baik daripada menelan habis teori kebahasaan, selain membaca buku dan menyerap ilmu yang tersaji di balik rangkaian kata-kata di dalamnya.

  • 8. Memperkuat analisis

  • Seiring dengan meningkatnya tingkat pemahaman Anda terhadap isi sebuah buku, Anda memiliki kemampuan lebih baik dalam menganalisis sesuatu. Anda mampu menangkap gejala-gejala yang tersembunyi. Kepekaan Anda yang bertambah, memungkinkan Anda untuk menghubungkan sedikit demi sedikit, setiap potongan informasi atau teka-teki yang tergambar di dalam buku tersebut. Anda menguraikan fakta dan opini, sebelum membuat pertimbangan dan mencari solusi. Saya pribadi, menyukai buku-buku misteri dan pemecahan kejahatan yang memberikan penggambaran rinci tentang kasus-kasus yang terjadi, baik nyata maupun fiksi. Dari sini, jika saya mampu menebak apa yang terjadi atau siapa yang melakukannya, saya bersyukur karena saya telah menjadi seorang analis yang cukup mumpuni untuk memecahkan masalah yang pelik.

  • Tetapkan target Anda. Satu buku satu minggu sepertinya sangat mungkin untuk dicapai. Sesuaikan target membaca dengan waktu luang Anda. Buku dan membaca adalah investasi berharga untuk Anda. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk memperoleh buku yang bagus. Sepertinya, mengalihkan jatah dana dan waktu nongkrong di kafe atau coffee shop menjadi kunjungan ke toko buku dan perpustakaan akan menjadi warna baru menarik dalam keseharian Anda. Selamat berpetualang di dalam lautan aksara penuh makna!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

8 alasan mengapa saya harus mulai terbiasa membaca buku secara rutin

Berkat membaca secara rutin, Anda dapat menjalani hidup yang lebih baik. 8 manfaat ini adalah alasan penting mengapa Anda perlu menjadikan membaca sebagai hobi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr