6 cara memotivasi kembali suami yang tengah merasa gagal

Berhati-hatilah memilah cara untuk mendukung suami yang sedang 'down'. Salah-salah, ia justru dapat merasa semakin terpuruk.
Jun 25, 2017

2,193 views   |   3 shares
  • Di saat suami mengalami kegagalan, istri adalah sosok yang paling berperan penting dalam membantunya bangkit dari masalah yang sedang dihadapi. Namun dalam memberikan dukungan atau memotivasi suami untuk bangkit kembali, Anda harus berhati-hati. Karena jika cara Anda salah, bukannya malah termotivasi ia justru dapat semakin merasa terpuruk.

  • Karenanya bijaklah dalam mendukung suami melalui setiap permasalahannya. Lakukan 6 cara di bawah ini agar Anda tetap berada pada jalur yang tepat saat memotivasi pasangan untuk bangkit dari kegagalannya:

  • 1. Jangan berceramah

  • Ingat, di saat suami merasa terpuruk, jangan tiba-tiba menjadi 'penceramah' atau menyalahkannya. Ini bukan hal yang tepat dilakukan untuk mendukung pasangan yang sedang demotivasi. Meski mungkin kegagalan suami berasal dari kesalahannya sendiri, namun Anda tidak perlu menghakimi atau memarahinya. Namanya juga nasi sudah menjadi bubur, Anda tidak dapat memaksanya kembali ke masa lalu untuk memperbaiki keadaan kan?

  • 2. Pahami dahulu karakter suami

  • Setiap orang memiliki kepribadian dan karakter berbeda, begitupun suami Anda. Termasuk dalam menghadapi sebuah masalah. Ada orang yang senang ditemani saat sedang sedih, sedangkan ada orang yang lebih senang mengeluarkannya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat. Ada juga orang yang hanya ingin didengar, ada yang lebih ingin menyendiri, atau kebiasaan-kebiasaan lainnya. Sebelum memutuskan membantu suami yang sedang terpuruk, sebaiknya pahami atau ingat kembali seperti apa karakter suami Anda. Ketika Anda terus memberondonginya dengan pertanyaan-pertanyaan mendesak, tetapi ternyata dia adalah tipe yang suka menyendiri saat sedang bersedih, maka pasti usaha Anda akan sia-sia. Bukannya membantu, bisa-bisa Anda malah membuatnya semakin tertekan dan merasa kesal.

  • 3. Berikan perhatian lebih

  • Daripada banyak bertanya dan justru salah, sebaiknya bantu suami untuk bersemangat kembali dengan memberikan perhatian lebih dalam hal lain. Misalnya tetap mengurus segala kebutuhannya, sigap membantu tanpa diminta atau menyiapkan hal-hal yang membuatnya nyaman dalam kekalutannya. Perhatian istri di saat suami sedang terpuruk dapat membuatnya merasa spesial, sekalipun sedang memiliki masalah.

  • 4. Jadilah penenang saat suami sedang terbakar emosi

  • Saat suami sedang terbakar emosi karena kesal dan stres, jadilah pasangan yang membawa kesejukan. Saat suami sedang berbicara menggebu-gebu karena amarahnya, sebaiknya diam saja dan cukup menjadi pendengar yang baik.

  • Advertisement
  • 5. Berikan motivasi atau kata-kata yang membangunnya

  • Ketika suami mengalami kegagalan, tentu dia merasa dirinya rendah dan tak berdaya. Di sinilah peran istri sangat penting untuk mengingatkan suami akan kekuatan dan kelebihan yang dimilikinya. Yakinkan bahwa suami Anda memiliki kualitas hebat dalam dirinya, suami bahwa dia masih memiliki kemampuan yang hebat dan kegagalan yang dihadapinya hanyalah sebagai batu loncatan untuk membuatnya lebih baik. Namun saat menyampaikan pendapat Anda atau ngobrol dengannya, berusahalah untuk memilah kata-kata yang lembut dan santun. Ini agar dia tidak menjadi semakin 'panas' mendengarkan ceramah Anda, melainkan merasa nyaman dan tenang.

  • 6. Doakan setiap usahanya

  • Jangan lupa juga untuk mendoakan suami Anda sehingga dia dapat bangkit kembali dan segala usahanya di masa depan dapat lebih baik dari sekarang. Doa seorang istri yang sungguh-sungguh sangat manjur bagi kesuksesan suaminya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

6 cara memotivasi kembali suami yang tengah merasa gagal

Berhati-hatilah memilah cara untuk mendukung suami yang sedang 'down'. Salah-salah, ia justru dapat merasa semakin terpuruk.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr