Pancing selera makan si kecil dengan 7 cara alami ini

Khawatir si kecil kekurangan gizi karena menurunnya selera makannya? Coba cara alami untuk meningkatkan selera makan si kecil berikut.

224 views   |   shares
  • Setelah bersusah payah berkreasi di dapur, Anda mungkin telah membayangkan bagaimana reaksi anak Anda. Ia akan memakan dengan lahap bahkan meminta tambahan. Anda bahkan tersenyum-senyum sendiri membayangkan hal tersebut. Namun, kenyataan memang seringkali tidak seindah harapan kita. Bukannya makan dengan lahap, si kecil malah menutup mulutnya rapat-rapat atau hanya makan sesuap lalu melengos begitu saja, atau ia membuka mulutnya besar-besar lalu memasukkan makanannya lantas dilepeh. Boro-boro minta tambah, ia malah menolak makanan yang telah Anda siapkan. Ibu, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Ada masanya meamng anak tidak suka makan karena lebih suka bermain, atau ia baru saja sembuh dari sakit sehingga nafsu makannya belum membaik. Berbagai rayuan pun telah Anda lakukan namun tetap saja ia menolak untuk makan.

  • Berikut cara alami untuk menambah nafsu makan anak Anda:

  • 1. Hindari tindakan memaksa

  • Anak yang menolak makan dapat membuat sang ibu kewalahan dan kehilangan kesabaran. Selain faktor lelah menyiapkan makanan, unsur berat badan anak yang masih di bawah standar atau respons orang sekitar atas berat badan anak kita, dapat membuat Ibu kehilangan kesabaran sehingga berujung memaksanya makan. Memarahinya, atau bahkan mencekokinya justru akan membuat ia trauma untuk makan. Ini akan membuat si kecil merasa bahwa makan bukanlah kegiatan yang menyenangkan.

  • 2. Hindari makanan atau minuman manis sebelum makan

  • Anda dapat memberikan makanan atau minuman manis setelah si kecil menyelesaikan makanannya. Karena itu Anda perlu menyiasati menyimpan makanan atau minuman manis atau tidak makan/minum manis di depannya. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian makanan/minuman manis 30 menit sebelum si kecil makan akan mengakibatkan nafsu makannya turun drastis.

  • 3. Berikan aktivitas fisik sebelum makan

  • Ajak si kecil berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sehingga ia akan merasa lebih lapar setelah mengeluarkan energi banyak dan membakar kalori sebelumnya. Bila Anda jarang mengizinkan anak Anda bermain di luar (terbatas dan diawasi) seperti anak-anak sebayanya karena takut kotor mungkin Anda perlu mulai mengajaknya bermain di luar ruang bermainnya saja.

  • 4. Membuat tampilan menarik

  • Mata akan 'makan' terlebih dahulu. Itulah mengapa makanan yang disiapkan oleh para chef ternama bisa membuat harganya melambung tinggi karena mereka menyiapkannya seperti sebuah seni sehingga makanan tersebut akan terlihat enak dan menggugah selera. Jadi, bila Anda saja bisa tidak selera melihat makanan yang terendam kuah dan campur aduk bersama segala lauknya atau lembek dan hanya itu-itu saja, maka anak Anda pun akan berpikir hal yang sama. Gugah seleranya dengan membuat tampilan menarik. Ini bukan hanya membuat bento atau bentuk-betuk lucu. Anda bisa juga membuat tampilan menarik dengan mencampur bahan-bahan berwarna warni seperti kuning dari jagung atau labu, sayuran hijau, merah dari tomat, dll.

  • Advertisement
  • 5. Mengonsumsi vitamin B atau zink

  • Kekurangan zink ataupun vitamin B ternyata dapat menyebabkan nafsu makan berkurang. Berikan asupan vitamin B ataupun melalui makanan yang mengandung vitamin B. ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga suasana hati mereka yang sedang malas makan.

  • 6. Buat suasana yang menyenangkan ketika makan

  • Usahakan buatlah suasana makan itu menyenangkan sehingga anak akan mengkonotasikan makan dengan kegiatan yang menyenangkan. Lagipula dengan suasana hati yang senang biasanya akan membuat selera makan meningkat juga.

  • 7. Goda dengan aroma yang memikat

  • Apakah Anda pernah melihat tukang bakso membuka tutup kualinya walaupun sedang tidak ada pelanggan. Rupanya itu untuk menimbulkan aroma dari kuah baksonya untuk memikat orang-orang yang lalu lalang. Mereka yang tadinya tidak ingin membeli mendadak membeli bakso itu karena tergoda oleh aromanya. Nah, Anda juga dapat menggoda selera makan anak dengan cara demikian. Anda mungkin dapat menggunakan rempah-rempah, namun perhatikan pemakaiannya supaya rasanya tidak terlalu berbumbu. Bila memungkinkan siapkan makanan hangat untuknya supaya ia dapat mencium aroma makanannya.

  • Anda juga perlu menghilangkan kebiasaan minum sambil makan. Karena anak akan kenyang oleh air dan akhirnya tidak menghabiskan makanannya. Lebih baik ia meminum kuah supnya untuk membantunya menelan makanannya. Anda juga dapat melibatkan anak Anda dalam menyiapkan makanannya sehingga ia akan bersemangat untuk memakan hasil masakannya. Anda juga dapat mengajaknya untuk berbelanja serta menanyakan apa kesukaannya serta menjelaskan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam makanannya. Jangan terburu-buru untuk memberikan suplemen namun konsultasikan ke dokter bila memang Anda khawatir si kecil akan kekurangan gizi.

  • Nah, semoga nafsu makan si kecil akan segera membaik ya, Bunda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Pancing selera makan si kecil dengan 7 cara alami ini

Khawatir si kecil kekurangan gizi karena menurunnya selera makannya? Coba cara alami untuk meningkatkan selera makan si kecil berikut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr