Lancar berpuasa justru dengan porsi makan cukup dan tidak berlebihan

Walaupun berpuasa kita tidak boleh makan terlalu banyak dan yang lebih penting lagi, pilihlah makanan sehat yang dapat membuat kita lebih kuat untuk berpuasa.
Jun 21, 2017

152 views   |   1 shares
  • Walaupun berpuasa kita tidak boleh makan terlalu banyak dan yang lebih penting lagi, pilihlah makanan sehat yang dapat membuat kita lebih kuat untuk berpuasa. Selama puasa banyak godaan yang Anda alami, antara lain badan lemah sehingga tidak tahan untuk berpuasa penuh waktu. Untuk itu Anda perlu menjaga kesehatan Anda dengan baik dan salah satu caranya ialah dengan mengatur makanan Anda. Salah satu godaan yang mungkin juga Anda sering alami ialah makan berlebihan saat berbuka puasa, sehingga sebaliknya dari menurunkan berat badan, berat Anda bertambah selama puasa.

  • Karbohidrat

  • Makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, kentang dsb. membantu memberi enerji saat berpuasa karena itu hendaknya dimakan secukupnya di saat sahur sehingga badan dapat memperoleh kekuatan. Sebaliknya ketika berbuka puasa jangan banyak mengasup makanan yang mengandung karbohidrat karena sudah menjelang tidur dan Anda tidak membutuhkan enerji terlalu banyak. Sebaliknya makanlah banyak sayur, buah dan protein seperti yang terkandung pada telur dan ikan.

  • Makanan manis

  • Ketika Anda tidak makan cukup lama seperti waktu berpuasa, kandungan gula pada darah Anda menurun drastis. Bila Anda tidak mempunyai penyakit diabetes alias kencing manis, Anda tidak akan menghadapi masalah. Tetapi bila Anda penderita diabetes sebaiknya Anda minta nasihat dokter lebih dulu sebelum menjalankan puasa karena dapat berakibat fatal bila kandungan gula pada darah Anda turun banyak. Karena itu sewaktu berbuka puasa biasanya dianjurkan untuk pertama-tama makan sesuatu yang manis, seperti kolak atau korma lebih dulu. Anda dapat istirahat sejenak sesudah makan makanan manis, sementara itu gula darah Anda kembali normal. Sesudah beberapa saat kemudian Anda dapat melanjutkan dengan berbuka puasa seperti biasa.

  • Minuman

  • Ketika berbuka puasa minumlah yang banyak karena Anda tidak minum seharian. Jagalah agar jangan sampai tubuh Anda menderita dehidrasi (kekurangan air), karena itu minumlah paling sedikit 8 gelas air putih. Sebaiknya Anda menghindari minum soda karena Anda akan merasa kembung dan cobalah minum air putih hangat ketika berbuka puasa karena minuman yang dingin juga membuat perut kembung.

  • Vitamin

  • Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Asuplah vitamin C terutama supaya Anda tidak mudah terserang flu ketika tubuh Anda lemah karena berpuasa. Selain dari vitamin Anda juga dapat makan banyak buah supaya kandungan vitaminnya terserap tubuh.

  • Advertisement
  • Olah raga

  • Walaupun Anda berpuasa olah raga tetap dapat Anda jalankan. Mungkin tidak perlu olah raga yang berat-berat dan dapat Anda lakukan sesudah berbuka puasa seperti jalan kaki, yoga, meditasi, tai chi, atau olah raga lain kegemaran Anda. Dengan demikian tubuh Anda akan tetap terjaga kebugarannya sehingga menambah kekuatan untuk berpuasa. Hal ini juga menolong mencerna makanan sehabis berbuka sehingga tidur Anda akan lebih pulas.

  • Sambal

  • Anda mungkin tidak dapat hidup tanpa sambal, namun selama berpuasa jagalah agar tidak terlalu banyak makan sambal yang terlalu pedas, karena perut Anda yang kosong seharian mungkin akan lebih peka terhadap makanan yang tajam seperti sambal yang pedas sekali. Jika Anda biasanya tidak apa-apa bila makan sambal pedas, kemungkinan Anda akan sakit perut ketika berpuasa.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Lancar berpuasa justru dengan porsi makan cukup dan tidak berlebihan

Walaupun berpuasa kita tidak boleh makan terlalu banyak dan yang lebih penting lagi, pilihlah makanan sehat yang dapat membuat kita lebih kuat untuk berpuasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr