Momen libur panjang, manfaatkan untuk memperkuat koneksi antara ayah dan anak

Untuk para ayah, ayo kita manfaatkan waktu ini sebaik mungkin untuk membangun koneksi dengan si kecil.

8,748 views   |   4 shares
  • Libur sekolah kenaikan kelas sudah tiba, ditambah momen libur hari raya, pula. Waaaaahhh...seru sekali ya, ada begitu banyak hari yang bisa dibagi bersama keluarga, mengisi kotak-kotak kosong di kalender, ketika ayah dan ibu sibuk bekerja, dan anak-anak sibuk sekolah.

  • Hal ini terutama dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh ayah, untuk membentuk koneksi dengan anak-anaknya. Hal ini penting, karena biasanya ayah yang lebih sering tak ada di rumah karena bekerja, bukan? Padahal, kedekatan ayah dan buah hati amat penting untuk masa depannya. Bahkan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa tingkat kecerdasan (IQ) seseorang memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Khusus dalam peran ayah, ternyata interaksi dengan bayi sejak awal kehidupan ikut memengaruhi kecerdasan.

  • Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari Imperial College London, diketahui bahwa para ayah yang ikut mengurus anak dan punya interaksi positif dengan bayinya akan meningkatkan perkembangan kecerdasan buah hatinya.

  • Interaksi positif yang dimaksudkan adalah seberapa berkualitas interaksi antara ayah dan anak. Misalnya saja memberi perhatian penuh saat bermain dengan bayinya, membacakan buku, atau mengajak bernyanyi.

  • "Pesan dari hasil studi ini jelas, ayah yang memiliki bayi harus aktif berinteraksi. Bahkan meski masih bayi, bermain akan berpengaruh positif bagi kecerdasannya," kata Paul Ramchandani, ketua peneliti.

  • Hasil penelitian itu dilakukan dengan mengamati interaksi 128 ayah dengan bayinya yang berusia 3 bulan. Kemudian bayi-bayi itu dites tingkat kecerdasannya saat mereka sudah masuk usia balita. Bayi yang punya interaksi positif dengan ayahnya, memiliki skor IQ lebih tinggi.

  • Walau penelitian itu bersifat observasi dan tidak diketahui apakah ada kaitan langsung antara tingkat IQ dan interaksi positif bersama ayah, tetapi hasilnya jelas berbeda dibanding dengan bayi yang ayahnya kurang terlibat dalam pola asuh anak.

  • Ini bukan penelitian pertama dalam topik yang sama. Studi tahun 2002 juga menunjukkan hasil yang mirip. Anak-anak yang ayahnya terlibat dalam tumbuh kembang anak ternyata memiliki prestasi akademik lebih baik. Mereka juga lebih menikmati sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler.

  • Secara umum, keterlibatan ayah dalam pola asuh bayi juga berpengaruh pada kepuasan hidup anak. Menurut sebuah studi tahun 2012, anak perempuan yang dekat dengan ayahnya memiliki tingkat kepercayaan diri dan kepuasan hidup lebih baik.

  • Tuh, ternyata besar sekali kan peran ayah dalam kehidupan dan masa depan anak-anaknya?

  • Advertisement
  • Sayangnya memang kendala yang paling terasa untuk setiap hari memiliki waktu bermain bersama, adalah pekerjaan, kesibukan dan kemacetan. Jadi, tak jarang ayah berangkat sejak masih gelap dan pulang ke rumah pun saat sudah gelap. Akhir pekan pun lebih sering digunakan untuk istirahat, atau bahkan melakukan hobi dan berkumpul bersama teman-teman.

  • Duh, yuk yah, mumpung anaknya masih kecil, kita di rumah dulu. Kita temani dulu anak-anak. Nah, karena itu mumpung ada momen liburan panjang yang sudah di depan mata, mari kita atur jadwal dengan baik.

  • Tak ada salahnya sejak sekarang ayah sudah mulai mengatur itinerary (rencana perjalanan) bermain dengan anak di masa liburan. Sudah banyak loh, referensi bermain yang diunduh di situs video, atau blog dan media sosial. Banyak juga tips-tips kegiatan menghabiskan waktu ayah dan anak di hari liburan. Semua itu bisa mulai dibaca dan dicatat rapi, lalu yuk atur jadwalnya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Momen libur panjang, manfaatkan untuk memperkuat koneksi antara ayah dan anak

Untuk para ayah, ayo kita manfaatkan waktu ini sebaik mungkin untuk membangun koneksi dengan si kecil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr