Mendekati si dia yang pernah gagal dalam pernikahan, ini yang harus Anda tanyakan!

Bukan saja antara Anda dan dia, bukan juga tentang keluarga kalian, melainkan hubungan lama yang perlu diperjelas sebelum Anda berdua melangkah lebih jauh.

2,270 views   |   7 shares
  • Menjalani hubungan dengan orang yang masih berstatus single, biasanya memang lebih mudah untuk dibina. Pasalnya kedua belah pihak sama-sama baru dan berusaha untuk membina hubungan yang lebih serius. Tetapi ketika berhubungan dengan seseorang yang pernah menikah sebelumnya, ada beberapa hal yang kadang terlihat rumit dan membutuhkan adaptasi lebih banyak.

  • Bukan saja antara Anda dan dia, bukan juga tentang keluarga Anda dan dia. Melainkan masih ada keterkaitan antara dia dengan orang lain di masa lalunya, apalagi jika pernikahan sebelum tersebut membuahkan anak-anak. Tentu ada beberapa hal yang perlu diketahui, sebelum akhirnya memutuskan akan menikahinya. Apa saja itu?

  • Alasannya mengakhiri pernikahan sebelumnya

  • Pertama yang paling sering ditanyakan adalah, alasan mengapa akhirnya mengambil keputusan untuk mengakhiri pernikahan terdahulu. Apa yang menyebakan akhirnya harus berpisah, apakah masalah ekonomi, masalah pengkhianatan atau hanya perbedaan pendapat? Selain itu, perlu diketahui pula berapa tahun lamanya pernikahan tersebut bertahan dan solusi yang pernah ditempuh untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

  • Komunikasi dengan mantan

  • Sejauh apa komunikasinya dengan mantan juga sangat perlu untuk diketahui. Hal ini tentu saja bertujuan agar tidak ada rasa cemburu ketika kelak Anda menikah dengannya. Tentu akan lebih baik, jika Anda juga diperkenalkan secara langsung dengan si mantan. Di situ Anda dapat menilai langsung, apakah komunikasi yang terjalin hanya sekedar urusan anak atau masih banyak hal-hal yang 'belum selesai' di antara mereka.

  • Hubungan anak-anak dengan ayah atau ibunya

  • Hubungan suami-istri bisa saja bercerai. Tetapi hubungan anak dengan orangtuanya tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, penting sekali diketahui sejauh apa hubungan anak calon pasangan Anda dengan ayah atau ibunya. Bagaimana hak asuh anak, kemudian bagaimana pengaturan waktu anak agar tetap bisa dekat dengan keduanya, apa-apa saja yang perlu dibicarakan terkait kebutuhan anak. Bagaimanapun juga, anak dari pernikahan sebelumnya juga akan menjadi anak dan tanggung jawab Anda.

  • Hubungan orangtua dengan mantan

  • Sungguh tidak enak jika masuk dalam sebuah keluarga, tetapi mereka belum bisa 'move on' sehingga itu masih sering membandingkan antara Anda dengan mantan yang pernah mengisi ruang di hati pasangan. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin mengetahui lebih jauh seberapa dekat atau seberapa sering si mantan berhubungan dengan keluarga calon pasangan Anda.

  • Advertisement
  • Tujuan menikah lagi

  • Menjadi orang baru bagi seseorang yang pernah menikah memanglah tidak mudah. Pasalnya mereka pernah gagal membina rumah tangga dan tentu akan menjadi lebih hati-hati. Sedangkan Anda baru akan membina hubungan baru yang lebih serius. Alangkah baiknya Anda juga mengetahui apa alasan dia ingin menikah kembali. Mengetahui visi misi masing-masing sehingga kegagalan tersebut tidak terulang lagi.

  • Pernah gagal ataupun tidak dalam berumah tangga, Sebuah hubungan yang dibina pasti berdasarkan pada kecocokan dan kemampuan saling menerima keadaan, karakter dan kepribadian masing-masing.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Mendekati si dia yang pernah gagal dalam pernikahan, ini yang harus Anda tanyakan!

Bukan saja antara Anda dan dia, bukan juga tentang keluarga kalian, melainkan hubungan lama yang perlu diperjelas sebelum Anda berdua melangkah lebih jauh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr