Pernikahan juga punya rambu-rambu yang harus dipatuhi. Ini 6 yang harus Anda tahu.

Siapa bilang hanya lalu lintas yang punya aturan? Pernikahan juga punya aturan yang perlu dipatuhi.

4,079 views   |   28 shares
  • Siapa bilang hanya lalu lintas yang ada aturannya. Apapun yang dijalankan dalam dunia ini ada aturannya, tak terkecuali pernikahan.

  • Sama halnya lalu lintas, ada rambu yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna jalan. Pernikahan juga demikian. Ada rambu-rambu pernikahan yang harus ditaati dan tidak boleh langgar oleh suami dan istri. Tujuannya satu, agar semuanya berjalan teratur, terkendali, tidak menyimpang dan pastinya aman tenteram.

  • Mematuhi aturan memang terkadang sulit dilaksanakan, karena terkesan bertentangan dengan hati nurani Anda. Itu sebabnya, banyak yang secara sadar melanggar rambu-rambu tersebut. Aturan dalam pernikahan dibuat pasti mempunyai tujuan yang baik bagi kesejahteraan rumah tangga. Sebagai suami dan istri, harusnya Anda bisa memahami mengapa aturan itu dibuat. Rambu-rambu pernikahan sebagai aturan penting yang harus diperhatikan hendaknya menjadi pegangan setiap pasangan dalam menjalani bahtera pernikahan.

  • 1. Gunakan pelindung

  • Sama halnya pengendara sepeda motor yang wajib memakai helm ketika berkendara. Dalam pernikahan, suami istri juga wajib menjaga keutuhan hubungan rumah tangga dengan melindunginya dari hal-hal yang dapat membahayakan pernikahan. Misalnya dengan menjaga kepercayaan pasangan, jujur dalam segala hal, tidak menyakiti pasangan, menghormati, menghargai pasangan, melaksanakan tugas dan kewajiban masing-masing, rela berkorban dan lain sebagainya.

  • 2. Dilarang mendahului

  • Artinya antara suami dan istri harus sejalan. Tidak boleh ada pihak yang paling dominan. Jangan terus mendominasi meskipun tahu Anda mampu melakukannya tanpa pasangan. Jika bisa dilakukan bersama, berikan kesempatan pada pasangan untuk ikut terlibat dalam pekerjaan Anda. Ingat, ketika sudah menikah maka Anda dan pasangan adalah satu tim. Oleh sebab itu, tanggung jawab rumah tangga adalah tanggung jawab bersama.

  • 3. Awas ada tikungan tajam

  • Artinya Anda dan pasangan harus hati-hati terhadap masuknya orang ketiga dalam pernikahan. Perselingkuhan akan mudah terjadi jika hubungan Anda dengan pasangan sudah terasa membosankan, tidak menggairahkan lagi atau mungkin sudah tidak harmonis lagi. Tikungan tajam akan selalu ada dalam pernikahan, tetapi jika Anda bisa berhati-hati, menjaga hati, menjaga diri dan berkomitmen dalam pernikahan maka percayalah Anda tidak akan jatuh pada perselingkuhan dan pengkhianatan.

  • 4. Dilarang masuk

  • Artinya Anda dan pasangan tidak boleh lagi masuk ke kehidupan masa lalu masing-masing. Mengungkit luka lama di masa lalu hanya akan memperburuk keadaan pernikahan Anda. Apapun masalahnya, sebaiknya jangan melihat ke belakang lagi. Masa lalu biarlah menjadi kenangan. Jika memang belum terselesaikan, sebaiknya segera diselesaikan.

  • Advertisement
  • 5. Dilarang mengekspose

  • Artinya tidak semua kehidupan dalam pernikahan Anda bisa menjadi konsumsi orang lain. Bahkan ada hal-hal pribadi yang keluarga atau orangtua Anda pun tidak perlu sampai mengetahuinya. Masalah suami-istri sebaiknya diselesaikan berdua. Jangan menyampaikan pemikiran, uneg-uneg atau kelemahan pasangan Anda di tempat lain. Hal tersebut hanya akan menjadi aib atau pembicaraan yang buruk di luar tentang pernikahan Anda.

  • 6. Dilarang mengeluarkan kata 'cerai'

  • Aturan yang terakhir: jangan mudah menyebutkan kata 'cerai' pada pasangan Anda walau hanya sekedar ancaman. Percekcokan seberat apapun, usahakan untuk tidak mengeluarkan kata "cerai". Satu kata tersebut dapat berdampak besar bagi hubungan pernikahan Anda. Bukan hanya pasangan yang tersakiti, Anda pun akan menyesal di kemudian hari.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Pernikahan juga punya rambu-rambu yang harus dipatuhi. Ini 6 yang harus Anda tahu.

Siapa bilang hanya lalu lintas yang punya aturan? Pernikahan juga punya aturan yang perlu dipatuhi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr