Liburan tenang, keuangan aman. Ini triknya?

Liburan seru tanpa harus mengalami defisit pada tabungan Anda, ada triknya lho!

1,138 views   |   1 shares
  • Liburan sekolah sudah di depan mata. Agar anak-anak dapat terhibur dari kejenuhan rutinitas sekolah, sebaiknya Anda sekeluarga membuat rencana liburan bersama-sama di tempat yang mereka sudah lama impikan.

  • Tentu rencana liburan, apalagi jika ingin bepergian ke tempat-tempat yang cukup jauh, memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Sehingga perlu rencana tahunan untuk mewujudkannya. Tak sedikit dari mereka yang memang berhasil dan rutin mengagendakan liburan sebagai bentuk apresiasi positif atas kinerja selama satu tahun penuh. Tentu sangat layak mendapatkan liburan yang berkualitas.

  • Tetapi ketika liburan berakhir, tak jarang pula dari mereka yang harus menata kembali keuangan yang sempat 'amburadul' akibat banyaknya pengeluaran tak terduga selama liburan berlangsung. Padahal, gajian masih lama datangnya. Nah, bagaimana mengaturnya agar keuangan tetap stabil walau liburan sudah berakhir?

  • Cek setiap pengeluaran selama liburan

  • Kalau sudah liburan, tanpa sadar kita menjadi gelap mata. Ingin membeli ini dan itu, dan segala oleh-oleh. Padahal barang-barang tersebut belum tentu dibutuhkan baik Anda maupun yang menerima nanti. Budget yang sudah disiapkan malah jadi meluap, sehingga lebih banyak pengeluaran tidak terduga dari yang direncanakan sebelumnya. Yuk, cek satu-persatu bon-bon pembelanjaan, termasuk di dalamnya pengeluaran untuk penginapan dan makan selama di tempat liburan.

  • Jika Anda sudah membuang semua bukti pembayaran, Anda bisa mengecek label harga di setiap barang yang dibeli, ataupun memukul rata seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk makan dan membeli cemilan.

  • Lakukan pembayaran tagihan kartu kredit sesegera mungkin

  • Setelah melakukan poin pertama, ada baiknya Anda mengecek pengeluaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit sebagai media pembayarannya. Lunasi terlebih dahulu hutang-hutang belanja yang menggunakan kartu kredit agar tidak ada hutang di kemudian hari. Hindari untuk menunda-nunda pembayaran.

  • Mengurangi pembelian tidak penting sampai gajian tiba

  • Waktu gajian masih beberapa hari lagi, tetapi masih perlu membayar tagihan-tagihan selama liburan. Ada baiknya menggunakan uang Anda untuk kepentingan-kepentingan yang lebih prioritas untuk digunakan, seperti stok makanan. Kurangi terlebih dahulu untuk membelanjakan uang membeli barang yang tidak perlu. Bukankah Anda baru saja pergi liburan, jadi asumsinya kebutuhan Anda sudah terpenuhi, di luar kebutuhan harian.

  • Advertisement
  • Mulai menabung lagi

  • Setelah semua tagihan dilunasi, kebutuhan pokok sudah terpenuhi sampai menunggu gajian, kini waktunya menabung kembali. Kembalikan sumber dana cadangan yang sempat terpakai saat liburan dan kemudian kembali menabung untuk kebutuhan kehidupan Anda sehari-hari. Tak ada salahnya jika Anda menyisihkan tabungan untuk dana darurat, yang hanya dipakai saat kebutuhan sangat genting. Bedakan tabungan rutin dan tabungan jangka panjang.

  • Rencanakan liburan kembali

  • Setelah semua kembali normal, maka rencanakanlah liburan tahunan Anda selanjutnya dengan tujuan yang berbeda. Anggarkan berapa dana yang harus Anda siapkan, transportasi yang gunakan dan tentu saja estimasi waktu kapan rencana liburan itu akan direalisasikan. Termasuk di dalamnya berapa persen yang harus Anda sisihkan setiap bulan, agar memenuhi target jumlah dana yang dibutuhkan.

  • Nah, sudah siap untuk melakukan liburan kembali kan? Jangan sampai liburan justru membuat Anda semakin stres karena keuangan jadi terganggu. Rencanakanlah liburan yang efektif dan semenarik mungkin.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Liburan tenang, keuangan aman. Ini triknya?

Liburan seru tanpa harus mengalami defisit pada tabungan Anda, ada triknya lho!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr