Video: Mengatasi anak tantrum ala aktris Drew Barrymore

Jangan biarkan anak-anak menggunakan amarah untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

388 views   |   2 shares
  • Memiliki anak kecil pasti senangnya bukan main, melihat tingkah lakunya yang lucu membuat hari-hari jadi penuh semangat. Namun, semua berubah tatkala si kecil tiba-tiba marah, bahkan berbagai macam cara untuk menenangkannya seakan-akan sia-sia digantikan dengan tangisan yang makin menjadi-jadi. Jika sudah demikian sebagai orangtua kadang emosi kita bisa ikut tersulut. Sayangnya, alih-alih mencari cara supaya si kecil diam, orangtua kadang justru terbawa suasana hingga ikut-ikutan marah agar si kecil diam.

  • Anak tantrum adalah istilahnya, tempre tantrum merupakan luapan emosi sesaat yang diakibatkan oleh ketidakmampuan anak dalam mengendalikan emosi. Tanda-tanda anak mengalami tantrum biasanya ditunjukkan dengan sikap kerasa kepala, membangkang, menangis keras, menjerit, berteriak, melawan ketika orangtua berusaha menenangkan, membanting benda, dan dalam beberapa kasus melakukan kekerasan fisik kepada orang lain yang lebih lemah (adik).

  • Tantrum umum dialami oleh anak-anak usia 1 hingga 4 tahun. Penyebabnya pun beragam mulai dari: Disiplin yang tidak konsisten, orangtua mengkritik anak terlalu berlebihan, orangtua terlalu over protektif, anak tidak memiliki cukup kasih sayang dan perhatian yang cukup, orangtua memiliki masalah dengan pernikahan, gangguan bermain, masalah emosional orangtua, bertemu dengan orang baru dikenal, persaingan dengan saudara, memiliki masalah dengan kemampuan berbicara, sedang sakit, dan penyebab umum lainnya termasuk karena rasa lapar, mengantuk atau kelelahan.

  • Mengatasi tantrum bukan perkara mudah, bahkan untuk seorang artis Hollywood Drew Barrymore. Namun, ibu dua anak tersebut memiliki beberapa trik sederhana untuk mengatasi tantrum anak-anaknya. Mari kita simak pemaparannya:

  • 1. Anak mengamuk biarkan saja

  • Biarkan anak Anda mengamuk. Menghadapi situasi semacam ini Anda butuh kesabaran ekstra untuk tidak menghiraukan apa yang sedang anak Anda lakukan. Jika ada anggota keluarga atau orang lain berusaha menenangkan mintalah kepada mereka untuk tidak melakukannya. Biarkan anak Anda menenangkan dirinya dan setelah itu Anda boleh berbicara kepadanya.

  • Advertisement
  • 2. Beri dia kesempatan

  • Ketika anak Anda mengamuk biarkan saja, biarkan dia menangis dan menjerit sesuka hatinya, jangan pernah memarahi apalagi berteriak dan memintanya untuk diam. Beri anak Anda kesempatan untuk meluapkan emosinya, biarkan dia berusaha menenangkan dirinya tanpa campur tangan dari orang lain.

  • 3. Bantu anak Anda mengalihkan perhatiannya

  • Jika anak Anda mengamuk disebabkan oleh sesuatu, maka coba bantu dia mengalihkan perhatiannya. Tunjukkan bahwa masih ada banyak hal-hal menarik lain bisa dia lakukan, dan kemampuan Anda mengalihkan perhatian anak bisa meminimalisir kemungkinan tantrum terulang kembali.

  • 4. Jadilah tenang

  • Kebanyakan orangtua panik ketika buah hatinya mengamuk, apalagi jika si kecil melakukannya di tempat umum di mana ada banyak orang menyaksikan. Rasa malu pasti Anda, tetapi berusahalah agar tetap tenang. Tunjukkan ketegasan Anda, sehingga anak-anak menyadari kesalahannya dan tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja.

  • 5. Jangan malu

  • Anda tidak perlu merasa malu ketika si kecil menangis hebat di tempat umum. Tantrum dialami oleh banyak anak, tidak hanya oleh buah hati Anda. Hadapi tantrum anak dengan kesabaran, Anda tidak perlu merasa risih ketika mendengar komentar negatif bermunculan dari orang-orang di sekitar Anda. Alih-alih menanggapi komentar-komentar tersebut, lebih baik Anda fokus untuk membantu si kecil melewati masa-masa penuh emosi ini dengan kasih sayang dan kesabaran.

  • Jangan biarkan anak-anak menggunakan amarah untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Bantu mereka menyadari apa itu kesabaran, dan biarkan mereka mengerti hanya melalui perilaku baik saja hal-hal menyenangkan bisa terwujud.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Video: Mengatasi anak tantrum ala aktris Drew Barrymore

Jangan biarkan anak-anak menggunakan amarah untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr