5 trik mengajarkan anak tentang tanggung jawab

Sikap dan prilaku yang bertanggung jawab tidak terbentuk dengan sendirinya. Perhatikan dan sesuaikan usia dan perkembangan mental anak sebelum memutuskan memberikan tanggung jawab apa yang akan Anda ajarkan pada anak.

543 views   |   shares
  • Menjalani kehidupan ini selain sangat dibutuhkan tekad yang kuat, ketekunan, juga dibutuhkan sikap disiplin dan penuh tanggung jawab yang besar agar dapat menjadi orang yang sukses dalam bidang yang digeluti. Keempat hal tersebut tidak dapat saling dipisahkan.

  • Sikap dan perilaku yang bertanggung jawab tidak terbentuk sendiri dengan instan, sikap ini terbentuk sejak kita masih kecil dari didikan dan pengarahan orangtua sampai akhirnya kita dewasa sikap seperti ini akan terus disempurnakan. Oleh karena itu, sangat penting sekali peran orangtua untuk mendidik anak-anak mereka dalam hal ini yang secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk tanggung jawab kepada anak.

  • Mendidik dan mengarahkan anak sebenarnya tidak sulit, tetapi juga tidak bisa dikatakan mudah, perlu berbagai trik dan cara-cara yang tepat agar anak dapat menerima dan mengerti apa yang sedang diajarkan oleh orangtuanya khususnya hal tanggung jawab seperti:

  • 1. Perkenalkan pada anak tentang tanggung jawab

  • Sebelum melakukan hal lain, penting sekali agar anak memahami apa itu tanggung jawab. Untuk melakukan hal ini tidak perlu memberikan mereka tanggung jawab yang terlalu besar, cukup dengan hal-hal yang simpel yang mudah mereka mengerti dan lakukan. Misalnya setelah bermain dengan mainannya minta dia untuk membereskannya. Lakukanlah secara bertahap untuk mulai memberikan bobot yang lebih berat.

  • 2. Berikan kesempatan pada anak

  • Kegagalan bukanlah kemunduran bagi anak. Tanggung jawab yang diberikan pada anak dapat berupa memberikan kesempatan bagi mereka untuk mencobanya sendiri. Jangan pernah memaksa dan jangan terlalu cepat untuk membantu mereka sebelum mereka mengerjakannya dengan maksimal.

  • 3. Berikan contoh

  • Contoh yang paling baik adalah yang diberikan oleh orangtuanya. Banyak sikap dan perilaku anak adalah dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan dengan memberikan contoh yang benar pada anak bagaimana melakukan tanggung jawab yang diberikan dengan benar.

  • 4. Dukungan penuh

  • Rasa percaya diri dan semangat penting bagi anak untuk dapat melakukan apa yang menurut Anda harus dapat mereka lakukan. Oleh karena itu, kesempatan yang diberikan kepada anak harus mendapatkan dukungan penuh dari orangtuanya. Jangan sampai anak terancam jika ternyata apa yang dikerjakannya masih menemui kegagalan.

  • 5. Jelaskan dan perlihatkan efeknya

  • Untuk "menyempurnakan" tanggung jawab yang telah berhasil dilakukannya, jangan lupa untuk mengajaknya melihat dan mengerti efek yang terjadi dari hal tersebut. Dengan begitu didikan akan hal ini dapat dimengerti dan diingat oleh anak sampai ia dewasa kelak.

  • Advertisement
  • Selain itu, perhatikan dan sesuaikan juga usia dan perkembangan mental anak sebelum memutuskan memberikan tanggung jawab apa yang akan Anda ajarkan pada anak. Sebab ketepatan waktu dan momen juga menjadi faktor yang penting yang dapat menentukan keberhasilan usaha Anda tersebut. Hal ini tentu masing-masing orangtualah yang dapat paling mengerti anak-anaknya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 trik mengajarkan anak tentang tanggung jawab

Sikap dan prilaku yang bertanggung jawab tidak terbentuk dengan sendirinya. Perhatikan dan sesuaikan usia dan perkembangan mental anak sebelum memutuskan memberikan tanggung jawab apa yang akan Anda ajarkan pada anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr