Lebih 'santai' menghadapi tekanan di kantor ternyata ada caranya lho!

Stres bukanlah suatu penyakit, tetapi jika Anda dan saya tidak dapat mengatasinya dengan cara yang tepat justru stres dapat membuat terpicunya berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan.
Jun 13, 2017

380 views   |   3 shares
  • Stres bukanlah suatu penyakit, tetapi jika Anda dan saya tidak dapat mengatasinya dengan cara yang tepat justru stres dapat membuat terpicunya berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan. Di tempat kerja utamanya, sebagai pribadi yang dituntut harus selalu profesional dan berintegritas tentu kita diharapkan untuk selalu dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita setiap hari.

  • Rutinitas yang terus dilakukan dari hari ke hari sebagai tanggung jawab inilah yang menjadikan awal munculnya stres. Dalam kondisi ini sebenarnya sangat tidak produktif jika dipaksakan untuk terus bekerja, untuk itulah dibutuhkan waktu dan cara sesaat sebagai penyeimbang agar tingkat stres tidak semakin tinggi.

  • Kebanyakan dari kita mungkin akan mengambil waktu untuk cuti untuk dapat keluar dari kesibukan dan menenangkan diri dan pikiran agar kembali disegarkan ketika akan memulai bekerja kembali. Padahal dengan beberapa trik sederhana berikut Anda dapat membuat stres menjauh dari Anda tanpa harus mengambil jatah cuti Anda:

  • 1. Rencana

  • Perencanaan sangat penting dalam hal apa pun termasuk pekerjaan. Hal ini dimaksudkan agar semuanya lebih terjadwal tanpa harus selalu memaksakan diri Anda seperti bekerja tanpa kenal lelah dan akhirnya malah membuat pikiran seperti penuh dan jenuh. Dengan memiliki rencana ataupun jadwal pekerjaan Anda setiap hari Anda tidak akan terbiasa menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, dan sebenarnya Anda dapat memiliki waktu untuk lebih bersantai ketika rencana kerja Anda hari ini sudah diselesaikan dengan baik.

  • 2. Ciptakan suasana yang menyenangkan

  • Berkomunikasi dan membangun hubungan yang menyenangkan dengan rekan kerja di kantor juga dapat membuat Anda meredakan stres atau bahkan menjauhi hal tersebut dari diri anda. Bekerja dengan suasana yang menyenangkan akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.

  • 3. Minimalisir gangguan

  • Suara bising, udara dingin, cahaya yang berlebihan juga berpengaruh memberikan efek negatif ketika bekerja. Untuk itu Anda perlu meminimalisir berbagai hal yang mungkin dapat membuat Anda merasa tidak nyaman ketika bekerja.

  • 4. Bekerja secara tim

  • Jika Anda berada dalam sebuah tim, maka bekerjalah bersama. Merasa diri paling benar dan paling baik untuk mengerjakan sesuatu justru hanya akan menguras tenaga dan pikiran Anda yang akhirnya hanya membuat Anda menjadi stres.

  • 5. Tata kembali ruang kerja Anda

  • Meja kerja dan ruangan adalah faktor penting karena di tempat inilah Anda akan menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda. Singkirkan berbagai hal yang tidak berguna sehingga meja kerja Anda menjadi lebih rapi dan memberikan suasana nyaman dalam bekerja. Ruangan yang rapi nyatanya memberikan efek psikologis yang besar bagi orang yang menggunakannya seperti perbedaan ketika menggunakan mobil yang bersih dengan yang kotor, tentu Anda akan merasakan perbedaannya.

  • Advertisement
  • Nah, sebelum memutuskan untuk cuti, ada baiknya Anda lakukan dulu kelima langkah mudah di atas agar Anda terhindar dari masalah stres yang jika dibiarkan akan dapat membuat segalanya jadi berantakan. Akan lebih maksimal jika Anda menggunakan jatah cuti Anda untuk hal lain yang lebih bermanfaat seperti di akhir tahun atau saat-saat darurat, bukan?

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Lebih 'santai' menghadapi tekanan di kantor ternyata ada caranya lho!

Stres bukanlah suatu penyakit, tetapi jika Anda dan saya tidak dapat mengatasinya dengan cara yang tepat justru stres dapat membuat terpicunya berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr