Waspadai penyebab-penyebab utama obesitas

Berat badan memang harus dijaga dalam kondisi yang ideal, memiliki berat badan yang berlebih dapat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh manusia.

246 views   |   shares
  • Penampilan yang sempurna bagi sebagian orang menjadi faktor yang penting dalam kehidupan sehari-harinya. Selain menjadi daya tarik bagi lawan jenis, penampilan juga menjadi unsur lain yang memberikan pengaruh terhadap orang lain di sekitar kita. Kesan yang ditimbulkan pertama kali inilah seringkali menjadi awal penentu lancar atau tidaknya pada setiap urusan yang dikerjakan setiap harinya. Salah satu yang mendasar untuk mendapatkan penampilan sempurna adalah berat badan, berbagai masalah yang muncul dalam hal penampilan selalu diakibatkan dari bentuk tubuh yang dipengaruhi oleh berat badan. Terlebih lagi bagi kaum wanita, berat badan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam penampilan mereka. Berbagai hal dilakukan untuk selalu menjaga berat badan mereka tetap dalam kondisi ideal, meskipun perkembangan dunia fashion yang saat ini memungkinkan membuat penampilan para wanita tetap cantik walau memiliki berat badan lebih.

  • Berat badan memang harus dijaga dalam kondisi yang ideal, terlepas dari masalah penampilan yang dapat dipengaruhinya, memiliki berat badan yang berlebih dapat berpengaruh besar pula pada kesehatan tubuh manusia. Obesitas misalnya, dari yang teringan hingga obesitas yang dalam kadar sudah parah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi tidak sedikit orang yang merasa sangat tertekan karena mengalami obesitas, karena hal ini sangat membuat rasa percaya diri menurun awalnya hingga merasa frustasi dengan keadaan tersebut. Untuk dapat mencegah hal ini terjadi, tentu kita harus mengetahui faktor-faktor utama yang dapat menjadi penyebab terjadinya obesitas:

  • 1. Gaya hidup

  • Gaya hidup merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Banyaknya kemudahan yang didapatkan dari teknologi kini membuat kebanyakan orang menjadi malas untuk melakukan sesuatu sendiri, misalnya jarang bergerak yang dapat berpotensi membuat penumpukan kadar kalori dan lemak dalam tubuh terus meningkat.

  • 2. Genetik

  • Obesitas juga dapat diturunkan secara genetik kepada seseorang. Faktor keturunan dari orangtua kepada anaknya dapat berpengaruh besar seorang anak terserang obesitas.

  • 3. Gender

  • Wanita lebih cenderung mudah terserang obesitas dibandingkan dengan pria. Tingkat metabolisme yang dimiliki merupakan faktor utama yang menyebabkan gender menjadi penyebab obesitas. Pada seorang pria, metabolisme yang terjadi di dalam tubuh berlangsung lebih cepat dibandingkan wanita sehingga kebutuhan akan kalori menjadi lebih tinggi. Sedangkan wanita berpotensi mengalami kelebihan kalori di dalam tubuhnya karena tingkat kebutuhan kalorinya lebih rendah dibandingkan pria.

  • Advertisement
  • 4. Pola makan

  • Tubuh memang membutuhkan makanan sebagai sumber asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan, namun pola makan yang berlebih sangat berbahaya memberikan efek negatif jika sampai membuat tubuh memiliki cadangan makanan yang berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan obesitas. Orang yang mengonsumsi makanan bukan atas dasar lapar atau membutuhkan asupan energi berpeluang mengalami situasi seperti ini. Terlebih lagi jika sering mengonsumsi makanan yang mengandung kalori yang sangat tinggi.

  • 5. Usia

  • Semakin tua seseorang maka kebutuhan akan kalori juga akan semakin menurun. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga jumlah asupan makanan agar tidak terjadi penumpukan kalori di dalam tubuh. Untuk itu dianjurkan juga untuk selalu rutin melakukan olahraga agar kalori yang berlebih dapat terbakar dan membuat tubuh juga menjadi lebih bugar.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Waspadai penyebab-penyebab utama obesitas

Berat badan memang harus dijaga dalam kondisi yang ideal, memiliki berat badan yang berlebih dapat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh manusia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr