Tunjukkan toleransi Anda pada kawan Anda yang sedang berpuasa. Banyak caranya, lho!

toleransi terhadap kawan yang sedang berpuasa tidak hanya dengan tidak makan atau minum di depannya namun dengan banyak cara, seperti :
Jun 15, 2017

90 views   |   2 shares
  • Baru-baru ini beredar polling serta pertanyaan mengenai apakah Anda memiliki teman yang berbeda agama dan mendapat banyak sekali tanggapan dari pengguna sosial media. Beramai-ramai mereka memposting dan bercerita tentang persahabatan beda agama mereka. Ini tentu sedikit menyejukkan hati di saat sedang ramai dengan pertikaian di tengah negara kita ini.

  • Anda juga mungkin pernah melihat foto-foto yang beredar di sosial media bagaimana orang-orang Kristen melindungi para umat muslim yang sedang melakukan ibadah sholat ataupun sebaliknya umat muslim mengawal umat kristiani yang sedang merayakan Natal di gereja. Sejuk dan damai melihat pemandangan seperti itu.

  • Tidak perlu melakukan hal besar atau ekstrim untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai perbedaan. Seorang Ibu bercerita di sosial media tentang anaknya yang duduk di bangku SMP. Anak sang Ibu bercerita bahwa Ia belajar sesuatu yang baru di Ramadhan tahun ini yaitu Ia baru saja menemani temannya yang beragama Kristen makan siang di kantin. Sang Ibu pun bertanya apakah Ia ingin makan juga atau buka? Sang anak pun menjawab tidak.

  • Masih ingatkah kita tahun lalu media dihebohkan dengan warung nasi seorang ibu tua yang dirazia dan dipaksa tutup karena sang Ibu tetap berjualan di siang hari? Menteri agama pun berujar bahwa mereka yang berpuasa juga harus menghormati teman-teman yang tidak puasa. Bukankah begitulah harusnya toleransi? Saling menghargai dan menghormati?

  • Sebagai orang yang tidak melakukan ibadah puasa, di bulan Ramadhan ini, tidak ada salahnya kita belajar untuk bertoleransi dan menghargai kawan yang sedang berpuasa. Anda bisa menunjukkan toleransi untuk kawan-kawan yang sedang berpuasa, misalnya:

  • Anda dapat menunjukkan sikap toleransi kepada teman Anda yang sedang berpuasa dengan tidak sengaja makan atau menggodanya untuk makan di depannya. Bilapun Anda hendak minum, minum dan makanlah sewajarnya. Jika Anda perhatikan, tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Rumah makan bebas beroperasi, tidak tertutup oleh kain atau penutup lain. Bahkan ada beberapa kawan-kawan muslim yang tetap menemani rekan-rekan non-muslim untuk makan siang di jam kantor.

  • Selain itu, Anda juga dapat membawakan makanan atau minuman untuk kawan Anda berbuka bila Anda berada di kantor bersamanya atau sedang bertemu dalam waktu mendekati jam berbuka. Jika Anda tinggal dengan saudara yang sedang menjalankan ibadah puasa ataupun 1 kontrakan dengan teman muslim yang sedang puasa, Anda juga dapat menunjukkan toleransi dengan sesekali memasakkan sahur atau makanan untuk berbuka untuknya.

  • Advertisement
  • Bila Anda adalah teman tim dan hari itu Anda harus melakukan survei lapangan dan cuaca sedang panas. Anda dapat saja menawarkan diri untuk lebih banyak berada di lapangan sehingga teman Anda tidak akan banyak terpapar matahari sehingga mengalami dehidrasi.

  • Jika Anda sedang melakukan meeting dan waktu sudah menunjukkan waktu untuk solat tidak ada salahnya untuk mengingatkannya untuk menunaikan ibadah solatnya. Demikian jika waktu sudah mendekati waktu berbuka, Anda dapat menunda meeting dan memberikannya waktu untuk berbuka.

  • Toleransi pun dapat Anda tunjukkan dengan menolong untuk membangunkannya untuk sahur jika Anda tahu kawan Anda susah bangun pagi. Anda juga dapat ikut berpuasa dan menemaninya sahur bila memang Anda inginkan. Bonusnya tentu saja timbangan Anda akan turun.

  • Demikian beberapa cara untuk menunjukkan toleransi kepada kawan Anda yang sedang berbuasa. Ada banyak sekali cara untuk Anda menunjukkan sikap toleransi terhadap kawan yang sedang menjalankan ibadah puasa. Anda tidak perlu makan dan minum dengan sembunyi-sembunyi. Tepat di hadapan saya saat ini ada sekumpulan orang yang sedang meeting dan beberapa di antaranya muslim. Perlu Anda ketahui mereka sedang melakukan meeting di coffee shop. Teman non muslim makan dan minum seperti biasa, kawan yang muslim tetap menjalankan puasanya. Lantas apakah mereka tidak menunjukkan toleransi? Toleransi terhadap mereka yang sedang berpuasa bukan hanya berbicara tidak makan dan minum di depannya melainkan menghormati waktu kawan Anda untuk beribadah.

Bantu kami menyebarkan

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Tunjukkan toleransi Anda pada kawan Anda yang sedang berpuasa. Banyak caranya, lho!

toleransi terhadap kawan yang sedang berpuasa tidak hanya dengan tidak makan atau minum di depannya namun dengan banyak cara, seperti :
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr