Siasati pengeluaran tak terduga saat mudik Lebaran

Justru biaya-biaya yang tak terduga terkadang justru meningkatkan jumlah budget Anda yang seharusnya telah Anda direncanakan.

286 views   |   shares
  • Salah satu tradisi yang tak pernah absen ketika bulan Ramadan adalah tradisi mudik menjelang Idulfitri. Momen ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pemudik. Pasalnya saatnya mereka pulang kampung bertemu sanak saudara yang mungkin jarang bertemu dan merayakan hari Idulfitri bersama.

  • Karena mudik Lebaran hanya dilakukan satu tahun sekali karena itu persiapan matang tentunya telah Anda pikirkan. Mudik bukan hanya soal perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tetapi ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan jauh-jauh hari. Yang paling utama tentunya biaya mudik.

  • Bayangkan saja biaya transportasi akan melonjak naik menjelang mudik Lebaran, belum lagi kalau Anda membawa serta seluruh anggota keluarga, biaya makan selama perjalanan, dan banyak lagi biaya-biaya tak terduga lainnya. Semuanya itu harus Anda perhitungkan. Jangan asal rencana mau mudik saja ya.

  • Justru biaya-biaya yang tak terduga terkadang justru meningkatkan jumlah budget Anda yang seharusnya telah Anda direncanakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai menyiasati pengeluaran-pengeluaran tak terduga saat mudik Lebaran nanti agar kantong Anda tidak jebol.

  • 1. Memiliki budget khusus untuk mudik

  • Persiapan yang paling penting adalah budget khusus untuk mudik. Ada waktu kurang lebih setahun untuk Anda bisa mempersiapkan. Mungkin dengan menyisihkan penghasilan Anda setiap bulannya. Jangan hanya mengandalkan THR, bonus atau gaji terakhir sebelum mudik, mungkin tidak akan cukup menutupi biaya tak terduga yang nantinya ada.

  • 2. Buat daftar pengeluaran tak terduga

  • Pandailah membaca situasi yang nanti akan Anda hadapi saat perjalanan mudik. Cobalah untuk membuat daftar pengeluaran tak terduga yang kemungkinan terjadi, agar Anda mengetahui ke mana saja uang dihabiskan. Misalnya, daftar perawatan kendaraan yang akan digunakan saat mudik, daftar pengeluaran jika ada anggota yang sakit saat mudik nanti, daftar belanja oleh-oleh, biaya rekreasi, biaya tol, biaya angpao untuk ponakan di kampung, biaya akomodasi selama di kampung, biaya kebutuhan logistik seperti makanan dan obat-obatan. Nah, ternyata biaya tak terduganya banyak juga kan?

  • 3. Pilih alternatif mudik yang lebih murah

  • Pastinya Anda telah merencanakan akan mudik menggunakan transportasi apa ke kampung halaman Anda. Bahkan jauh-jauh hari, Anda mungkin telah membeli tiket. Bagi yang akan mudik ke luar kota, pesawat biasanya menjadi transportasi pilihan. Karena memang paling efektif dan cepat. Hal itu setara dengan harga tiketnya yang memang sedikit lebih mahal dibandingkan transportasi lainnya. Namun, Anda bisa siasati pengeluaran tak terduga dengan memilih alternatif transportasi lainnya yang lebih murah. Misalnya, jika kampung halaman Anda bisa dijangkau dengan kereta api. Apa salahnya Anda pilih naik kereta apa ketimbang pesawat. Selisih harga tiketnya kan bisa dipakai biaya tak terduga lainnya.

  • Advertisement
  • 4. Tekan pengeluaran yang tidak terlalu penting

  • Biaya tak terduga saat mudik lebaran bisa kok diminimalisir. Anda pasti tahu biaya mana yang seharusnya bisa ditekan. Misalnya, saat membeli oleh-oleh untuk sanak saudara, Anda seringkali "bernafsu dan kalap mata," tak sadar pun keranjang belanjaan Anda penuh dengan oleh-oleh yang sebenarnya tidak begitu penting. Daripada banyak beli oleh-oleh lebih baik sebagian uangnya dialokasikan sebagai angpao buat ponakan di kampung.

  • Selamat mudik Lebaran ya dan semoga perjalanan mudik nantinya berjalan lancar dan menyenangkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Siasati pengeluaran tak terduga saat mudik Lebaran

Justru biaya-biaya yang tak terduga terkadang justru meningkatkan jumlah budget Anda yang seharusnya telah Anda direncanakan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr