Perlukah untuk Memperpanjang Waktu Pinjaman KPR Saya?

Perlukah saya mengambil keuntungan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah dengan memperpanjang jangka waktu KPR saya?

2,769 views   |   shares
  • Perlukah saya mengambil keuntungan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah dengan memperpanjang jangka waktu KPR saya?

  • Ada beberapa pertimbangan dan sedikit jawaban sederhana dari pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ide yang dapat membantu Anda keluar dari kebingungan Anda dalam menentukan apakah Anda perlu memperpanjang jangka waktu pinjaman KPR Anda.

  • Pertama, Apakah Rumah Anda Cukup Bernilai Untuk Menutup atau Melunasi Pinjaman KPR Anda?

  • Untuk memenuhi syarat mengajukan pinjaman KPR dengan bunga terendah, rumah yang anda beli harus bernilai sekitar 1,25 kali jumlah pinjaman KPR Anda. Jika Anda ingin memiliki pinjaman KPR sebesar Rp. 2.000.000.000,- maka rumah Anda harus bernilai paling sedikit Rp. 2.500.000.000,-agar mendapatkan pinjaman kredit dengan suku bunga terendah. Anda tidak dapat mengajukan perpanjangan jangka waktu pinjaman KPR Anda jika harga rumah Anda bernilai kurang dari 1,1 kali dari jumlah pinjaman KPR Anda. (Dalam beberapa kasus tertentu, Anda dapat bernegosiasi dengan kreditur Anda untuk memodifikasi KPR Anda jika nilai rumah Anda lebih kecil daripada saldo pinjaman KPR Anda dan Anda memiliki kesulitan dalam melakukan pembayaran tersebut).

  • Untuk Mendapatkan Bunga Pinjaman Kredit yang Terbaik, Anda Harus Memiliki Laporan Nilai Kredit yang Baik.

  • Catatan kredit yang baik dimulai dengan tidak pernah terlambat membayar cicilan Anda dan hutang terhadap penghasilan Anda tidak terlalu besar. Penyitaan rumah agunan, keputusan pengadilan dan pengajuan pernyataan bangkrut membuat perpanjangan KPR hampir mustahil mendapatkan suku bunga rendah. Anda juga harus memiliki pendapatan yang tetap; jika Anda sedang tidak bekerja, Anda mungkin harus menunda rencana memperpnjang KPR Anda. Cara terbaik untuk mengetahui nilai kredit Anda adalah mengajukan permohonan kredit.

  • Perbedaaan Antara Tingkat Suku Bunga Yang Anda Miliki Saat Ini Dengan Tingkat Suku Bunga Yang Ditawarkan Juga Penting.

  • Beberapa kreditur akan menawarkan jasa memperpanjang jangka waktu KPR tanpa biaya, tetapi mereka akan menetapkan bunga yang lebih tinggi dari suku bunga di pasaran. Ini mungkin baik jika Anda berencana untuk pindah rumah dalam waktu dekat karena Anda tidak bermodalkan apa-apa (keccuali waktu Anda) dalam memperpanjang KPR. Jika Anda memilih memperpanjang KPR secara gratis, maka setiap potongan bunga pinjaman KPR Anda tersebut akan langsung ditambahkan. Jika Anda yakin akan tinggal dirumah tersebut dalam jangka waktu yang lama, mungkin akan lebih bijaksana untuk membayar biaya jasa perpanjangan KPR Anda (biasanya 2% dari sisa pinjaman Anda)sehinga Anda dapat memperoleh tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan bila Anda mengajukan perpanjangan KPR tanpa biaya.

  • Advertisement
  • Apabila Anda Memilih Membayar 2% Biaya Perpanjangan KPR untuk Mendapatkan Tingkat Suku Bunga Pinjaman yang Terendah, Anda Akan Melunasi Biaya Perpanjangan Tersebut Secepat Mungkin.

  • Jika tingkat suku bunga KPR Anda yang baru (setelah pengajuan perpanjangan KPR) adalah 2% lebih rendah daripada suku bunga KPR Anda sebelumnya, maka tingkat suku bunga KPR Anda yang tadinya 6% akan menjadi 4% atau kurang, maka Anda dapat melunasi biaya perpanjangan KPR ini dalam waktu 1 tahun. Jika perbedaan tingkat suku bunganya hanya 1%, maka dibutuhkan 2 tahun untuk melunasi biaya tersebut. Anda harus dapat memutuskan manakah yang masuk akal dalam situasi Anda, namun saya tidak akan mengajukan perpanjangan KPR dengan tingkat suku bunga kurang dari 1%.

  • Perlu diingat ada beberapa hal yang akan harus Anda bayar di saat akad kredit disetujui yang sesungguhnya bukan merupakan biaya perpanjangan KPR Anda. Pastikan untuk menyiapkan dana untuk biaya pajak tanah dan asuransi dan bunga prorata pada waktu akad pinjaman disetujui. Ini adalah semua biaya yang terkait dengan proses kepemilikan rumah dengan KPR, namun tidak terkait dalam transaksi perpanjangan KPR Anda, tetapi yang harus Anda bayarkan segera.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "How Do I Know Whether or Not To Refinance My Mortgage?" karya Devin Thorpe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Perlukah untuk Memperpanjang Waktu Pinjaman KPR Saya?

Perlukah saya mengambil keuntungan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah dengan memperpanjang jangka waktu KPR saya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr