5 manfaat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari

Berpikir kritis adalah sebuah upaya kewaspadaan terhadap hal-hal yang ada di sekitar kita. Ini merupakan taktik pertahanan diri untuk menghindari musibah yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, sahabat serta golongan.

13,020 views   |   38 shares
  • Di zaman modern saat ini kemampuan seseorang dalam berpikir kritis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sama seperti kemampuan-kemampuan yang lain, kemampuan untuk berpikir kritis tidak bisa diperoleh dengan begitu saja tanpa adanya upaya serta pengalaman.

  • Sebelum membahas lebih lanjut, tidak ada salahnya kalau kita pahami terlebih dahulu pengertian berpikir secara kritis menurut para ahli. Adi W. Gunawan (2003:177-17), menjelaskan "Bahwa keterampilan berpikir kritis merupakan upaya seseorang berpikir pada tingkat yang kompleks dan harus menggunakan proses analisa serta evaluasi. Berpikir kritis melibatkan keahlian seseorang dalam mengenali hubungan, menganalisa persoalan yang bersifat terbuka, menentukan sebab akibat, dan membuat kesimpulan dari data-data yang relevan." Sementara itu Rahmat__ (2010:1), menjelaskan "Mengutarakan pikiran kritis sama halnya dengan pengambilan keputusan, strategi perencanaan yang matang, proses ilmiah dan pemecahan masalah."

  • Secara pribadi saya berpendapat, "Berpikir kritis adalah sebuah upaya kewaspadaan terhadap hal-hal yang ada di sekitar kita, ini merupakan taktik pertahanan diri untuk menghindari musibah yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, sahabat serta golongan."

  • Ada banyak manfaat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir kritis juga tidak hanya berkaitan dengan hal-hal bersifat sistematis saja, tetapi juga memiliki kaitan erat dengan perasaan, logika, insting, serta kepercayaan.

  • Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi. Berikut manfaat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari:

  • 1. Melatih kreativitas

  • Berpikir kritis artinya kita membiasakan diri untuk berpikir secara rasional. Terbiasa berpikir kritis dapat membantu kita untuk memecahkan berbagai macam problem masalah dengan cara-cara yang unik serta kreatif. Jika di antara kita memiliki masalah, maka kita tidak hanya berpedoman pada satu atau dua sumber saja, tetapi kita akan memiliki banyak pilihan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

  • 2. Mudah memahami orang lain

  • Hidup bersosialisasi dalam masyarakat membutuhkan banyak penyesuaian-penyesuaian agar tercipta hubungan harmonis, keamanan serta kenyamanan. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan berpikir secara kritis agar otak lebih flesksibel dalam memahami pendapat serta menerima gagasan-gagasan dari orang lain.

  • Advertisement
  • 3. Menjadi pribadi yang disukai oleh banyak orang

  • Pribadi kritis umumnya memiliki kepribadian terbuka, hal ini menjadi keuntungan saat terlibat dalam hubungan dengan orang lain. Contohnya, Anda lebih terbuka menerima kritik serta saran dari orang lain, Anda mampu memberikan ide-ide kreatif ketika menghadapi jalan buntu. Di dunia kerja kemampuan semacam ini sangat disukai oleh pimpinan, sebab pribadi kritis tidak mudah dibujuk dan bisa diandalkan saat menangani pekerjaan-pekerjaan penting.

  • 4. Tidak mudah ditipu

  • Saat ini banyak kasus penipuan terjadi karena seseorang mudah percaya terhadap hal-hal yang belum pasti kebenarannya. Hal ini harusnya bisa dihindari jika seseorang terbiasa berpikir kritis dan tidak mudah percaya dengan apa yang ditawarkan kepadanya. Kemampuan berpikir kritis melatih otak untuk berpikir secara rasional, sehingga sebelum benar-benar percaya sebaiknya segala sesuatu diolah terlebih dahulu apakah relevan atau tidak sumber-sumber kebenarannya. Berpikir kritis juga membantu kita untuk lebih selektif dalam memahami informasi, sehingga kita tidak mudah untuk dihasut oleh hal-hal sensitif seperti masalah agama, suku, ras dan antar golongan.

  • 5. Makin bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya dalam kehidupan ini

  • Jika kita terbiasa berpikir kritis, maka: Kesehatan, napas kehidupan, alam semesta, binatang serta tumbuhan di sekitar kita, pekerjaan, tempat tinggal yang nyaman, orangtua, pasangan hidup, pendidikan yang baik, anak-anak, hingga perangkat elektronik yang kita miliki adalah hal-hal yang patut kita syukuri. Tuhan telah begitu baik memberikan kepada kita berbagai macam karunia, sehingga kita tidak semestinya mengerutu ketika menghadapi masa-masa sulit dalam kehidupan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 manfaat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari

Berpikir kritis adalah sebuah upaya kewaspadaan terhadap hal-hal yang ada di sekitar kita. Ini merupakan taktik pertahanan diri untuk menghindari musibah yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, sahabat serta golongan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr