6 cara melatih anak supaya senang menabung

Dengan melakukan hal ini semenjak dini diharapkan anak menjadi terbiasa untuk menjadi bijaksana dalam menggunakan uang yang dimilikinya demi kehidupannya di masa datang.

312 views   |   shares
  • Mendidik dan membesarkan anak adalah sebuah tantangan yang tidak selalu mudah untuk dilakukan oleh para orangtua. Baik di rumah maupun di sekolah proses pendidikan yang diterima oleh anak berlangsung secara terus-menerus dalam berbagai hal yang menyangkut dengan kehidupannya. Berbagai nilai baik yang terdapat pada perilaku keseharian penting untuk terus ditanamkan pada diri anak-anak kita, begitu juga halnya dengan perilaku hidup hemat.

  • Untuk hal yang satu ini, para orangtua umumnya selalu mengajarkan anaknya untuk terus terbiasa menjadi anak yang bersikap hemat dalam menggunakan segala sesuatu yang menjadi kebutuhannya termasuk dalam hal ini uang. Memberikan arahan dan didikan agar anak mau menyisihkan uang jajan yang diterimanya setiap hari untuk ditabung adalah salah satu caranya. Dengan melakukan hal ini semenjak dini diharapkan anak menjadi terbiasa untuk menjadi bijaksana dalam menggunakan uang yang dimilikinya demi kehidupannya di masa datang.

  • Namun untuk menanamkan nilai seperti ini agar anak memahami tentang pentingnya menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bagi seorang anak yang di dalam pemikirannya masih soal bermain dan bersenang-senang tentu mengajarkannya untuk menabung selalu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh orangtua.

  • Untuk dapat melakukan hal ini, terdapat beberapa tips tahapan yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan pada anak Anda agar menjadi anak yang gemar menabung:

    1. Memberikannya pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang uang. Dari berbagai jenis dan besar mata uang tentunya menjadi hal dasar untuk dimengerti oleh anak Anda selanjutnya bagaimana pemahamannya tentang manfaat uang itu sendiri.

    2. Jika anak sudah mengerti akan nilai dan manfaat uang, Anda dapat memulainya memberikan uang saku dengan nilai tertentu yang sesuai dengan kebutuhannya agar anak semakin memahami apa yang Anda maksudkan dan jelaskan tentang kegunaan dan manfaat uang.

    3. Pada tahap ini diharapkan anak sudah memahami dengan sempurna sehingga nantinya ia akan mudah untuk membandingkan dirinya dengan orang lain tentang caranya menggunakan uang. Di sinilah akan sangat membantu jika orangtua menjadi contoh dan perbandingan yang baik yang dapat menjadi teladannya untuk diikuti oleh anak tentang cara yang bijaksana menggunakan uang yang dimiliki. Dalam tahap inilah kesempatan orangtua untuk memperkenalkannya cara menabung pada anak.

    4. Berikan dan sediakan tempat yang menarik untuknya agar ia dapat mengikuti kebiasaan orangtuanya untuk menabung. Ada banyak jenis celengan yang dapat dipergunakan untuk anak memulai menyisihkan uangnya. Orangtua dapat memilihnya sesuai dengan ketertarikan anak agar ia selalu ingat dan bersemangat untuk menabungkan uangnya ke celengan tersebut.

    5. Ada kalanya mungkin anak lupa dan merasa tidak tertarik untuk menabung, tetapi hendaknya orangtua terus berusaha agar anak menjadi tertarik untuk menabung.

    6. Ajak anak Anda untuk menikmati hasil tabungannya untuk hal yang disenanginya. Anda juga dapat menambah isi tabungannya apabila diperlukan tanpa sepengetahuannya untuk meningkatkan semangatnya dalam menabung.

  • Advertisement
Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

6 cara melatih anak supaya senang menabung

Dengan melakukan hal ini semenjak dini diharapkan anak menjadi terbiasa untuk menjadi bijaksana dalam menggunakan uang yang dimilikinya demi kehidupannya di masa datang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr