Mengapa Makanan Bebas Gula dan Rendah Lemak Tidak Selalu Berarti Sehat

Label makanan menarik perhatian kita akan kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan menyatakan produk makanan mereka adalah rendah lemak dan bebas gula, namun apakah itu sudah terlalu baik untuk menjadi kenyataan?

3,353 views   |   0 shares
  • Label makanan menarik perhatian kita akan kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan menyatakan produk makanan mereka adalah rendah lemak dan bebas gula, namun apakah itu sudah terlalu baik untuk menjadi kenyataan?

  • Dalam upaya untuk menyediakan makanan sehat untuk keluarga kita, label pada makanan dapat menjadi sumber yang sangat membantu. Adalah penting untuk mengingat bagaimanapun, bahwa produsen makanan akan selalu berhasil dengan hukum utama yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan makanan untuk menggunakan label makanan sebagai bentuk dari iklan daripada bentuk yang lebih mendidik masyarakat akan makanan sehat. Dengan meningkatnya kekhawatiran mengenai dampak lemak dan gula dalam makanan kita, pembeli dapat menemukan banyaknya produk makanan yang menggembar-gemborkan kata-kata bebas gula dan rendah lemak. Janji-janji ini akan sangat menarik ketika kita menemukannya pada makanan berkalori kesukaan kita, namun pikirkanlah kembali. Jika hal ini adalah terlalu baik untuk menjadi nyata, mungkin memang demikian adanya.

  • Kemasan dan jenis makanan

  • Banyak dari label makanan yang kita temukan pada lapisan rak di toko Anda dengan menghabiskan begitu banyak pengeluaran setiap tahunnya hanya untuk membuat kemasan yang sempurna untuk Anda, para pembeli. Untuk memenuhi persyaratan kebutuhan industri mereka, produk makanan harus terlihat menarik, memenuhi kriteria tertentu pada kesehatan utama, memiliki citra rasa lezat dan enak ketika dimakan. Produsen terkadang kurang menggunakan metode-metode yang sesuai dengan ketentuan untuk menarik pembeli, termasuk menggunakan label makanan yang menyesatkan dan zat adiktif dalam makanan yang berpotensi membahayakan tubuh kita. Membuat label dengan nilai kadar makanan yang ditampilkan dapat menyebabkan kebanyakan rata-rata dari konsumen berpikir pada kesimpulan bahwa produk makanan tersebut adalah baik untuk mereka. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya.

  • Ahli nutirisi yang tidak terkait dengan perusahaan-perusahaan besar pemasaran makanan menyetujui bahwa cara terbaik untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan alami. ”Makan secukupnya. Tidak berlebihan. Lebih banyak memakan sayur-sayuran,” ini adalah nasihat yang sederhana mengenai nutrisi dari seorang ahli atau penulis ternama Michael Pollan, pengarang buku Makanan yang sehat. Dengan makanan, yang dia maksudkan bukan makanan yang diawetkan. Ketika makanan dimasak dan diawetkan untuk memberi kemudahan dalam kehidupan, makanan tersebut dapat kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika makanan memiliki label, dan telah dikemas, kita dapat berasumsi akan tingkat tertentu terhadap pengelolahannya. Adalah penting untuk membaca apa yang terdapat atau tertulis pada label makanan tersebut, dan memahami dengan pasti apa arti dari kandungan makanan tersebut.

  • Advertisement
  • Perkenankan saya memberi sebuah contoh. Label makanan, dengan standar yang ditentukan oleh Dinas kesehatan (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di mana produk makanan tersebut dapat dikatakan atau dinyatakan rendah kalori jika setiap porsi makanan tersebut memiliki kurang dari 3 gram kalori. Namun dengan label seperti itu dapat ditemukan pada sebuah kotak biskuit kue yang menganggap satu atau dua kue adalah satu porsi. Di kasir pembayaran, kita merasa bangga dan baik akan diri kita sendiri karena pilihan kita untuk membeli kue yang berkalori dengan kandungan lemak yang rendah, namun ketika anak kita duduk di sofa dan memakan 12 kue dari kotak kue tersebut. Janji dari produsen makanan tersebut menghilang bagaikan ditiup angin. Waspada dengan cara-cara sederhana ini, kita dapat dengan mudah menyadari jika kita mengambil sedikit waktu untuk memahami label makanan. Sayangnya, hal yang menyangkut nutrisi makanan ini menjadi sedikit rumit dan kompleks.

  • Apa arti rendah lemak

  • Jika Anda melihat tanda rendah lemak pada buah pir, itu adalah baik. Atau dengan alami makanan tersebut memang rendah lemak. Namun ketika Anda melihat label rendah lemak atau bebas lemak pada label kemasan makanan kaleng atau olahan, kemungkinan makanan tersebut memiliki bahan makanan yang ditukar dengan bahan makanan yang sebenarnya tidak Anda inginkan untuk Anda tambahkan dalam menu diet Anda.

  • Ketika kadar lemak dikurangi, maka sesuatu harus ditambahkan ke dalam makanan untuk menjaga kualitas rasa makanannya, biasanya mereka akan menambahkan gula, garam, sirup jagung fruktosa tinggi atau zat kimia makanan lainnya. Beberapa keripik kentang menggunakan zat adiktif yang populer di tahun 1990-an yang juga di kenal dengan nama Olestra, suatu senyawa kimia yang dapat menirukan suatu rasa tertentu di dalam mulut dan dapat dikomposisikan dengan lemak biasa.

  • Juga, rendah lemak tidak berarti rendah kalori. Gula dan bahan adiktif atau kimia lainnya menambahkan kalori kadar gula darah Anda berada pada tingkat yang tidak sehat. Periksa informasi nutrisi makanan untuk memastikan bahan makanan apa yang mereka tukar.

  • Bahaya dari rendah lemak

  • Makanan yang mengganti kandungan lemak sehat dengan gula tidak memiliki daya tahan yang kuat. Gula melakukan proses pembakaran lebih cepat daripada lemak, sehingga kita menemukan nafsu makan kita lebih banyak dan menjadi tidak kenyang, sehingga kita ingin makan lebih banyak. Jika kita mengganti lemak dengan gula, dan makan lebih banyak karena tidak adanya kalori, itu berarti kita melawan usaha kita sendiri untuk mengontrol berat badan dengan mengurangi asupan lemak yang kita konsumsi.

  • Advertisement
  • Menjadi terlalu bersemangat untuk mengurangi mengenai asupan lemak dapat menjadi berbahaya. Dengan tidak mendapatkan lemak sehat yang cukup untuk tubuh akan mencegah tubuh Anda untuk benar-benar menyerap vitamin yang diperlukan dari diet Anda. Mendapatkan keseimbangan dari jenis lemak yang tepat dalam diet Anda adalah penting bagi nutrisi yang tepat.

  • Alternatif

  • Penuhi kebutuhan tubuh Anda akan lemak dengan memakan makanan dengan lemak alami, lemak yang sehat. Alpukat, canola dan minyak zaitun, kacang almond, ikan tuna, salmon, dan biji-bijian atau kacang-kacangan adalah sumber yang sehat dari lemak sehat. Belilah susu alami, selai kacang, dan yogurt, semua makanan tersebut dijual sebagai pilihan makanan rendah lemak, namun sebenarnya makanan tersebut mengandung lemak sehat dan vitamin yang dapat mengurangi perubahan kimia yang tidak baik untuk tubuh. Menghilangkan lemak dapat menjadi masalah, namun mengkonsumsi dengan tepat jenis lemak yang sehat dapat merevolusi diet Anda.

  • Apa arti bebas gula

  • Pernahkah Anda berpikir terlalu baik untuk percaya ketika menemukan kue coklat kesukaan Anda dengan pilihan kadar bebas gula? Sementara kita yang harus menghindari gula sama sekali untuk tujuan kesehatan mungkin dapat tergoda dengan pilihan bahan pengganti gula, mengetahui bahwa untuk menjaga rasa manis yang sama, ahli kimia telah menciptakan bahan kimia lainnya untuk membuat rasa manis pada makanan tersebut. Meskipun ada tuduhan informasi yang salah tentang keamanan produk tersebut, intinya adalah bahwa setiap penggantian kimia untuk makanan alami adalah pilihan yang kurang sehat.

  • Bahaya dari bebas gula

  • Pengganti gula, meskipun ada 5 pengganti paling umum yang telah disetujui oleh dinas kesehatan terbukti memiliki resiko kesehatan. Beberapa seperti kanker, tekanan darah tinggi, dan masalah pencernaan, semua telah dikaitkan dengan pemanis buatan yang telah diuji coba baik pada hewan dan manusia dalam kondisi atau masalah berat badan, berat badan sebenarnya telah tercatat sebagai yang mudah dikenal dengan daripada gula yang telah diproses atau diolah. Ada beberapa makanan yang kurang diserap oleh tubuh dan dengan demikian dapat menciptakan masalah pencernaan. Banyak negara melarang pemakaian pemanis buatan sama sekali untuk melindungi warganya dari banyak resiko kesehatan.

  • Alternatif

  • Ilmu pengetahuan mampu menunjukkan bahwa gula alami yang belum diolah, adalah jauh lebih baik daripada alternatif dengan kimia. Madu, sirup maple, gula kelapa juga banyak digunakan sebagai cara sehat alami mempermanis makanan, tubuh Anda akan berterima kasih untuk melepaskan cara lama mengkonsumsi gula olahan dan menggantinya dengan gula alami, ini adalah alternatif yang seimbang.

  • Advertisement
  • Ahli gizi seperti Michael Pollan, menegaskan bahwa nutrisi yang baik adalah lebih mengenai makanan yang enak yang tidak kita makan daripada makanan kurang enak atau lezat yang kita makan. Dengan kata lain, pastikan tubuh kita mendapatkan keseimbangan dari buah-buahan segar dan sayuran, gandum, dan protein yang tidak berlebihan.

  • Bahaya terbesar makanan rendah lemak dan bebas gula memberikan ilusi bahwa hal ini diperlukan dalam diet sehat. Waspada akan bahan makanan yang ditukar dengan bahan yang tidak seharusnya untuk diet pribadi Anda dalam olahan makanan kesukaan keluarga, dan buatlah keputusan yang mendidik mengenai makanan apa yang terbaik untuk Anda dan keluarga Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Why sugar-free and low-fat don't always mean healthy" karya Margaret Crowe.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Mengapa Makanan Bebas Gula dan Rendah Lemak Tidak Selalu Berarti Sehat

Label makanan menarik perhatian kita akan kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan menyatakan produk makanan mereka adalah rendah lemak dan bebas gula, namun apakah itu sudah terlalu baik untuk menjadi kenyataan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr