Beralih ke sikat gigi elektrik. Seberapa pentingkah?

Ketahui perbandingan manfaat menggunakan sikat gigi manual dan elektrik

197 views   |   shares
  • Sejak kecil kita selalu diingatkan tentang pentingnya menggosok gigi. Setelah makan dan sebelum tidur adalah waktu penting bagi kita untuk membersihkan dan menggosok gigi. Hal ini dimaksudkan agar kita selalu dapat menjaga kebersihan area rongga mulut sehingga kesehatannya pun dapat terjaga dari terbentuknya plak dan karang gigi atau bahkan lubang pada gigi.

  • Keragaman dari produk pembersih gigi pun saat ini sudah sangat banyak kita temui di pasaran, dari berbagai jenis pasta gigi yang beraneka macam kegunaannya, juga terdapat jenis-jenis sikat gigi yang dikeluarkan oleh berbagai merk yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Yang paling populer sekarang ini adalah sikat gigi elektrik yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Namun apakah jenis sikat gigi ini baik untuk digunakan dibanding dengan sikat gigi manual yang selama ini kita kenal?

  • Menurut profesor klinis John I. Cassis di Universitas Hendry M. Goldman School of Dental Medicine, sebelum ada yang elektrik, kita telah menggunakan yang manual sejak lama dan memiliki track record yang baik. Selain itu, sikat gigi manual juga memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh sikat gigi elektrik seperti nilai ekonomisnya dan kemudahannya untuk dibawa-bawa. Selain itu, dengan menggunakan sikat gigi manual kita dapat lebih merasakan tekanan yang diberikannya pada gigi ketika menggosok gigi ketimbang sikat gigi elektrik di mana tekanan yang berlebihan justru dapat menimbulkan pengaruh buruk lain pada gigi, ucap John.

  • Meskipun demikian, menurutnya tidak berarti sikat gigi jenis elektrik tidak memiliki nilai lebih. Sikat gigi jenis ini dapat dipergunakan bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan pada gerak bahu, lengan dan tangannya sehingga sangat menguntungkan dengan adanya sikat gigi elektrik.

  • Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh sikat gigi elektrik juga dapat digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Fitur-fitur yang canggih selain dari beberapa mode penyikatan yang berbeda-beda untuk beragam kondisi gigi kini juga sudah dapat memberikan peringatan tekanan yang diberikan pada gigi. Oleh karena itu dengan perkembangan teknologi pada sikat gigi elektrik, sikat gigi ini juga membuatnya tidak kalah dari sikat gigi manual yang selama ini kita kenal.

  • Dengan masing-masing kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh jenis sikat gigi manual dan elektrik ini, tentu dibutuhkan kebijaksanaan kita dalam memilih mana yang lebih bermanfaat bagi kita dalam menjaga area mulut dan gigi. Karena sering dikatakan bahwa kesehatan gigi dan rongga mulut adalah salah satu indikator kesehatan tubuh kita pada umumnya, maka sangat penting sekali untuk selalu disiplin memberikan perhatian yang baik agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik dan optimal.

  • Advertisement
  • Apapun yang menjadi pilihan kita untuk menyikat gigi, baik itu dengan sikat gigi manual maupun elektrik yang harus menjadi perhatian adalah kondisi bulu sikat yang tetap harus dalam kondisi baik, tambah John. Sebab jika kondisi bulu sikat yang sudah tidak baik kondisinya justru akan mengurangi kemampuannya untuk membersihkan gigi dengan baik dan benar baik itu sikat gigi manual maupun elektrik.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Beralih ke sikat gigi elektrik. Seberapa pentingkah?

Ketahui perbandingan manfaat menggunakan sikat gigi manual dan elektrik
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr