Sampah yang biasanya dibuang tapi justru bisa menjadi 'kawan'

Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik justru sampah dapat menjadi berkah yang tidak dapat diremehkan jumlahnya.

250 views   |   shares
  • Pada beberapa kota besar di dunia, permasalahan yang sering kali menjadi masalah besar adalah masalah sampah yang kian hari semakin bertambah besar jumlahnya. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pertumbuhan manusia pun terus meningkat sehingga jumlah sampah pun ikut bertambah.

  • Akibat yang ditimbulkan dari sampah tidak hanya terhadap lingkungan saja yang menjadi kotor dan tercemar, namun juga turut berpengaruh besar pada tingginya risiko penyakit yang dapat menyerang kesehatan manusia di sekitarnya. Dari berbagai hal negatif yang ditimbulkan oleh sampah tersebut, jarang diketahui bahwa sampah tidaklah selalu harus menjadi sesuatu yang kotor dan harus dihindari.

  • Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik justru sampah dapat menjadi berkah yang tidak dapat diremehkan jumlahnya. Banyak orang yang telah memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang dapat berguna dan dihargai dengan cukup pantas. Kegunaan dan manfaat dari sampah inilah yang ternyata dapat memiliki nilai jika dikelola dengan benar. Misalnya saja pengelolaan pupuk kompos yang dapat bermanfaat bagi kesuburan tanaman ini ternyata bahan bakunya adalah sampah yang menurut kita tadinya adalah sesuatu yang harus dilawan.

  • Beberapa orang yang sukses menjadikan sampah menjadi sumber rupiah yang tidak terduga di antaranya:

  • 1. Bob Novandi

  • Salah seorang warga Kebon Jeruk, Jakarta ini sukses memanfaatkan sampah plastik yang ada di masyarakat menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki fungsi lain pada kegunaannya. Bob Novandi sudah melakukan pengolahan sampah plastik ini sejak tahun 2003 dan kerap mengadakan pameran-pameran untuk berbagai produknya di Jakarta.

  • 2. Khilda Baiti Rohmah

  • Khilda memisahkan sampah organik dan non-organik yang kemudian dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan berbagai barang kerajinan. Karena usahanya ini, mahasiswi salah satu universitas di Bandung ini sempat mendapatkan penghargaan sebagai pejuang kesejahteraan Indonesia terfavorit.

  • 3. Inung

  • Diawali dengan rasa keprihatinannya dengan menumpuknya sampah bambu dari pembangunan rumah, Inung memulai usahanya mengolah limbah bambu menjadi kerajinan miniatur berbagai bentuk seperti kendaraan, miniatur kehidupan dan lain sebagainya. Dari usahanya ini Inung mendapatkan banyak sekali pesanan dari dalam dan luar kota.

  • 4. Sutanto

  • Advertisement
  • Warga Probolinggo ini berhasil mengubah limbah sampah tali plastik menjadi sumber uang. Saat ini Sutanto telah memiliki beberapa pegawai untuk bekerja mengubah sampah limbah plastik menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai harganya.

  • Ide dan kreativitas memang dibutuhkan agar hal seperti yang dialami oleh beberapa orang di atas dapat juga kita lakukan. Jumlah sampah yang terus meningkat tentu menjadi peluang yang terbuka lebar untuk menjadikan sampah yang sebelumnya adalah lawan menjadi kawan. Orang-orang di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak yang berhasil memanfaatkan sampah menjadi sumber berkah bagi keluarga dan masyarakat sekitar. Dan jika mereka bisa tentu kita pun bisa.

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mulai memisahkan jenis-jenis sampah yang ada di sekitar agar dapat dikelola dengan baik nantinya seperti halnya pemisahan sampah organik yang dapat dijadikan pupuk kompos dan sampah non-organik yang bermanfaat untuk bahan baku kerajinan tangan sesuai dengan kreativitas kita. Selamat mencoba!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Sampah yang biasanya dibuang tapi justru bisa menjadi 'kawan'

Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik justru sampah dapat menjadi berkah yang tidak dapat diremehkan jumlahnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr