7 kunci menciptakan dan menjaga kehangatan hubungan Anda dan pasangan

Memulai hubungan baru sebetulnya tidak sulit, sebab yang lebih rumit adalah menjaga keharmonisannya agar terus terasa hangat, dan tumbuh bersama hingga maut memisahkan.

1,851 views   |   9 shares
  • Hubungan percintaan yang kuat ibarat lari maraton, bukan sprint. Banyak pasangan yang memulai hubungannya sepanas api yang membara, namun kemudian menghabiskan banyak waktu dalam kebingungan menjalani sisa hubungannya. Sementara yang lain memulainya dengan bertahap, perlahan namun stabil, sehingga hubungan yang dijalaninya berjalan lama dan terus hangat.

  • Seperti dilansir dari The huffington Post, ada 7 pendapat dari para ahli soal bedanya hubungan yang sehat dan terus hangat dalam jangka panjang dengan hubungan panas membara namun hanya berlangsung singkat. Apa saja itu?

  • 1. Anda bisa saling menertawakan satu sama lain

  • Ryan Howes, psikolog klinis dari Pasadena, California mengatakan; Yang dimaksud dengan saling menertawakan di sini bukan meledek atau merendahkan satu sama lain ya. Bukan tertawa sinis karena merasa superior dan menghina pasangannya. Sebab, tertawa yang seperti itu justru menggambarkan hubungan rusak.

  • Saling menertawakan di sini adalah, tidak mudah tersinggung dan bahkan merasa amat nyaman akan keberadaan pasangannya. Saking nyamannya, Anda bisa menjadi diri sendiri dan begitu juga dirinya. Anda bisa saling santai menceritakan kebodohan-kebodohan yang pernah dilakukan, lalu tertawa bersama. Anda juga bisa bercengkrama santai sambil berdebat mengenai film terbaik di dunia, namun mengakhirinya dengan tawa canda yang hangat.

  • 2. Anda berdua selalu menemukan cara sederhana untuk mengekspresikan cinta setiap hari

  • Kurt Smith, terapis keluarga dari California, mengatakan; Melakukan hubungan seks, bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan setiap hari tanpa beban. Namun, menjaga rasa cinta dan menunjukkanya tidak semudah itu. Memberi perhatian, menghargai hal kecil yang dilakukan setiap hari, kemudian menyukai apa adanya sebetulnya bukan hal rumit. Bisa lho, dengan membuatkan kopi setiap pagi atau mengatakan betapa Anda menghargai hal-hal yang telah dilakukannya untuk keluarga. Jika tindakan seperti ini sudah menjadi kebiasaan, maka ini menjadi tanda bahwa hubungan Anda akan berlangsung lama dan tetap hangat.

  • 3. Berdiri di pijakan yang sama

  • Karl Pillemer, profesor di Cornell University mengatakan; Salah satu tanda hubungan yang akan bertahan lama: memiliki kesamaan pada setiap prinsip dasar kehidupan yang dianut. Banyak penelitian menunjukkan bahwa semakin sama seseorang dengan pasangannya pada hal-hal paling mendasar seperti agama, uang, dan cara mengurus anak, akan membuat hubungan bertahan lebih lama. Inilah pentingnya berdiskusi mengenai nilai-nilai sejak sebelum menikah, sebab ini adalah orientasi dasar yang amat sulit diubah.

  • Advertisement
  • 4. Saling percaya dan tidak membesar-besarkan masalah

  • Celeste Hirschman, penulis buku "Making Love real", mengatakan; Artinya, meskipun pasangan melakukan sesuatu yang sangat menyebalkan, seperti datang terlambat pada acara penting Anda, tidak pernah sekalipun Anda meragukannya. Anda selalu percaya pada alasannya dan Anda yakin benar bahwa ia tidak dengan sengaja melakukannya untuk menyakiti hati Anda. Ketimbang mencari-cari kesalahan, Anda lebih memilih untuk mengungkapkan kekecewaan dan terbuka pada diskusi demi perbaikan di kemudian hari.

  • 5. Tidak saling sibuk mempertahankan skor

  • Ryan Howes mengatakan; Idealnya, pasangan dalam satu hubungan melakukan hal-hal yang penuh cinta satu sama lain, tanpa mengharapkan balasan apa pun. Sebab, saling memberi satu sama lain sudah merupakan hadiah bagi keduanya. Namun sayangnya, banyak pasangan yang saling memberikan sesuatu dengan harapan mendapatkan balasan yang sesuai. Yang kemudian terjadi adalah pertengkaran memperdebatkan skor, siapa yang lebih banyak memberikan kontribusi. Ketimbang melakukan hal ini, lebih baik jika Anda mengungkapkan dengan jujur dan baik-baik, apa yang sebenarnya Anda inginkan.

  • 6. Anda lebih memilih untuk saling bekerja sama mengatasi masalah, dan tidak menghindarinya__

  • Kurt Smith mengatakan; Mengatasi masalah dengan keterbukaan dan saling bekerja sama adalah ciri hubungan yang sehat. Sebab, masalah adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa dilihat sebagai sesuatu yang buruk dan harus dihindari. Justru, dengan adanya masalah maka akan membuat kita menjadi lebih dewasa, serta menguatkan koneksi serta komitmen satu sama lain.

  • 7. Mampu bertanggung jawab atas setiap kesalahan yang dibuat

  • Danielle Harel, penulis buku "Making Love real" mengatakan; Jika setiap orang mampu bertanggung jawab atas setiap hal yang dilakukannya, dan mengakui bahwa mereka melakukan sesuatu yang buruk ketimbang berusaha melindungi diri, bertahan karena gengsi dan malah sibuk menyalahkan orang lain selanjutnya pasangannya pun mampu menerima dan saling memaafkan. Inilah hubungan yang akan terus hangat dalam jangka panjang.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

7 kunci menciptakan dan menjaga kehangatan hubungan Anda dan pasangan

Memulai hubungan baru sebetulnya tidak sulit, sebab yang lebih rumit adalah menjaga keharmonisannya agar terus terasa hangat, dan tumbuh bersama hingga maut memisahkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr