Suami: 'Hai sayang, ini yang perlu kamu lakukan agar kami mau berubah'

Para suami di bawah memberikan bocoran bagi Anda, para istri, yang kerap gemas ingin suami Anda mengubah kebiasaan buruknya.

3,504 views   |   12 shares
  • Setiap orang tentu memiliki harapan yang besar, melihat orang yang dicintai berubah ke arah yang lebih positif. Dukungan dari orang terdekat sangat memengaruhi besar kecilnya perubahan tersebut. Namun seringkali, sang istri terutama, merasa kewalahan untuk meminta pasangannya berubah walau demi kebaikan bersama. Misalnya, mengubah gaya hidup jadi lebih sehat atau meminta suami untuk mengubah hal-hal terkecil seperti kebiasaan mematikan lampu setelah meninggalkan ruangan dan lain sebagainya.

  • Saya bertanya kepada beberapa suami, bagaimana mereka mau mengubah kebiasaan-kebiasaan yang diharapkan istrinya tersebut. Dan, berikut ini beberapa pandangan mereka:

  • _Sebelum meminta kami berubah, istripun harus berubah_

  • "Jika dia ingin saya berubah, sebaiknya dia juga harus berubah -sesuai dengan harapan saya- dong. Masa iya saya harus mati-matian merubah kebiasaan lama saya demi menyenangkan hatinya, tetapi dia tidak mau melakukan sebaliknya. Tidak adil kan?" Tiand, 27 Tahun, Pengusaha.

  • _Memberikan dukungan_

  • "Berubah itu soal kebiasaan. Jika kita biasa melakukannya pasti kita bisa berubah. Tetapi kebiasaan itu harus dibangun dengan proses yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk melewati proses itu saya membutuhkan dukungan istri saya. Agar saya dapat termotivasi untuk berubah. Jika pasangan hidup saya saja tidak mendukung dan cuek, bagaimana saya bisa termotivasi? Yang pasti perubahan itu akan lambat prosesnya." Robby, 32 Tahun, Pegawai.

  • _Tidak membandingkan dengan orang lain_

  • "Untuk mengubah seseorang, sebaiknya jangan membandingkannya dengan orang lain. Karena setiap orang tidak sama. Saya pribadi tidak suka dibandingkan dengan orang lain. Hal itu dapat melukai hati saya dan membuat saya kecewa. Jika ada dari perilaku atau sikap saya yang ingin diubah oleh istri, maka saya memintanya untuk langsung berbicara terus terang. Misalnya, 'suaminya si A begini lho, masa kamu tidak bisa begitu?' atau 'Andai saja kamu seperti si B, pasti pasti aku lebih bahagia'. Sebaiknya para istri, jangan pernah melakukan itu untuk mengubah suami Anda karena hal itu salah." Jonathan, 28 Tahun, Pegawai Swasta.

  • _Jangan memaksakan_

  • "Saya paling tidak bisa jika dipaksa-paksa untuk berubah. Setiap hari rasanya seperti dikejar hutang. Perubahan itu kan datangnya dari hati, untuk apa dipaksakan? Malah membuat saya malas untuk melakukannya."Theo, 26 Tahun, Pegawai.

  • Advertisement
  • _Jangan hanya menyinggung tetapi ingatkan baik-baik_

  • "Istri sangat ingin saya memiliki kebiasaan untuk membantunya mengerjakan pekerjaan rumah di hari libur. Seperti menyikat kamar mandi atau membersihkan pekarangan rumah kami. Setiap saat saya lupa dengan tugas itu, ia biasanya akan mengomel secara tidak langsung. Misalnya dengan berteriak, 'Kotor sekali kamar mandi ini' atau marah-marah sambil membersihkan pekarangan karena merasa bukan tugasnya. Dan pada akhirnya berakhir dengan dia marah-marah menyalahkan karena merasa saya malas dan tidak berubah. Saya mengerti maksudnya baik, tapi kan kadang-kadang saya juga lupa. Atau bukannya tidak ingat, saya hanya menunggu waktu yang tepat untuk mengerjakannya. Daripada menyinggung seperti itu, akan lebih baik jika ia langsung mengingatkan secara baik-baik dengan kata-kata lembut. Pasti saya akan lebih semangat untuk berubah menjadi lebih baik." Josh, 36 Tahun, Pegawai.

  • _Bersabar_

  • "Kunci lain yang tak kalah penting adalah, sabar. Tidak ada perubahan yang instan, namun percayalah dengan dukungan Anda maka secara perlahan ia akan mau berubah demi kebaikan bersama." Nevian, 34 Tahun, Pegawai.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Suami: 'Hai sayang, ini yang perlu kamu lakukan agar kami mau berubah'

Para suami di bawah memberikan bocoran bagi Anda, para istri, yang kerap gemas ingin suami Anda mengubah kebiasaan buruknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr