Tips lebih mudah mendapatkan pekerjaan bagi para 'fresh graduates'

Mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus, seringkali susah-susah gampang. Jika tahu triknya, Anda akan dengan mudah mendapatkannya.
May 31, 2017

223 views   |   5 shares
  • Setelah lulus kuliah, tentu Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan dan minat Anda bukan? Itulah salah satu alasan seseorang mengecap pendidikan yang tinggi yaitu berharap mendapatkan pekerjaan impian.

  • Di zaman sekarang, cukup sulit mencari pekerjaan. Dibutuhkan skill dan daya tarik lebih agar Anda dapat dilirik sebuah perusahaan. Untuk itu, coba intip tips berikut yang dapat membuka peluang pekerjaan secara mudah bagi para fresh graduatesdan bahkan mungkin dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian.

  • 1. Sebar lamaran ke semua tempat

  • Jangan hanya terpatok melamar pekerjaan di satu perusahaan saja dan menunggu kabar sebelum memasukkan lamaran ke tempat lain. Sebaliknya, masukkan lamaran ke beberapa perusahaan berbeda. Bahkan Anda dapat mencoba posisi yang tidak sesuai dengan jalur pendidikan Anda. Semakin banyak mencoba melamar di berbagai perusahaan dan posisi pekerjaan, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

  • 2. Wawancara adalah kesempatanmu untuk belajar

  • Jangan pernah merasa kecewa dan membuat Anda menjadi patah semangat sehingga takut untuk melakukan wawancara karena merasa selalu gagal. Justru kegagalan itu adalah kesempatan Anda untuk terus belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Semakin sering melakukan wawancara, maka pelan-pelan Anda akan belajar serta memahami sebenarnya kebutuhan perusahaan-perusaan terhadap karyawan baru. Teruslah mengasah diri Anda saat melakukan wawancara.

  • 3. Pintar berbicara

  • Orang akan yakin sedang berhadapan dengan seseorang yang berkualitas, saat Anda dapat dengan percaya diri dan tegas menjawab segala pertanyaan yang diajukan. Jangan sesekali menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu dan tidak yakin. Bisa hampir dipastikan orang yang mewawancarai akan langsung mencoret nama Anda dari daftar kandidat potensial. Berbicaralah dengan cermat, tidak bertele-tele dan memakai bahasa yang formal atau profesional.

  • 4. Jangan meminta gaji terlalu tinggi

  • Bagi Anda para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja. Sebaiknya jangan gegabah dengan meminta gaji terlalu tinggi. Biasanya sebuah perusahaan memiliki standar gaji yang menyesuaikan dengan tingkat pengalaman pekerjanya. Hal ini sering membuat beberapa calon pelamar gagal mendapat pekerjaan karena meminta gaji yang tidak sebanding dengan pengalaman yang dimilikinya. Saat menegosiasi gaji, sebaiknya sesuaikan dengan ketentuan yang dimiliki perusahaan. Dengan catatan, Anda juga perlu tahu tunjangan lain yang didapatkan selain gaji pokok. Jangan sampai menyesal, ketika sudah menerima pekerjaan tersebut tetapi tidak mendapat tunjangan lainnya. Atau jangan sampai Anda menyesal menolak perusahaan dengan gaji tidak terlalu tinggi, namun memiliki tunjangan yang lengkap.

  • Advertisement
  • 5. Bersedia ditempatkan di mana saja

  • Bagi Anda yang sangat ingin mendapatkan pekerjaan, masalah penempatan kerja seharusnya tidak jadi masalah. Bagi orang yang baru masuk di dunia kerja, Anda perlu siap dan bersedia ditempatkan di mana saja oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

  • 6. Tegaskan bahwa Anda adalah orang yang mau belajar dan berani bekerja di bawah tekanan

  • Anda perlu menegaskan kembali bahwa Anda adalah orang yang mau belajar dan berani bekerja di bawah tekanan. Karena dunia kerja jauh lebih berat dari dunia pendidikan, maka Anda harus mandiri dan tahan banting. Anda dituntut untuk belajar sendiri, siap bekerja di bawah tekanan, dan tahan menghadapi tantangan. Jangan menyerah begitu saja seperti ketika Anda tidak bisa mengerjakan tugas dari dosen. Bisa atau tidak, Anda harus menyelesaikan apapun pekerjaan yang diberikan pada Anda nantinya.

  • 7. Berpenampilan menarik

  • Cara terakhir mendapatkan pekerjaan adalah Anda perlu berpenampilan menarik. Bukan berarti harus berpenampilan seperti artis atau penyanyi yang terlihat keren ya, cukup agar Anda terlihat rapi, bersih dan profesional. Seperti layaknya seorang pegawai sejati.

  • Tetapi bagi Anda fresh graduates, jangan khawatir karena seringkali perusahaan besar membuka lowongan kerja dengan porsi besar untuk para fresh graduates. Yang terpenting Anda memenuhi syarat untuk melamar ke perusahaan tersebut, dan melakukan 7 tips di atas maka dijamin Anda pasti akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips lebih mudah mendapatkan pekerjaan bagi para 'fresh graduates'

Mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus, seringkali susah-susah gampang. Jika tahu triknya, Anda akan dengan mudah mendapatkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr