Siapa bilang berhemat berarti tak bisa bersenang-senang?

Hemat pangkal kaya, peribahasa ini mungkin sudah sering kita dengar namun hanya sedikit yang dapat memaknainya sebagai prinsip hidup yang membawa kebahagiaan.

482 views   |   shares
  • Sepertinya kebanyakan orang perkotaan saat ini sulit sekali memahami makna hidup hemat yang sebenarnya. Pola hidup konsumtif tanpa perencanaan diperburuk dengan gaya hidup boros yang selalu terbiasa menyelesaikan suatu keadaan atau kebutuhan dengan uang. Dengan cara seperti ini tentu berapa banyak uang yang dimiliki akan menjadi cepat sekali habis bahkan beberapa orang dapat berkata tidak kelihatan uangnya habis ke mana. Hemat pangkal kaya, peribahasa ini mungkin sudah sering kita dengar namun hanya sedikit yang dapat memaknainya sebagai prinsip hidup yang membawa kebahagiaan. Tak dapat dipungkiri justru banyak sekali yang berpendapat bahwa hidup hemat membuat mereka tidak bisa lagi bersenang-senang dalam hidupnya.

  • Hidup hemat tidaklah membuat kehidupan kita menjadi lebih sulit, tetapi menjadikan cara hidup kita menjadi lebih baik karena dari segi keuangan akan menjadi aman dan terkendali. Berbagai tips dan siasat dapat kita lakukan untuk memulai hidup hemat dari kehidupan sehari-hari kita yang justru nantinya akan memberikan keuntungan yang dapat digunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga lebih sering dari sebelumnya atau untuk menambah jumlah tabungan untuk keperluan yang sifatnya mendadak di kemudian hari. Beberapa tips dan siasat tersebut misalnya:

  • 1. Membuat daftar belanja

  • Hal ini bermanfaat agar hanya membeli barang-barang yang memang dibutuhkan, sehingga memperkecil kemungkinan untuk membeli barang yang tidak ada di dalam daftar.

  • 2. Mengatur penggunaan listrik dan air

  • Salah satu hal yang paling membebani keuangan keluarga adalah biaya listrik dan air setiap bulan. Jika penggunaan kedua hal ini bisa diirit tentunya akan dana lebih yang dapat dialokasikan untuk hal yang lainnya.

  • 3. Menghindari membeli barang dengan kredit

  • Banyak orang merasa sangat bangga memiliki kartu kredit, padahal kartu kredit ini sebenarnya dapat membuat beban anggaran pada keuangan. Survei juga membuktikan bahwa kebanyakan orang menggunakan kartu kreditnya untuk membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

  • 4. Mencari alternatif

  • Terkadang untuk mendapatkan manfaat dari suatu barang kita dapat mendapatkannya dari barang lain yang serupa fungsinya namun tidak dijual dengan harga yang mahal.

  • 5. Memanfaatkan promo

  • Harga promo ataupun diskon juga dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi kita untuk mendapatkan suatu barang, apalagi jika memang barang yang kita inginkan tersebut tidak terlalu mendesak. Tentunya kita dapat menunggu hingga harga barang yang kita inginkan biasanya didiskon pada hari-hari besar atau hari raya.

  • Advertisement
  • Membiasakan hidup hemat akan membuat kita menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan uang untuk kebutuhan dan keinginan kita. Jadi makna dari hidup hemat tidak berarti kita harus menghilangkan porsi berlibur atau bersenang-senang bersama dengan keluarga, tetapi melalui berbagai cara dan siasat kita tetap dapat melaksanakan rencana liburan dengan lebih ekonomis tanpa terlalu membebani keuangan kita.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Siapa bilang berhemat berarti tak bisa bersenang-senang?

Hemat pangkal kaya, peribahasa ini mungkin sudah sering kita dengar namun hanya sedikit yang dapat memaknainya sebagai prinsip hidup yang membawa kebahagiaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr