5 cara menghentikan keinginan ngemil sebelum tidur

Cara-cara sederhana di bawah ini dapat menghilangkan kebiasaan tidak sehat yang muncul saat mengemil sehingga program diet yang mungkin sedang Anda jalani juga tidak akan terganggu.

343 views   |   shares
  • Pulang ke rumah setelah seharian sibuk dengan urusan pekerjaan dan sebagainya memang terasa melegakan. Menikmati waktu bersantai dan beristirahat di rumah dengan menonton televisi sambal menikmati secangkir teh dan camilan membuat tubuh menjadi lebih rileks sebelum tidur malam. Menikmati waktu untuk bersantai selain dapat melepaskan penat, camilan yang dikonsumsi juga membuat perut menjadi lebih nyaman sehingga tidur malam menjadi lebih berkualitas katanya. Namun hal ini meskipun memberikan manfaat tetapi juga memiliki efek negatif yang merugikan bagi orang yang sangat menjaga berat badan idealnya.

  • Camilan yang dikonsumsi kebanyakan mengandung tingkat kalori yang tinggi, mengingat setelah itu tidak ada aktivitas yang dapat membantu tubuh membakar asupan kalori yang masuk hal tersebut membuat tubuh memiliki kadar kalori yang berlebihan. Dapat ditebak kemudian jika hal ini tentu dapat membuat tubuh kehilangan berat badan idealnya karena penumpukan kadar lemak dalam tubuh. Hal inilah yang juga sering menjadi salah satu faktor kegagalan seseorang menjalani program dietnya. Nyatanya mengonsumsi camilan yang tidak sehat justru menjadi sumber kalori yang lebih besar dibandingkan dengan makanan yang dikonsumsi saat makan malam. Maka jangan heran jika Anda mengalami gagal diet meski sudah merasa mengurangi jatah makan malam Anda.

  • Ada 5 cara yang dapat membantu kita untuk menghentikan kebiasaan mengemil sebelum tidur ini. Dengan cara-cara sederhana di bawah ini Anda dapat menghilangkan kebiasaan tidak sehat yang muncul saat mengemil sehingga program diet yang mungkin sedang Anda jalani juga tidak akan terganggu. Cara-cara tersebut adalah:

  • 1. Tunda makan malam

  • Berikan jarak antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda, siasat seperti ini akan membantu Anda untuk menghilangkan keinginan untuk mengemil sebelum tidur. Jarak waktu yang terlalu jauh antara makan malam dan waktu tidur berpotensi menyebabkan Anda merasa lapar dan membuat Anda ingin mengemil kembali. Waktu yang tepat untuk itu adalah satu jam sebelum tidur agar tubuh juga memiliki kesempatan untuk mencerna makanan dengan baik.

  • 2. Konsumsi lebih banyak serat

  • Menu makan malam yang dikonsumsi juga dapat berpengaruh pada hal ini. Konsumsilah lebih banyak serat dan protein agar Anda tidak mudah merasa cepat lapar. Serat dan protein mampu mengenyangkan perut lebih lama.

  • 3. Biasakan menyikat gigi setelah makan

  • Menyikat gigi setelah makan malam selain membantu menjaga kesehatan area rongga mulut, hal ini juga dapat memberikan efek kepada Anda untuk tidak lagi mengonsumsi camilan sebelum tidur.

  • Advertisement
  • 4. Lakukan aktivitas lain sebelum tidur

  • Banyak sekali kegiatan yang dapat membantu Anda agar dapat merasa ingin tidur lebih cepat dibandingkan mengemil. Mengubah kebiasaan yang dapat memicu Anda kembali mengemil dengan melakukan hal lain dapat juga membantu Anda menghilangkan kebiasaan tersebut. Jika menonton televisi membuat Anda merasa ingin mengemil cobalah untuk membaca buku sebelum tidur yang juga dapat membuat Anda cepat mengantuk.

  • 5. Sediakan camilan rendah kalori

  • Banyak sekali produk camilan yang tidak sehat karena mengandung kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu sediakan hanya camilan sehat yang dapat Anda konsumsi jika memang terpaksa.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 cara menghentikan keinginan ngemil sebelum tidur

Cara-cara sederhana di bawah ini dapat menghilangkan kebiasaan tidak sehat yang muncul saat mengemil sehingga program diet yang mungkin sedang Anda jalani juga tidak akan terganggu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr