5 alasan mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun

Anda sudah jungkir balik berdiet, tadinya sudah turun 2 kg, tapi kok mandeg sampai di situ saja?

1,196 views   |   1 shares
  • Anda sudah jungkir balik berdiet, tadinya sudah turun 2 kg, tapi kok mandeg sampai di situ saja? Anda rasanya putus asa, dan ingin kembali makan donat sesuka hati, tapi sebelum melakukan itu, periksalah beberapa hal di bawah ini. Kemungkinan salah satunya adalah biang kerok yang menyabot program diet Anda.

  • Obat-obatan

  • Kadang obat-obatan memiliki efek samping yang dapat membuat orang bertambah gemuk. Seperti obat alergi misalnya, dapat membuat orang mengantuk dan lapar melulu. Menurut sebuah studi berat pria naik hampir 10 kg dan wanita naik hampir 5 kg bila minum obat ini. Selain obat alergi, diketahui obat antri depresi, obat kencing manis, obat penambah steroid dan obat sakit jiwa dapat menambah berat badan orang yang meminumnya.

  • Jangan berhenti minum obat-obatan yang Anda perlukan, mintalah pendapat dokter lebih dulu. Ada obat anti depresi seperti bupropion dan obat anti kencing manis seperti metformin yang dapat mengurangi berat badan.

  • Tidur

  • Apakah tidur Anda cukup? Kurang tidur tidak hanya menyebabkan Anda uring-uringan tetapi juga dapat mengganggu diet Anda. Menurut studi orang dewasa yang tidur kurang dari 5 jam sehari memiliki kemungkinan menjadi terlalu gemuk, tiga kali lipat bagi pria dan dua kali lipat bagi wanita. Hampir satu per tiga orang Amerika tidur kurang dari enam jam sehari dan hampir sepertiga dari orang Amerika, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, menderita obesiti.

  • Biasakan untuk tidur delapan jam sehari pada waktu yang sama bahkan di akhir pekan seingga tidak mengganggu jadwal tidur Anda. Ini akan mengatur jam tidur dan bangun Anda dan irama tubuh lainnya termasuk selera makan Anda.

  • Perut

  • Bakteri dalam usus Anda memiliki fungsi yang luar biasa -mencerna makanan, menyerap air dan nutrisi, mengatur insulin dan memberi bahan bakar untuk sel-sel tubuh. Menurut studi baru-baru ini bakteri itu bahkan membantu mengatur berat badan Anda. Dalam sebuah studi tikus yang diberi bakteri orang gemuk menjadi gemuk dan tikus yang diberi bakteri orang kurus menjadi kurus. Karena itu para pakar setuju bahwa ada bakteri tertentu yang mengatur peradangan, metabolisme, dan selera makan.

  • Bila dokter memberi Anda antibiotik, yang dapat membunuh bakteri baik maupun buruk, tanyakan apakah obat ini penting dan bagaimana bila Anda tidak meminumnya. Sementara itu peliharalah bakteri yang baik dengan makan yoghurt dan makanan yang banyak mengandung serat seperti brokoli, rasberi dan gandum utuh.

  • Advertisement
  • Rumah

  • Tempat kediaman Anda mungkin terlalu nyaman. Peternak dapat memberitahu Anda bahwa hewan-hewan peliharaannya cepat gemuk dalam udara yang nyaman, tidak panas dan tidak dingin. Begitu pun manusia, jika rumah Anda memiliki udara yang nyaman dan Anda berada di rumah hampir sepanjang hari, ukuran pinggang Anda akan melar. Lemak putih akan bekerja seperti lemak coklat, membakar kalori lebih cepat bila udara lebih dingin. Phillip A. Kern M. D., direktur Pusat Ilmu Klinikal dan Transisional AS, menyelidiki bekerjanya lemak putih di musim panas dan di musim dingin.

  • Bila Anda menyalakan AC biarkan satu derajat lebih dingin. Jika Anda menyalakannya pada udara 66 derajat selama 10 jam, Anda menurunkan metabolisme Anda 10%.

  • Sakit

  • Bila Anda sakit belakangan ini dan Anda terkena virus human adenovirus maka Anda kemungkinan dapat menjadi gemuk dan sakit. Hewan yang terkena virus ini menjadi gemuk menurut penelitian para pakar. Virus ini membanjiri sel dengan glukos dan memengaruhi enzim yang mengubah gula menjadi lemak.

  • Hindari virus ini seperti Anda menghindari virus flu. Sering-sering cucilah tangan Anda, khususnya jangan menyentuh mata, hidung, atau wajah Anda sesudah berjabat tangan dengan seseorang yang sakit flu. Olahraga penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda dan tidurlah yang cukup.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 alasan mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun

Anda sudah jungkir balik berdiet, tadinya sudah turun 2 kg, tapi kok mandeg sampai di situ saja?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr