Arti tangisan bayi yang perlu diketahui para orangtua

Bayi berkomunikasi lewat tangisan. Sebaiknya Anda mulai memerhatikan 'bahasa' bayi tersebut agar lebih mudah merespons buah hati Anda.

1,539 views   |   4 shares
  • Menangis adalah cara bayi mengomunikasikan perasaan mereka. Priscilla Dunstan, seorang ibu dan pembicara dari Dustan Baby Language asal Australia, mengindentifikasi adanya perbedaan tangisan pada bayi di waktu tertentu. Ia melakukan sendiri uji teori ini pada seribu bayi yang baru lahir dan hal tersebut itu dibuktikan sendiri olehnya. Nah, ini beberapa yang dapat saya rangkum untuk dapat membantu Anda lebih mengerti apa yang diinginkan buah hati Anda:

  • 1. Menangis karena kelaparan

  • Tangisan bayi yang terdengar seperti putus asa, tidak henti-henti dan biasanya bernada tinggi, biasanya berarti "aku lapar". Sebaiknya sebelum bayi Anda kelaparan, berikanlah ASI setiap beberapa jam. Lakukan pengamatan awal untuk memperkirakan setiap berapa jam bayi Anda menangis karena kelaparan.

  • Jika ragu bayi menangis karena kelaparan, Anda bisa menawarkan padanya payudara atau botol susu. Jika bayi menolaknya berarti dia tidak lapar dan sebaliknya jika ia langsung meraih, berarti sedang kelaparan.

  • 2. Menangis karena mengantuk

  • Tangisan bayi yang terdengar seperti menguap 'owh', biasanya berarti "aku ngantuk". Petunjuk lain juga dapat terlihat dari mata mereka yang terlihat seperti ingin membuka tetapi berat atau sayu.

  • Saat bayi Anda sudah menunjukkan ciri sedang ngantuk, coba mengayun-ayunkannya hingga tertidur. Jangan dipaksa atau diajak main ya. Karena bayi Anda pasti akan merasa kesal dan menangis. Saat sudah waktu tidurnya, sebaiknya letakkan bayi pada tempat yang nyaman, seperti bantal yang pas, selimut yang cukup untuk menghangatkannya dan suhu udara yang pas -tidak terlalu panas atau dingin- sehingga tidurnya akan lebih pulas.

  • 3. Menangis karena tidak nyaman

  • Tangisan bayi terdengar seperti memaksa; "uhuk-uhuk" bisa diterjemahkan bahwa dia sedang merasa tidak nyaman. Misalnya karena popoknya kepenuhan, posisi tangannya terlipat, posisi lehernya tidak nyaman, gatal, merasa perih atau lecet, kepanasan, kedinginan, atau dia mencakar mukanya dan sebagainya.

  • Bayi akan menangis ketika merasa tidak nyaman. Segera cari tahu penyebabnya ketika bayi Anda menangis, misalnya dengan mengecek popoknya, kepalanya, badannya, dan hal-hal yang memungkinkan bayi merasa tidak nyaman. Cara lain yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan memutarkan lagu-lagu tenang seperti lagu klasik, atau menyenandungkan nada-nada lembut yang menenangkan sehingga dapat membuat mereka lebih rileks.

  • 4. Menangis karena sakit

  • Tangisan bayi yang terdengar sangat keras, wajahnya terlihat sangat sedih atau kesakitan serta sulit untuk didiamkan, bisa jadi bayi Anda sedang merasa sakit. Misalnya saja perut yang sakit, suhu badan tinggi atau sakit lainnya.

  • Advertisement
  • Jika sudah terlihat serius dan sulit untuk ditenangkan, sebaiknya bawa anak segera ke dokter. Jangan hanya didiamkan atau menerka-nerka sendiri ya. Pendapat atau solusi dari ahlinya adalah yang terbaik bagi bayi Anda.

  • 5. Menangis karena bosan

  • Tangisan bayi yang terdengar tidak sekeras teriak dan sering staccato (seperti menghentak-hentak), bisa diartikan dia sedang bosan karena merasa tidak diperhatikan atau minta diajak bermain. Jangan mengira bayi tidak mengerti apa-apa, mereka juga sensitif seperti orang dewasa loh. Jika Anda mendiamkan mereka dalam keadaan misalnya dia baru bangun tidur, mereka dapat menuntut perhatian dari Anda. Bayi juga ingin diajak main atau ngobrol. Meskipun terlihat tidak mengerti apa-apa, rangsangan dari suara orang yang didengarnya dapat membuatnya senang. Ketika bayi Anda sudah menampakkan ciri menangis karena bosan, segera ajak bayi Anda bermain atau berbicara. Jangan hanya didiami saja ya.

  • Itulah macam-macam tangisan bayi. Semoga bermanfaat!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Arti tangisan bayi yang perlu diketahui para orangtua

Bayi berkomunikasi lewat tangisan. Sebaiknya Anda mulai memerhatikan 'bahasa' bayi tersebut agar lebih mudah merespons buah hati Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr