Sehidup semati dengan suami perfeksionis? Tidak masalah!

Tidak kuat dengan sifat perfeksionis suami? Baca dulu ini

1,467 views   |   9 shares
  • Apakah Anda pernah bertemu dengan seseorang yang perfeksionis atau jangan-jangan pasangan hidup Anda (suami) termasuk salah satunya? Hidup bersama seseorang dengan karakter perfeksionis artinya segala sesuatu harus bisa Anda jalankan dengan benar. Jeleknya, orang dengan karakter demikian kerap memandang orang lain secara negatif, dan karena apa yang dilakukan tidak sesuai dengan keinginan hatinya, maka ia menganggap orang lain memiliki banyak kekurangan serta kelemahan.

  • Orang perfeksionis juga cenderung egois, secara tidak sadar ia merasa bahwa dirinya yang paling baik, benar, dan tahu segalanya. Bahkan, pribadi dengan karakter demikian sangat sulit untuk menerima saran atau nasihat dari orang lain. Imbasnya, hari-hari Anda sebagai pasangan hanya akan diisi rasa jengkel, marah serta frustrasi.

  • Apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi pasangan dengan karakter demikian?

  • Tenang, jangan buru-buru menghakimi suami Anda hanya karena memiliki karakter demikian. Saya mencoba merangkum dari beberapa sumber terpercaya, semoga apa yang disampaikan berikut bisa bermanfaat bagi Anda.

  • 1. Hadapi dengan pola pikir dewasa

  • Coba cermati kembali apakah karakter perfeksionis suami Anda kerap memuat masalah dalam rumah tangga? Jika tidak, maka sebaiknya Anda bersyukur memiliki suami dengan karakter demikian. Seorang perfeksionis biasanya memiliki ketelitian dalam melakukan sesuatu, ia juga selalu berhati-hati sebelum membuat keputusan, cermat dan memiliki rasa percaya diri tinggi.

  • 2. Meski perfeksionis dia tetap manusia biasa

  • Sebetulnya seseorang dengan pribadi perfeksionis sadar bahwa dirinya hanya manusia biasa yang tidak luput dari berbuat kesalahan. Namun, dari pengalaman-pengalaman tersebut dia kemudian belajar untuk tidak mengulangi kembali kesalahan yang sama. Di sini peran serta dukungan dari Anda sangat dibutuhkan olehnya, untuk mengimbangi cobalah berusaha memahami pribadinya dari sudut pandang yang berbeda.

  • 3. Suami perfeksionis = suami rajin

  • Mungkin bagi sebagian istri sangat bersyukur memiliki suami dengan karakter demikian. Suami yang perfeksionis bisa jadi ia lebih peduli terhadap kebersihan, ia sangat tidak suka melihat rumah berantakan, ia sangat giat bekerja, disiplin, dan juga pantang menyerah.

  • 4. Anda bangga berjalan berdampingan di sisinya

  • Dalam urusan penampilan suami perfeksionis juga tidak sembarangan dalam berdandan, ia paham betul apa yang harus dikenakan saat menghadiri acara-acara tertentu atau sekedar jalan-jalan santai di taman. Memiliki suami yang peduli dengan penampilan membuat Anda bisa merasa nyaman saat jalan di sisinya, apalagi jika Anda termasuk orang dengan karakter yang sama.

  • Advertisement
  • 5. Tetap cintai pribadi uniknya

  • Tidak bisa menebak apa yang ada di dalam pikirannya tak jarang membuat Anda sebagai pasangan merasa jengkel dan frustrasi. Meskipun demikian, bukan pribadi perfeksionisnya yang harus Anda persoalkan, tetapi bagaimana cintanya kepada Anda. Tak jarang orang-orang dengan pribadi perfeksionis juga berusaha menunjukkan cintanya kepada pasangan secara tulus, jika Anda tidak mampu mengimbangi karakternya setidaknya berusahalah mendukung dengan membiarkannya melakukan apa yang diinginkannya.

  • Jauh-jauh hari sebelum memutuskan menikah Anda tentu sudah paham betul bagaimana kepribadiannya, sehingga harusnya tidak perlu lagi kaget menghadapi perilaku suami yang sangat menjunjung tinggi kesempurnaan. Alih-alih pusing memikirkan bagaimana mengubah perilakunya, bukankah lebih baik sekarang Anda fokus ke hal-hal lain yang dapat meningkatkan keharmonisan pernikahan. Jika sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan, berusahalah menyampaikannya secara terbuka dalam diskusi sehat bersama anggota keluarga yang lain.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Sehidup semati dengan suami perfeksionis? Tidak masalah!

Tidak kuat dengan sifat perfeksionis suami? Baca dulu ini
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr