7 manfaat luar biasa dari sebuah pelukan yang harus Anda tahu

Entah ekspresi kegembiraan, rasa sayang, penghiburan, maupun meluapkan emosi terpendam, pelukan menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental Anda.
May 26, 2017

2,434 views   |   27 shares
  • Dari salah satu film animasi favorit saya, Trolls, saya mendapat sebuah inspirasi, bukan hanya dari musik tema yang enak didengar. Sebuah tradisi untuk menjadi bahagia, berawal dari kebiasaan berpelukan. Ya, kontak fisik yang dapat dilakukan kapan pun, dengan siapa pun, untuk berbagai tujuan.

  • Entah ekspresi kegembiraan, rasa sayang, penghiburan, maupun meluapkan emosi terpendam, pelukan menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Mungkin Anda belum tahu, inilah 7 efek positif pelukan hangat bagi kesehatan tubuh Anda.

  • 1. Mengurangi stres dan rasa cemas

  • Ketika dirundung stres, tubuh bereaksi dengan mengeluarkan hormon kortisol. Akibatnya, Anda juga rentan terkena gangguan kesehatan. Pelukan penuh kasih sayang akan memicu pengeluaran hormon cinta, penangkal hormon kortisol. Hormon cinta ini dikenal dengan nama hormon oksitosin. Hormon yang bekerja di sistem limbik otak, yang notabene menjadi pusat emosional akan mengurangi kecemasan dan kegelisahan. Selain itu, pelukan juga memicu pengeluaran neurotransmitter dopamin. Peningkatan level dopamin akan mengurangi risiko terjadinya depresi dan adiksi pada zat terlarang. Bagi para orang tua, memeluk anak sejak dini akan menekan stres dua arah. Anda dan anak akan sama-sama terhindar dari tekanan. Optimisme pun akan tumbuh seiring dengan kepercayaan diri bahwa Anda cukup dicintai.

  • 2. Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Tekanan pada tulang dada dan kejutan emosional yang Anda alami saat berpelukan akan menstimulasi kelenjar timus. Dampaknya, kelenjar ini akan merangsang pembentukan dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih ini dikenal sebagai sel-sel yang berperan aktif dalam pembentukan kekebalan tubuh. Sel darah putih dalam jumlah optimal akan berhasil mempertahankan tubuh dari serangan penyakit.

  • 3. Menyehatkan sistem kardiovaskular

  • Jantung yang sehat, berawal dari pelukan yang hangat. Sebuah pelukan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Sensasi kulit yang bersentuhan ketika berpelukan akan mengaktifkan reseptor yang mengirimkan sinyal kepada saraf vagus di otak. Saraf vagus memiliki salah satu fungsi dalam pengaturan tekanan darah. Detak jantung pun akan menjadi lebih rileks dengan sebuah pelukan, menjadikan jantung Anda bekerja lebih baik.

  • Advertisement
  • 4. Mengurangi rasa sakit

  • Apabila awalnya Anda merasa tegang karena pelukan tak terduga, begitu Anda hanyut dan menerima pelukan tersebut maka Anda akan merasakan manfaatnya. Otot-otot menjadi lebih rileks. Tubuh pun akan turut mengeluarkan hormon endorfin. Ketika Anda merasakan nyeri atau sakit, perasaan ini akan berangsur reda. Penyebabnya, terjadi peningkatan peredaran darah menuju jaringan yang terluka. Selain itu, endorfin akan menghalangi jalan ke bagian otak yang menerjemahkan rasa sakit tersebut.

  • 5. Menyeimbangkan sistem saraf

  • Ketika kita dikejar-kejar oleh target mencekik dan hidup di bawah tekanan, sistem saraf simpatik kita akan bekerja lebih keras. Ini menjadikan sistem saraf kita keluar dari keseimbangan. Berpelukan akan mengaktifkan sistem parasimpatik untuk turut bekerja lebih banyak. Efeknya, sistem safar yang lebih seimbang ini, membuat kita akan cenderung lebih santai. Anda mengerem sejenak hidup yang tergesa-gesa dan memberi kesempatan diri lebih menikmati jalannya hidup.

  • 6. Menekan nafsu makan berlebihan

  • Rajin berpelukan dengan penuh cinta akan membuat tubuh mengeluarkan respos melalui neurotransmitterserotonin. Serotonin memberikan perasaan bahagia, rileks, dan puas pada Anda. Selain itu, serotonin akan membantu mengendalikan nafsu makan. Ingat, salah satu penyebab gangguan nafsu makan (baik kurang ataupun lebih) berpangkal pada kondisi emosional yang tidak stabil. Dalam kondis mental yang sehat, Anda pun dapat menggunakan akal sehat untuk membatasi asupan Anda sesuai dengan jumlah normal yang dibutuhkan.

  • 7. Menguatkan semangat bertahan hidup

  • Deb Castaldo, Ph.D., mengungkapkan kepada Reader's Digest sebuah kenyataan bahwa berpelukan akan membuat Anda bersemangat untuk terus hidup. "Lihat saja hewan peliharaan Anda. Ketika Anda tidak membelainya, memberikan sentuhan fisik, mereka dapat jatuh ke dalam depresi, tak jarang membawa kepada ajal," jelas Castaldo. Castaldo menyarankan untuk berpelukan setidaknya 6 menit sehari untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik, secara fisik maupun mental.

  • Advertisement
  • Sebuah obat multifungsi untuk hidup yang lebih baik. Sebuah pepatah mengatakan:

  • "Berpelukanlah setidaknya 8 kali sehari untuk memelihara kesehatan Anda."

  • Sudahkah Anda berpelukan hari ini?

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

7 manfaat luar biasa dari sebuah pelukan yang harus Anda tahu

Entah ekspresi kegembiraan, rasa sayang, penghiburan, maupun meluapkan emosi terpendam, pelukan menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr