Cara berbahagia bagi hati yang berduka

Dapatkan kembali cara untuk merasa bahagia, saat kehilangan orang yang Anda cintai.

1,163 views   |   3 shares
  • Kehilangan orang yang kita cintai dapat meninggalkan luka yang mendalam. Terlebih lagi jika orang yang meninggalkan kita adalah orang-orang yang selama ini sangat dekat secara emosional seperti pasangan, orang tua maupun saudara terdekat yang sangat kita cintai. Bagaimanapun juga kita tidak dapat melawan takdir atau kehendak yang Maha Kuasa. Jika sudah waktunya kita harus terpisah, mau atau tidak kita harus bisa menerimanya.

  • Meskipun sebagian hidup Anda telah hilang, Anda masih tetap dapat bahagia. Lakukan beberapa cara di bawah ini, untuk kembali mendapatkan kebahagiaan setelah kehilangan orang yang kita cintai.

  • Melihat keadaan dari sudut pandang yang berbeda

  • Keluarga saya pernah mengalami kehilangan yang mendalam atas kepergian kakak saya tercinta, yang meninggal karena terkena virus yang mematikan saat kuliah di luar. Saat pertama kali keluarga kami mendengar kabar bahwa kakak saya telah tiada, kami sangat terpukul. Terutama kedua orang tua saya. Ayah saya langsung terbang menjemput jenazah kakak saya. Saat kami menunggu jenazah kakak saya tiba di Indonesia, Ibu saya hanya mengurung diri di kamar. Saat jenazah tiba, Ibu saya hanya menangis sebentar dan kemudian tersenyum selama upacara pemakaman berlangsung. Mungkin orang heran melihat ibu saya dan sayapun demikian. Namun, setelah saya ketahui, ternyata ibu saya memandang kepergian kakak dengan sudut pandang yang berbeda. Dia tidak begitu bersedih, karena dia merasa takdir itu yang terbaik bagi kebahagiaan kakak saya, dibandingkan jika hidup kakak saya harus mengalami penderitaan.

  • Mencari penghiburan

  • Melupakan kesedihan setelah kehilangan orang yang kita cintai juga membutuhkan proses. Meskipun kita sudah berusaha untuk merelakan kepergiannya. Namun pasti masih ada bekasnya. Cobalah cari penghiburan untuk pelan-pelan melupakan kesedihan yang Anda rasakan. Misalnya dengan membaca buku-buku atau menonton film yang menguatkan. Bertemu dengan teman atau kerabat juga sangat baik untuk mencari penghiburan. Dan hal-hal lainnya yang sedikit dapat mengalihkan pikiran Anda dan menenangkan diri Anda.

  • Fokus dengan kehidupan sekarang

  • Orang yang telah meninggalkan kita juga tentu tidak ingin melihat kita terlalu larut dalam kesedihan atau penderitaan. Untuk itu, Anda harus bisa hidup lebih baik bahkan ketika Anda kehilangan orang yang Anda cintai. Kembalilah untuk fokus dengan kehidupan Anda sekarang. Kembali menyibukkan diri dan mengejar gol-gol yang telah Anda rencanakan bagi hidup Anda. Jangan biarkan kesedihan Anda atas kehilangan orang yang Anda cintai membuat Anda tidak bahagia. Melainkan berusahalah untuk hidup lebih bahagia dari sebelumnya.

  • Advertisement
  • Memang berat untuk membangun kembali kehidupan setelah kehilangan orang yang dicintai. Namun, ketahuilah, bahwa masih ada kehidupan setelah dunia ini. Masih ada kesempatan untuk kita dapat bertemu kembali dengan orang yang kita cintai di kehidupan selanjutnya. Percayalah bahwa cinta adalah abadi, akan selalu ada untuk selamanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Cara berbahagia bagi hati yang berduka

Dapatkan kembali cara untuk merasa bahagia, saat kehilangan orang yang Anda cintai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr