Kesulitan seorang ayah lajang dalam membesarkan putrinya sendirian

Ketika karena suatu alasan seorang ayah harus membesarkan putrinya sendirian, banyak masalah besar dan kecil yang harus dihadapinya.

431 views   |   2 shares
  • Ketika karena suatu alasan seorang ayah harus membesarkan putrinya sendirian, banyak masalah besar dan kecil yang harus dihadapinya. Tanpa bantuan seorang ibu, membesarkan anak perempuan merupakan tantangan tersendiri. Namun bila si ayah kreatif maka banyak kesulitan yang dapat diatasinya dengan mudah. Di bawah ini ada beberapa contoh yang menggambarkan kesulitan-kesulitan tersebut di atas:

  • Mengurus rambut

  • Sebagai pria biasanya seorang ayah tidak begitu pusing memikirkan rambutnya. Namun bila dia seperti Nate Denton dari Inggris, yang sudah 2 tahun melajang dan memiliki seorang putri berusia 6 tahun, maka dia mempunyai masalahnya sendiri. Semula Nate merasa kewalahan menjalin rambut anaknya yang tebal dan panjang itu. Namun sebagai seorang yang bekerja di bagian periklanan dia dituntut untuk menjadi kreatif. Kelebihan inilah yang akhirnya membuat dia mampu menciptakan berbagai model bagi kepang putrinya.

  • Mungkin mulanya dia belajar dari beberapa situs seperti YouTube dan lain-lain, selanjutnya dia merancang sendiri rambut anaknya menurut hari yang dirayakan di sekolah TK putrinya. Hal ini membuat dia terkenal di antara kaum ibu yang sama-sama mengantar anaknya ke sekolah itu. Banyak teman putrinya, Navaeh, yang ingin didandani seperti itu. Nate mengembangkan bakatnya dan bahkan membuat Sweetheart Hair Design di YouTube. Dia menjalin rambut anaknya seperti stegosaurus pada hari dinosaurus di sekolah. Pada hari kasih sayang putrinya adalah satu-satunya anak di sekolah yang rambutnya menggambarkan hati. Dan di hari Paskah beberapa telur hias meramaikan dandanan putrinya. Menurut dia tidak hanya kaum ibu yang perlu belajar menghias rambut putrinya, kaum ayah juga seharusnya mampu melakukannya.

  • Bermain

  • Jika tidak ada ibu yang mengajak anak perempuannya bermain di rumah, seorang ayah juga wajib mengajarnya bermain seperti anak perempuan lainnya. Sungguh aneh jika si ayah hanya mengajaknya bermain bola atau mobil-mobilan. Tidak ada salahnya jika si ayah belajar bagaimana bermain "rumah-rumahan." Menjamu seorang tamu dengan cangkir-cangkir mungil dan teko kecil berisi air sirup akan sangat menyenangkan bagi putrinya.

  • Juga boneka-boneka Barbie dapat menjadi teman permainan yang disukainya. Berdandan termasuk kegiatan yang tidak boleh dilupakan. Seorang ayah mengorbankan hari yang biasanya dia lewatkan bersama teman-temannya, karena putrinya mengajaknya melakukan kegiatan yang lebih menarik. Ketika teman-temannya datang, dia terpaksa minta maaf kepada mereka dan membuat mereka tertawa melihat rambutnya yang berhiaskan pita warna-warni dan juga kuku kakinya yang berwarna merah jambu.

  • Advertisement
  • Masa puber

  • Seorang ayah yang memiliki putri berusia menjelang remaja hendaknya ingat bahwa si anak akan mengalami perubahan pada tubuhnya, sesuatu yang tidak banyak memengaruhi anak lelaki. Dia harus menyediakan popok khusus untuk mempersiapkan putrinya menyambut kehadiran "tamu" setiap bulan alias menstruasi. Ini penting supaya anaknya tidak merasa panik dan bingung ketika tiba-tiba mengalaminya. Jelaskan juga apa artinya kejadian itu, bagaimana wanita mampu menghasilkan indung telur di rahimnya dan jika dibuahi akan menciptakan seorang manusia baru. Peran wanita dapat diajarkan dalam hal ini, juga kebersihan tubuh secara umum penting untuk diketahui. Jika si ayah kurang merasa nyaman menuturkan bagian dari kehidupan ini, nenek atau guru wanita dapat diminta bantuannya untuk menjelaskan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kesulitan seorang ayah lajang dalam membesarkan putrinya sendirian

Ketika karena suatu alasan seorang ayah harus membesarkan putrinya sendirian, banyak masalah besar dan kecil yang harus dihadapinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr