Melihat sisi positif dari kegagalan pernikahan

Daripada berlarut-larut dalam kesedihan, cari sisi positif dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.

742 views   |   4 shares
  • Pernikahan ibarat sebuah perlombaan. Jika mau berusaha keras maka kita dapat memenangkannya. Tetapi jika kita tidak berusaha, maka bisa saja kita akan kalah. Begitupun di dalam pernikahan, kita juga perlu berjuang untuk bertahan sampai akhir dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Karena pernikahan itu tidak ada yang mudah, banyak tantangan dan cobaannya.

  • Semua orang tentu tidak ingin mengalami kegagalan dalam pernikahan. Dunia pasti serasa mau runtuh jika mengalaminya. Kesedihan tidak dapat lagi dihindari. Bagaimana jadinya jika kita mengalami kegagalan dalam pernikahan? Banyak orang menjadi depresi, kecewa, trauma dan perasaan menyesal lainnya.

  • Jika Anda salah satu dari mereka yang mengalaminya, jangan terpuruk dalam kesedihan. Kehidupan tidak berhenti hanya karena Anda mengalami hal tersebut. Masa depan yang panjang masih menanti Anda. Lagi pula, gagal dalam pernikahan tidak selalu memiliki dampak negatif. Ada juga sisi positifnya kok! Cobalah melihatnya seperti di bawah ini:

  • Anda beruntung karena ternyata dia bukan yang terbaik (bagi Anda)

  • Bayangkan bagaimana malangnya nasib Anda di masa depan, jika bertahan dengan orang yang tidak dapat membuat Anda bahagia. Pastinya hidup akan terasa seperti mimpi buruk selamanya. Jangan kecewa jika memang pernikahan Anda gagal. Lagipula jika dipaksakan, yang ada Anda hanya menjalani hidup dalam kepura-puraan. Gagal dalam pernikahan justru membuat Anda 'beruntung' karena tersadar ia bukan yang terbaik untuk Anda.

  • Keluarga dan sahabat selalu ada untukmu

  • Sisi positif lain yang dapat diambil dari kegagalan dalam pernikahan adalah, Anda memiliki keluarga dan sahabat yang selalu mendukung. Dulu saat menikah, mungkin Anda berpikir tidak ada orang lain selain pasangan yang dapat mengerti dan memahami Anda luar dan dalam. Ternyata tidak demikan bukan? Keluarga dan sahabat juga selalu dapat memahami Anda. Mereka adalah orang yang paling setia dan tulus mencintai Anda.

  • Menjadi lebih mandiri

  • Dulu saat menikah, Anda juga tentu tergantung dengan pasangan. Anda pasti pernah berpikir tidak sanggup hidup tanpa pasangan. Tapi jika sudah menjalaninya, Anda pasti akan menyadari bahwa Anda mampu menjalaninya dengan mandiri. Ini hanya soal kebiasaan kok!

  • Anda bisa lebih selektif dalam memilih pasangan hidup

  • Kegagalan membuat kita juga dapat lebih berhati-hati dan lebih selektif lagi. Terutama dalam memilih pasangan hidup. Pelajaran yang pernah Anda dapatkan setelah gagal dalam pernikahan, tentu akan membuat Anda berhati-hati memilih sosok pasangan hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

  • Advertisement
  • Anda bebas

  • Sisi positif yang paling penting disyukuri ketika mengalami kegagalan dalam pernikahan adalah, Anda telah bebas dari ikatan yang menyakitkan dan dari keterbatasan. Sekarang Anda dapat melakukan apapun yang disukai, kembali membangun mimpi dan melakukan segala hal yang telah lama ingin Anda lakukan.

  • Sebenarnya gagal dalam pernikahan tidak seburuk yang kita bayangkan, jika kita mau terbuka dan mengambil pelajaran dan sisi positif dari pengalaman tersebut. Karenanya jangan terus terpuruk dalam kesedihan ya, bersemangatlah menyongsong masa depan yang lebih baik!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Melihat sisi positif dari kegagalan pernikahan

Daripada berlarut-larut dalam kesedihan, cari sisi positif dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr