Menjalani pekerjaan yang sekaligus hobi tapi masih dilanda jenuh? Coba lakukan ini

Menurut saya, hobi lebih menyenangkan jika dilakukan sesekali dan tidak disangkut pautkan dengan pekerjaan.

57 views   |   shares
  • Memiliki pekerjaan sesuai dengan hobi yang kita senangi, memang adalah sebuah impian. Siapa yang tidak mau, melakukan sesuatu yang disukai dan dibayar lagi! Namun sepertihalnya setiap pekerjaan, tetap saja pasti ada titik jenuhnya melakukan pekerjaan yang sama setiap hari. Hobi sekalipun, lama kelamaan akan terasa seperti beban.

    Bayangkan saja, Anda memiliki hobi menggambar. Dan pekerjaan menuntut Anda untuk menggambar setiap hari. Lambat laun pasti Anda kehabisan inspirasi dan menjadi bosan menggambar. Menurut saya, hobi lebih menyenangkan jika dilakukan sesekali dan tidak disangkut pautkan dengan pekerjaan.

    Namun jika hobi Anda telah menjadi pekerjaan, dan hal tersebut mulat terasa melelahkan. Anda mulai tidak menikmati hobi seperti dulu, cobalah lakukan hal-hal ini:

  • Jangan ikuti mood

    Pekerjaan tetaplah pekerjaan. Sekalipun pekerjaan adalah hobi, Anda harus bersikap profesional dan memiliki tanggung jawab di dalamnya. Jangan merusak pekerjaan hanya karena Anda tidak mood melakukannya. Kerjakan pekerjaan Anda dengan semestinya dan jangan terpengaruh dengan mood atau suasana hati yang dapat menghambat pekerjaan Anda.

  • Menghindari jenuh

    "Sangat mudah merasa jenuh, ketika hobi yang menyenangkan menjadi tidak menyenangkan karena banyaknya tuntutan atau aturan untuk hobi yang saya lakukan".Dio, 27 Tahun, Pegawai.

    Terkadang, target kerja membuat kita harus memaksakan diri sehingga tidak begitu lagi menikmati pekerjaan yang dulunya sangat kita sukai. Oleh sebab itu, sebelum Anda merasa jenuh sebaiknya berhentilah sejenak. Misalnya sebelum Anda bosan, cobalah istirahat dulu, pergi dari meja dan ngobrol dengan rekan kerja yang lain. Jangan menunggu sampai stres baru Anda berhenti bekerja. Jangan memaksakan diri juga karena itu hanya akan menghambat inspirasi dan menurunkan kinerja kerja Anda.

  • Jangan jadikan beban

    Ketika Anda mengerjakan sesuatu hingga membuat stres, itu tandanya Anda telah membuat hobi atau pekerjaan Anda sebagai beban. Tenangkan pikiran dan ingatlah kembali bahwa apa yang Anda lakukan adalah hal yang sangat Anda sukai. Dan seperti pada poin di atas, sebaiknya jangan memaksakan diri agar Anda tidak merasa tertekan.

  • Tetap salurkan hobi

    Jangan karena hobi sudah menjadi pekerjaan, sehingga membatasi Anda untuk menyalurkan hobi dalam bentuk hiburan. Bila Anda memiliki hobi menyanyi, pergilah ke kafe yang menyediakan live music atau tempat karaoke untuk menyalurkan hobi Anda dan bersenang-senang. Bila Anda memiliki hobi memotret, coba pergi ke alam bebas atau memotret apapun yang Anda sukai di luar pekerjaan Anda.

  • Cobalah mencari hiburan lain di luar hobi

    Cara terakhir jika hal-hal di atas tidak juga dapat membantu menghilangkan kepenatan Anda, coba cari hiburan lain di luar hobi. Sehingga Anda memiliki kesenangan lain yang dapat menghibur di kala hobi dan pekerjaan tak lagi menyenangkan bagi Anda. Ini dapat mengatasi rasa jenuh dan melupakan sejenak beban pikiran Anda, karena hobi Anda selama ini tidak lagi dapat menjadi pelepas stres.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Menjalani pekerjaan yang sekaligus hobi tapi masih dilanda jenuh? Coba lakukan ini

Menurut saya, hobi lebih menyenangkan jika dilakukan sesekali dan tidak disangkut pautkan dengan pekerjaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr