Kebiasaan-kebiasaan baik suami ini layak lho Anda apresiasi

Janganlah menghakimi seseorang hanya karena satu kesalahan kecil yang ia perbuat sementara semua kebaikan yang telah ia lakukan dilupakan begitu saja.

1,551 views   |   1 shares
  • Menghadapi sikap suami yang menjengkelkan memang tidak mudah, butuh kesabaran ekstra dan kemampuan untuk beradaptasi agar bisa bertahan. Namun, seburuk-buruknya suami pasti ada kalanya ia bisa bersikap baik dan itu patut diapresiasi. Nah, apresiasi atau penghargaan yang istri berikan diharapkan mampu mengubah suami menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

    Kira-kira, apa saja kebiasaan-kebiasaan baik suami yang pantas diapresiasi? Di bawah ini mungkin salah satunya:

  • 1. Suami gemar memasak bagi keluarga

    Sangat jarang seorang suami dengan senang hati memasak bagi keluarganya, bahkan hingga berbelanja sendiri bahan-bahan kebutuhan pokok di pasar. Kemampuan suami semacam ini sudah sepantasnya disyukuri, selain membanggakan suami pandai memasak membuat Anda jadi lebih percaya diri di hadapan teman-teman pastinya.

  • 2. Kritis

    Jangan pernah bosan menghadapi perilaku suami yang kritis. Sikap suami demikian sama sekali tidak akan merugikan Anda, bahkan bisa jadi Anda akan sangat diuntungkan karena bisa belajar banyak darinya untuk lebih berhati-hati.

  • 3. Peduli dengan kebersihan

    Suami Anda tidak suka melihat rumah kotor atau ia tidak suka menyimpan sesuatu secara berlebihan. Kepedulian suami dalam menjaga kebersihan merupakan pertanda bahwa ia sangat peduli dengan kesehatan dan hal ini sangat layak untuk diapresiasi

  • 4. Sistematis

    Suami yang sistematis terlihat kolot dan kaku, semua seakan-akan harus logis dan teratur. Akan tetapi, jika dipikir baik-baik karakter demikian sebetulnya tidak menjemukan, sebaliknya pola pikir suami yang sistematis bisa membuat hidup jadi lebih mudah, aman serta tidak tumpang tindih.

  • 5. Tegas

    Jangan buru-buru menghakimi suami karena sikap tegas yang ia tunjukkan. Ketegasan suami bisa jadi merupakan bentuk proteksi terhadap anggota keluarganya. Kadang kala ketegasan suami bisa sangat berlebihan, tapi semua tetap bisa diatasi jika komunikasi diantara Anda berdua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  • 6. Multitasking

    Jangan salah seorang suami juga bisa merangkap berbagai pekerjaan sekaligus, seperti: Memasak, mencuci baju, mengasuh anak, bekerja, memperbaiki kendaraan, dan sebagainya. Kelebihan suami semacam ini tentu merupakan keuntungan bagi Anda. Tunjukkan apresiasi Anda agar suami semakin merasa dihargai dan juga disayangi.

  • 7. Perhitungan

    Kebiasaan suami yang tidak suka berbelanja, nonton atau rekreasi jangan langsung dikritik habis-habisan. Sebab, bisa jadi ini merupakan strategi suami Anda untuk menjaga agar kondisi perekonomian keluarga tetap aman dan tidak sampai kekurangan.

  • 8. Menyapa ramah tetangga sekitar

    Kebiasaan suami menyapa ramah tetangga sekitar, meskipun belum terlalu mengenal, adalah cara untuk membangun hubungan dekat dengan mereka. Suami Anda paham tetangga adalah orang terdekat yang akan siap membantu keluarganya ketika tiba-tiba membutuhkan bantuan. Jadi, ketika suami Anda menyapa ramah orang lain jangan lantas menganggapnya SKSD (Sok Kenal Sok Dekat).

  • 9. Bergaya hidup sederhana

    Suami Anda tidak suka mengenakan pakaian bagus, dia lebih nyaman dengan pakaian lamanya yang mungkin ia beli 2 tahun lalu atau tiap kali bepergian lebih senang menggunakan transportasi umum, padahal kendaraan pribadi ia miliki. Gaya hidup suami demikian patut Anda kagumi, cara yang ia lakukan bukanlah semata-mata pengiritan, tapi lebih karena gaya hidup sederhana yang berusaha ia terapkan dan teladankan kepada Anda dan anggota keluarga yang lain.

  • 10. Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan

    Bersyukurlah suami Anda aktif bergabung dalam kegiatan kemasyarakatan, cara demikian membuat keluarga Anda dikenal baik oleh orang lain bahkan mungkin disegani karena kontribusi suami yang positif. Dukung suami Anda dengan aktif dalam kegiatan serupa yang mungkin ada di tempat tinggal Anda.

    Jangan pernah berharap pernikahan akan bahagia jika diri sendiri tidak ingin berubah. Ada sebuah pepatah kuno mengatakan, "Seribu kebaikan tidak lantas menjadikanmu malaikat, tetapi satu kesalahan saja bisa membuatmu menjadi iblis." Janganlah menghakimi seseorang hanya karena satu kesalahan kecil yang ia perbuat sementara semua kebaikan yang telah ia lakukan dilupakan begitu saja. Semoga sebagai istri Anda memiliki jiwa yang besar menerima kelemahan suami, semoga suami Anda segera menyadari bahwa Anda adalah orang hebat yang tidak boleh ia sia-siakan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Kebiasaan-kebiasaan baik suami ini layak lho Anda apresiasi

Janganlah menghakimi seseorang hanya karena satu kesalahan kecil yang ia perbuat sementara semua kebaikan yang telah ia lakukan dilupakan begitu saja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr