5 kalimat yang mampu menghancurkan kepercayaan diri anak perempuan, terlebih jika terlontar dari ibunya sendiri

Anak perempuan biasanya memiliki perasaan yang lebih peka daripada anak lelaki, sebagai ibu Anda hendaknya lebih berhati-hati ketika berbicara dengan mereka.

1,530 views   |   shares
  • Anak perempuan biasanya memiliki perasaan yang lebih peka daripada anak lelaki, sebagai ibu Anda hendaknya lebih berhati-hati ketika berbicara dengan mereka. Seorang teman memiliki 3 anak lelaki dan 1 anak perempuan. Tanpa disadari dia memperlakukan anak perempuannya seperti anak-anak lelakinya. Tidak dapat dihindari pertentangan timbul di antara ibu dan anak ini, juga si anak lebih dekat kepada ayahnya yang dianggapnya lebih mengerti perasaannya. Bila Anda memiliki anak perempuan, hindarilah 5 kalimat di bawah supaya Anda tidak merusak kepercayaan diri anak Anda.

  • 1. Engkau tidak seberani kakak lelakimu!

  • Tentu saja tidak, sebab anak perempuan memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda dari anak lelaki. Jangan mengharap mereka mampu mengerjakan prakarya seperti kakaknya atau belajar naik sepeda setangkas kakaknya. Jatuh satu kali saja dan lutut lecet berdarah akan membuat dia kecil hati serta tidak mau memegang sepedanya lagi sampai sebulan berlalu. Sebagai ibu Anda hendaknya paham bahwa nyalinya tidaklah sebesar kakaknya, karena itu Anda sebaiknya membiarkan dia melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuannya.

  • 2. Mengapa engkau tidak mempunyai teman sebanyak kakakmu?

  • Anak perempuan biasanya lebih pemalu dan dia akan memilih temannya dengan hati-hati. Jangan membuat dia kecil hati dengan pertanyaan seperti ini. Biarkan dia bergaul dengan caranya sendiri, selama dia masih memiliki teman, jangan khawatirkan kepandaian sosialnya. Anak lelaki mungkin tidak peduli dengan penampilan atau kehalusan pribadi temannya, lain dengan anak perempuan. Dia akan menimbang-nimbang lebih dulu apakah si A cukup ramah untuk menjadi temannya. Atau apakah si B mempunyai cita selera yang sama dengan dia?

  • 3. Anak perempuan kok tidak suka membantu di dapur

  • Tidak semua perempuan suka memasak, mungkin anak lelaki Anda lebih sigap dalam hal ini. Lihat, betapa banyak lelaki yang menjadi chef atau koki restoran terkenal. Percayalah anak perempuan Anda akan menjadi juru masak yang unggul di rumahnya sendiri kelak bila keadaan menuntutnya demikian. Bersabarlah dalam mengajak dia bergumul di dapur. Jika anak lelaki Anda lebih senang melakukan ini, Anda tidak perlu membanding-bandingkan mereka sehingga membuat anak perempuan Anda kecil hati.

  • 4. Jangan boros dan belanja melulu!

  • Sayangnya sudah menjadi sifat alami wanita untuk gemar belanja karena ini merupakan sebuah terapi! Memang ada baiknya Anda mengajar anak perempuan Anda berhemat, namun sejauh dia dapat mengendalikan pengeluarannya, biarkanlah dia belanja. Dengan sabar ajarkan dia mengatur anggaran belanja dan menabung. Biarlah dia memahami arti prioritas, mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya menjadi keinginan.

  • Advertisement
  • 5. Jangan berdandan seperti pelacur

  • Nah, ini yang paling tidak enak didengar telinga namun kadang-kadang meluncur tanpa dapat dihentikan. Bila Anda melihat anak perempuan Anda berdandan secara berlebihan, baik dalam hal pakaian atau tata rias, cobalah bersabar dan menunjukkan mana yang baik buat dia. Jika pakaiannya terlalu seksi, bujuklah dia supaya dia mengerti bahwa lelaki lebih menghargai wanita yang berbaju sopan. Jika tata riasnya seperti pemain lenong, ajarkanlah bagaimana tata rias yang bagus. Anda mungkin dapat mengambil majalah dan menunjukkan gambar-gambar foto model di majalah itu supaya dia belajar dari situ.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 kalimat yang mampu menghancurkan kepercayaan diri anak perempuan, terlebih jika terlontar dari ibunya sendiri

Anak perempuan biasanya memiliki perasaan yang lebih peka daripada anak lelaki, sebagai ibu Anda hendaknya lebih berhati-hati ketika berbicara dengan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr