7 cara bersikap pada seorang teman yang diam-diam Anda tahu adalah seorang pecandu narkoba

Bagaimana sikap Anda dapat menolong teman Anda yang sedang mengalami pencobaan karena kecanduan narkoba.

96 views   |   2 shares
  • Bagaimana sikap Anda dapat menolong teman Anda yang sedang mengalami pencobaan karena kecanduan narkoba. Anda memang harus memilih teman yang baik untuk menghindari pengaruh buruk seperti menggunakan narkoba dan sebagainya, namun bila ini terjadi terhadap teman baik Anda, tidakkah Anda merasa wajib menolongnya? Apa yang harus Anda lakukan supaya dia tidak tersinggung dan mau mengikuti saran-saran Anda?

  • 1. Tidak merendahkan dirinya

    Pertama-tama janganlah merasa bahwa diri Anda lebih mulia daripada dia karena Anda tidak pernah tergoda untuk mencoba narkoba. Lebih baik Anda merasa iba bahwa dia sudah terperosok dan mungkin sulit mencari jalan keluar. Bayangkan bahwa dia ada di lubang yang dalam dan Anda berada di luar, Anda dapat mengulurkan tali atau tangga untuk membantunya keluar. Ajaklah dia berbicara dari hati ke hati sehingga dia percaya bahwa Anda berniat menolongnya.

  • 2. Tunjukkan empati

    Tunjukkan kepada dia bahwa Anda mengerti mengapa dia sampai jatuh ke lubang pencobaan. Sadarilah bahwa dia mungkin memiliki kesusahan lainnya dan hal itu yang membuat dia ingin melarikan diri dengan narkoba. Berilah dia kesadaran bahwa narkoba tidak akan menolongnya mengatasi kesulitan, bahkan menjerumuskan dia makin dalam. Ajaklah dia berbicara mengenai kesulitan-kesulitan hidup yang dihadapinya supaya dia dapat mencurahkan isi hati dan merasa sedikit lega.

  • 3. Beri informasi

    Anda sendiri mungkin tidak akan mampu membuat dia berhenti memakai narkoba, namun ada banyak tempat yang dapat menolongnya untuk itu. Berilah informasi tentang tempat-tempat itu dan bagaimana cara untuk mencapainya. Bila perlu antarlah teman Anda ke tempat itu guna mendaftarkan diri.

  • 4. Sadarkan pentingnya rehabilitasi

    Beri kesadaran kepada teman Anda bahwa rehabilitasi sangatlah penting, karena sulit untuk mengandalkan diri sendiri mencoba berhenti memakai narkoba. Dengan bantuan para pakar secara kejiwaan dan fisik, akan lebih mudah menyembuhkan kecanduan.

  • 5. Beriman kepada Tuhan

    Dengan iman yang kuat dan dibantu doa-doa yang tulus, teman Anda dapat menghentikan kebiasaan buruknya. Doronglah dia supaya lebih dekat kepada Tuhannya. Anda dan orang-orang yang mengasihinya dapat membantunya dengan doa-doa. Ajaklah dia supaya lebih taat beribadat, mendekatkan diri kepada Tuhannya dan menguatkan hati untuk mengubah kebiasaan buruknya.

  • 6. Beri dukungan tekad

    Sulit untuk berjuang seorang diri mengalahkan iblis narkoba, dibutuhkan bantuan teman dekat yang bisa memahami perjuangannya. Dengan memberi teman Anda dukungan tekad, dia akan memiliki semangat lebih besar dan tidak merasa sendirian berperang mengalahkan keinginannya memakai narkoba. Ajaklah dia mengikuti banyak kegiatan lain, terutama yang bersifat olahraga, untuk menjauhi narkoba.

  • 7. Menjauhi narkoba

    Ketika teman Anda selesai menjalankan rehab, dia membutuhkan bantuan untuk tetap menjauhi narkoba. Jangan sampai dia memiliki keinginan lagi untuk memakainya. Orang yang telah sembuh bisa saja tergoda untuk memakai narkoba lagi sehingga kambuh kecanduannya. Karena itu penting untuk menjauhkan dia dari keinginan memakai narkoba lagi. Jika perlu teman Anda dapat mengikuti pertemuan kelompok para mantan pemakai narkoba. Pertemuan-pertemuan seperti ini gunanya untuk saling menguatkan keteguhan hati masing-masing dalam menentang narkoba. Biasanya pertemuan ini dipimpin oleh seorang pakar psikologi yang dapat membantu kejiwaan para mantan pemakai narkoba.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

7 cara bersikap pada seorang teman yang diam-diam Anda tahu adalah seorang pecandu narkoba

Bagaimana sikap Anda dapat menolong teman Anda yang sedang mengalami pencobaan karena kecanduan narkoba.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr