Repot sekaligus serunya jadi Ayah baru

Kelihatannya mudah, namun kenyataannya mengasuh bayi tidak semudah yang saya bayangkan.

114 views   |   shares
  • Sebelumnya menjadi seorang ayah, saya sudah meriset cara atau tips bagaimana mengasuh anak -terutama bayi-. Kelihatannya mudah, namun kenyataannya mengasuh bayi tidak semudah yang saya bayangkan.

  • Yang paling sulit saat belajar menggendong dan memandikan anak

  • Ini adalah bagian tersulit menurut saya. Meskipun sebelumnya saya pernah menggendong keponakan yang berusia 1 tahun, namun ketika putra saya lahir tubuh mungilnya terlihat sangat rapuh sehingga membuat saya takut untuk menggendongnya apalagi memandikannya. Saya harus berhati-hati saat memegang kepalanya, menyangga belakang badannya hingga membuatnya merasa nyaman dalam dekapan saya. Sejauh ini, saya sudah cukup baik untuk menggendongnya. Namun sampai sekarang saya masih belum berani untuk memandikannya.

  • Bekerja sama dengan istri menjaga anak

  • Sebelumnya saya sangat tidak biasa mencuci, membersihkan ataupun tidur hingga larut malam. Namun setelah menjadi ayah, saya dan istri sepakat untuk bekerja sama merawat sang buah hati. Kami berbagi tugas, menyusun jadwal 'jaga malam', giliran mencuci baju dan botol susu anak hingga melakukan kegiatan rumah. Jika ada kesempatan seperti waktu libur, saya membantu membersihkan rumah. Meskipun hal itu menyita waktu dan menguras tenaga apalagi dengan seabrek kegiatan saya di kantor, namun sejauh ini hal itu tidak membuat saya terbebani dan saya menikmatinya.

  • Tidak ada lagi waktu untuk bersenang-senang

  • Saya adalah salah satu pria yang memiliki hobi bermain game dan bola. Hampir setiap hari, di sela waktu luang atau sepulang kerja saya akan menyempatkan diri untuk bermain game. Setiap akhir pekan pun saya juga memilki jadwal bermain bola bersama teman. Hal itu adalah hiburan bagi saya sebagai penghilang rasa bosan atau penat bekerja. Namun setelah menjadi ayah, saya tidak lagi dapat melakukannya. Meskipun begitu saya juga senang, karena sebagai penggantinya saya memiliki hiburan baru, yaitu menghabiskan waktu bersama si kecil.

  • Harus kerja lebih giat demi memenuhi kebutuhan anak

  • Salah satu yang menjadi PR baru bagi saya setelah memiliki anak adalah, pengeluaran untuk keluarga otomatis menjadi semakin banyak. Oleh karena itu, saya harus lebih giat lagi bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga terutama buah hati saya tercinta.

  • Meskipun menjadi seorang ayah merupakan hal baru dalam hidup saya, namun ada tahapan-tahapan di mana ketika saya pelajari, praktikkan dan berhasil saya lakukan, membuat saya merasa puas dan bangga pada diri sendiri. Meskipun tahu saya masih jauh dari predikat 'ayah hebat', namun menjadi seorang ayah bagi saya adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Sesulit apapun tantangan yang mungkin akan menghadang, saya akan terus berusaha menjadi ayah yang baik bagi keluarga saya.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Repot sekaligus serunya jadi Ayah baru

Kelihatannya mudah, namun kenyataannya mengasuh bayi tidak semudah yang saya bayangkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr