7 hal yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan anak laki-laki yang mandiri menghadapi kehidupannya kelak

Bila Anda memiliki satu atau beberapa anak lelaki maka Anda mungkin memikirkan apa saja yang penting untuk membantunya tumbuh menjadi kepala rumah tangga yang baik.

152 views   |   2 shares
  • Bila Anda memiliki satu atau beberapa anak lelaki maka Anda mungkin memikirkan apa saja yang penting untuk membantunya tumbuh menjadi kepala rumah tangga yang baik. Ini tentu saja berbeda dengan bila Anda memiliki anak perempuan. Anda mungkin akan mempersiapkannya dengan mengajarkan keterampilan berumahtangga seperti memasak, menjahit, menyuci dan sebagainya. Memang di zaman emansipasi sebetulnya tidak banyak perbedaan tentang siapa yang harus menunjang kebutuhan rumah tangga, namun biar bagaimana pun lelaki diharapkan mampu memenuhi semua itu. Apa saja yang dapat membantunya tumbuh seperti yang Anda harapkan?

  • 1. Bertanggungjawab

  • Sejak dini ajarkan kepada putra Anda arti tanggung jawab. Baik dia anak sulung atau anak bungsu dalam keluarga, sikap bertanggungjawab adalah penting. Bila Anda memberinya tugas, dia harus berusaha keras menyelesaikannya dengan baik. Dia boleh minta bantuan kepada Anda, tetapi jangan sampai menelantarkan tugas itu karena lebih suka bermain. Juga ajarkan dia untuk menjadi pelindung saudara perempuannya, dengan demikian dia mengerti bahwa dia harus melindungi orang yang lebih lemah.

  • 2. Rajin bekerja

  • Ini sangat penting untuk mengembangkan pengertian akan pentingnya bekerja. Tidak boleh ada yang bermalas-malasan di rumah. Berikan tugas sesuai dengan usianya. Dengan begitu anak-anak akan terbiasa untuk selalu rajin baik di sekolah maupun di rumah. Sesudah besar mereka juga merasa tidak enak untuk bermalas-malasan karena telah mendarah daging bagi mereka untuk bekerja keras.

  • 3. Beriman kepada Tuhan

  • Tidak ada yang lebih berharga dari mengajarkan hal ini kepada anak-anak Anda. Dengan rasa takut kepada Tuhannya mereka akan menjaga budi pekerti mereka. Menjadi orang yang rajin, pekerja keras dan jujur sehingga di mana pun mereka bekerja, mereka akan dinilai baik oleh atasannya. Sebaliknya mereka juga akan memberi teladan yang berharga bagi anak-anaknya. Rajin beribadat, menjalankan ajaran-ajaran agama dan menjadi orang yang soleh.

  • 4. Menghargai wanita

  • Sejak kecil ajarkan mereka untuk menjunjung tinggi martabat wanita. Berilah mereka pengertian bahwa mereka harus menilai wanita seperti ibu atau saudara perempuan mereka. Ajarkan mereka etika pergaulan dari hal-hal kecil seperti membukakan pintu mobil atau pintu rumah, membiarkan wanita lebih dulu masuk atau duduk dan lain-lain. Dengan perilaku seperti satria, mereka juga akan lebih berharga di mata wanita.

  • 5. Tidak mementingkan diri

  • Advertisement
  • Tidak ada sikap yang lebih mengesalkan daripada mementingkan diri sendiri. Karena itu ajarkan kepada putra Anda untuk berusaha mengalah dan lebih mementingkan keperluan orang lain. Dengan demikian putra Anda akan menghindari sikap tamak dan sombong. Biarkan orang lain merasa dirinya penting dan pada akhirnya menyadari bahwa putra Anda rendah hati dan baik budi.

  • 6. Jujur

  • Kejujuran adalah sifat yang membuat diri Anda dipercayai orang lain. Sekali Anda menipu atau berbohong, orang tidak akan lagi percaya kepada Anda. Karena itu penting sekali untuk mengajarkan dan menanamkan dalam-dalam di hati putra Anda supaya menjadi orang yang jujur.

  • 7. Pandai

  • Tidak ada salahnya menjadi orang yang pandai, waspada menghadapi kelicikan dunia dan dapat melindungi dirinya serta keluarganya dari penipuan orang jahat. Jangan selalu percaya begitu saja kepada orang yang belum dikenalnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

7 hal yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan anak laki-laki yang mandiri menghadapi kehidupannya kelak

Bila Anda memiliki satu atau beberapa anak lelaki maka Anda mungkin memikirkan apa saja yang penting untuk membantunya tumbuh menjadi kepala rumah tangga yang baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr