Menemukan Kebebasan dengan Hidup Sesuai Kemampuan Kita

Hutang adalah sebuah epidemi di seluruh dunia, bersamaan dengan pengertian “kaya” dan hampir sepertiga negara-negara di dunia dibebani oleh miliaran dollar hutang yang mereka pergunakan di luar batas kemampuan mereka.

3,215 views   |   1 shares
  • Hutang adalah sebuah epidemi di seluruh dunia, baik negara-negara "kaya" maupun negara-negara yang sedang berkembang terbebani pengeluaran miliaran dolar yang melebihi kemampuan mereka. Pengaruh dari hutang sangatlah melumpuhkan. Hal ini menciptakan siklus yang membelenggu peminjam dalam gaya hidup yang bergantung pada lembaga dan kebijakan yang tidak mengenal belas kasih.

  • “Hutang adalah sebuah susunan sosial dan ideologi, bukan suatu fakta ekonomi yang sederhana,” kata pakar ekonomi Noam Chomsky. Kesadaran akan susunan ini, dan dampaknya terhadap tingkat kebahagian dan kebebasan keluarga, dapat membantu manusia menghindari perangkap dari apa yang telah menjadi prosedur standar – keborosan.

  • Universitas Brigham Young di AS membagi penyebab hutang ke dalam 5 kategori: ketidaktahuan, kecerobohan, kewajiban, kebanggaan, dan kebutuhan. Dengan mengambil waktu untuk menemukan dan menyingkirkan karakteristik ini dalam pengelolaan uang, kita dapat berhasil membebaskan diri dari konstruksi ideologis dan batas-batas spiritual yang juga dapat menggangu aspek lain dari kehidupan kita. Tentu saja, sangat penting untuk diingat bahwa anak-anak dapat belajar dari teladan yang diberikan oleh orang tuanya. Menampilkan gaya hidup kepada anak-anak kita akan kebebasan keuangan adalah hadiah yang luar biasa untuk kesejahteraan mereka.

  • Salah satu perguruan tinggi di AS menunjukkan kebalikan karakter negatif menjadi karakter positif yang bermanfaat dalam pemulihan dari utang yang menumpuk, yaitu:

    • Ketidaktahuan >< Kebijaksanaan

    • Kecerobohan >< Ketepatan

    • Kewajiban >< Ketekunan

    • Kebanggaan >< Kerendahan hati

    • Kebutuhan >< Kemandirian

  • Tentu saja, hal di atas merupakan sebuah tujuan yang ingin kita capai. Memutuskan rantai hutang adalah sebuah proses bukan perubahan seketika. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memulai mengevaluasi pola pikir Anda mengenai pengeluaran sehingga Anda pada akhirnya akan dapat memutus rantai tersebut.

  • Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

  • Dalam hal apa keluarga Anda sering menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan? Apakah Anda telah menggunakan barang-barang dari pembelian Anda? Apakah Anda menghargai kualitas waktu dengan orang lain tanpa melibatkan uang belanja Anda? Mulailah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pengeluaran yang tidak diperlukan yang Anda gunakan dari sumber penghasilan Anda. Ketika Anda mengidentifikasi pengeluaran Anda berkenaan dengan kebebasan finansial Anda, Anda mungkin akan mulai membuat pilihan-pilihan yang berbeda dalam pembelian.

  • Advertisement
  • Anggaran

  • Anggaran adalah salah satu pilihan yang kurang digemari karena hal ini menuntut pengendalian diri yang terus menerus dan sulit untuk dipahami. Namun, membuat dan melakukan suatu anggaran keuangan adalah hal yang sangat mendidik, dan dapat mengarahkan kita ke tingkat yang lebih tinggi kebebasan finansial. Ada ribuan sumber mengenai cara membuat anggaran keuangan. Pilihlah salah satu dan pelajari lebih lanjut. Ingatlah bahwa ini adalah proses pembelajaran. Mulailah dengan menetapkan tujuan yang realistis. Dengan tujuan utamanya adalah untuk memastikan Anda tidak membuat pengeluaran lebih besar daripada pendapatan Anda. Dan ini adalah hal yang mungkin untuk kita lakukan!

  • Berikan waktu 24 jam sebelum melakukan pembelian

  • Ketika Anda akan melakukan pembelian untuk sesuatu yang besar atau pembelian lainnya yang tidak terdapat dalam anggaran rutin Anda, berikan waktu 24 jam sebelum Anda melakukan pembelian. Gunakan waktu ini untuk berpikir dan meninjau kembali pilihan Anda. Berdoa untuk kebutuhan Anda ini. Dan beritahukan keluarga dan teman-teman Anda. Beberapa waktu silam, televisi kami mengalami kerusakan dan perlu untuk diganti. Saya telah menemukan televisi baru untuk menggantikannya, namun saya membutuhkan kartu kredit untuk melakukan pembelian. Ketika saya menunggu satu hari dan memberitahu teman-teman saya bahwa keluarga kami sedang membutuhkan televisi, solusi lain muncul dengan sendirinya. Seorang teman saya mampir ke rumah saya dan mengantarkan televisi yang sudah tidak dipakai olehnya. Dengan memberikan waktu membuat Anda tidak melakukan pembelian secara impulsif atau hanya karena keinginan hati Anda yang nantinya akan Anda sesali dan juga kita berarti memberikan kesempatan untuk solusi yang akan muncul yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

  • Mengenali tujuan dan arah keluarga Anda

  • Bagaimana keluarga Anda mendefinisikan kata sukses? Evaluasi seberapa sering Anda melihat teman-teman Anda dan rekan satu kerja Anda sebagai petunjuk tentang bagaimana Anda harus berpakaian, mobil apa yang harus dimiliki, atau terbaru apa yang harus terus kita beli. Kembangkan pernyataan akan sebuah misi keluarga yang benar-benar mencerminkan sudut pandang Anda dan jagalah itu selalu. Menjadi selalu waspada akan iklan-iklan cerdik komersial yang dapat berpengaruh pada pengeluaran Anda.

  • Pertimbangkan hutang sebagai jalan paling terakhir untuk kita tempuh

  • Bencana kehidupan menyerang tiba-tiba. Kehilangan pekerjaan. Masalah kesehatan yang terjadi, dan ketika kehidupan menyajikan kita dengan tuntutan keuangan yang benar-benar membutuhkan sumber pendapatan tambahan. Sebelum berasumsi bahwa berhutang adalah satu-satunya jalan ke luar. Jadilah kreatif. Apakah ada komunitas atau sumber-sumber lainnya yang tersedia untuk membantu keluarga Anda pada masa-masa sulit Anda? Dapatkan Anda atau salah satu anggota keluarga Anda yang lain mencari pekerjaan paruh waktu untuk meringankan beban pengeluaran keluarga? Sekali lagi, Ingatlah setiap sen uang yang Anda hutang merupakan ancaman bagi kebebasan finansial dan spiritual Anda.

  • Advertisement
  • Beri selamat kepada diri Anda untuk minat Anda menjadi bebas dari ikatan pemborosan uang. Ketika Anda mulai mengetahui bahwa kesehatan keuangan keluarga Anda merupakan perpanjangan dari kesehatan mental dan spiritual Anda, Anda akan terus tumbuh menuju tingkat kebahagiaan yang lebih besar. Luangkan waktu Anda untuk bersyukur atas setiap kemajuan yang telah Anda capai sepanjang proses Anda menuju kebebasan finansial.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Finding freedom by living your means" karya Margaret Crowe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Menemukan Kebebasan dengan Hidup Sesuai Kemampuan Kita

Hutang adalah sebuah epidemi di seluruh dunia, bersamaan dengan pengertian “kaya” dan hampir sepertiga negara-negara di dunia dibebani oleh miliaran dollar hutang yang mereka pergunakan di luar batas kemampuan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr