Tips 'berdamai' dengan orangtua saat merancang pernikahan Anda

Kebahagiaan dalam pesta pernikahan tentu tidak sempurna, jika Anda dan orang tua berselisih dalam merancang momen bahagia ini.

206 views   |   shares
  • Mempersiapkan sebuah pernikahan seringkali stres dan melelahkan, membuat setiap yang terlibat di dalamnya menjadi tegang. Apalagi jika banyak pendapat, banyak pertimbangan dan lain sebagainya. Seringkali sumber perdebatan tidak hanya terjadi dengan pasangan saja tetapi juga kerap berasal dari para orang tua yang memiliki pemikiran tersendiri.

  • Sebagai anak, apa yang harus atau bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Bagaimana cara menjembatani keinginan dan harapan orang tua dalam merancang pernikahan impian Anda? Lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Utarakan pendapat Anda

  • Yang pertama harus dilakukan adalah, utarakan pendapat Anda dan bagaimana konsep pernikahan impian Anda. Diterima maupun tidak, sebaiknya cobalah untuk mediasi terlebih dahulu. Karena pada akhirnya Anda jugalah 'bintang utama' dalam acara pernikahan tersebut.

  • Berdiskusi dan mencari solusi

  • Setelah selesai mengutarakan pendapat, ganti dengarkan saran dan masukan orangtua Anda. Yakinlah mereka juga menginginkan yang terbaik untuk acara besar ini. Sebaiknya cari jalan tengah yang terbaik bagi kedua belah pihak agar tidak ada hal-hal yang dapat menyakiti perasaan setiap orang yang terlibat.

  • Mencoba mengalah tanpa merasa kecewa

  • Menikah adalah momen yang sakral dan sekali dalam seumur hidup. Setiap orang tentu memiliki harapan tersendiri bagaimana melaksanakan pernikahan impiannya kelak. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana orang tua juga memiliki impiannya sendiri pada pernikahan anaknya kelak? Tidak perlu langsung merasa kecewa dengan keputusan orangtua, namun sebaliknya berbanggalah karena orangtua Anda antusias terlibat dalah acara penting dalam hidup Anda. Mereka tentu ingin menjadi bagian dari momen indah tersebut.

  • Menyesuaikan keadaan

  • Tak bisa dipungkiri ada rasa kecewa ketika keinginan kita mempunyai pernikahan impian tidak terwujud. Hal ini tentu saja karena beberapa faktor yang memang harus dikesampingkan, tanpa membuang esensi dari kesucian sebuah pernikahan. Ada kalanya kita harus berlapang dada menerima kondisi tersebut. Bukan mengalah karena keinginan orang tua, tetapi lebih kepada berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak terlalu penting dan bisa ditutupi dengan hal lain yang lebih utama.

  • Percaya dengan keputusan orang tua

  • Pada dasarnya orang tua akan selalu berusaha melakukan apapun yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam perencanaan dan konsep acara pernikaha yang berlangsung. Sebagai anak yang akan direstui dan dipercaya untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Tidak ada salahnya momen tersebut kita serahkan kepada orang tua untuk menyiapkan segala sesuatunya. Biarkan mereka yang mengatur sedemikian rupa untuk merencanakan dan menata hari besar dalam hidup kita. Hari dimana mereka merasa bangga telah berhasil menjadi orang tua, dengan menikahkan dan membuat acara yang sesuai dengan keinginan mereka.

  • Advertisement
  • Lakukan poin-poin di atas, dan lihat bagaimana reaksi orang tua Anda. Ingatlah, semua orang tentu ingin saling membahagiakan, di momen yang indah seperti pernikahan Anda. Inilah saatnya Anda dapat membahagiakan orang tua, dan saat ini pula mereka tentu ingin terlibat menjadi pihak yang paling membahagiakan Anda. Jadikan momen pernikahan Anda sebagai saat-saat yang indah dikenang setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Bantu kami menyebarkan

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Tips 'berdamai' dengan orangtua saat merancang pernikahan Anda

Kebahagiaan dalam pesta pernikahan tentu tidak sempurna, jika Anda dan orang tua berselisih dalam merancang momen bahagia ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr