Kenali gejala hipertensi lebih awal dan cara menstabilkannya

Tidak tertutup kemungkinan hipertensi juga bisa diderita oleh kaum muda seperti Anda dan saya

105 views   |   1 shares
  • Pernahkah Anda memeriksakan diri ke dokter? Pemeriksaan standar kesehatan di klinik maupun rumah sakit yang dilakukan oleh tenaga kesehatan biasanya juga melakukan pemeriksaan tekanan darah dalam tubuh kita. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah tekanan darah kita termasuk rendah ataukah tinggi. Hipertensi atau yang disebut juga tekanan darah tinggi, merupakan penyakit yang banyak sekali diderita orang-orang yang sudah berumur lanjut tetapi tidak menutup kemungkinan juga diderita oleh kaum muda seperti Anda dan saya.

  • Jika Anda hari ini mungkin belum mengetahui banyak tentang hipertensi ini, akan sangat berguna jika Anda mulai mengenali seluk beluk tentang jenis penyakit ini. hipertensi tidak dapat diremehkan, akibat yang ditimbulkannya dapat bermacam-macam dari stroke hingga kematian pun dapat terjadi pada penderitanya.

  • Gejala yang dapat dirasakan oleh orang yang terkena hipertensi sangat mudah dikenali seperti:

    1. Sakit kepala atau pusing akibat tekanan darahnya naik ke batas tidak normal.

    2. Area wajah memerah

    3. Jantung berdebar-debar

    4. Pandangan kabur

    5. Kesemutan

    6. Sering buang air kecil

    7. Mudah merasa lelah

    8. Sering mengalami mimisan

    9. Memiliki perasaan yang sensitif

  • Sembilan gejala hipertensi ini cukup mudah dikenali dan dirasakan oleh penderitanya, namun akan menjadi lebih baik jika segera dilakukan pemeriksaan tekanan darah oleh dokter yang ahli dibidangnya. Sebab tekanan darah tinggi sering juga disebut sebagai penyakit yang umumnya para penderitanya justru tidak mengetahui bahwa mereka mengidap tekanan darah tinggi sebelum memeriksakan diri ke dokter. Faktor yang menyebabkannya pun bermacam-macam seperti gaya hidup yang tidak sehat, tingginya konsumsi garam, faktor usia bahkan tingkat stres.

  • Bagi Anda yang belum merasakan adanya gejala tekanan darah tinggi, penting untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu menjaga asupan makanan. Disarankan juga untuk menjauhi rokok dan minuman beralkohol, karena 2 hal ini tidak hanya membuat potensi terserang hipertensi semakin besar tetapi dapat juga memperbesar kemungkinan terserang kanker.

  • Namun bagi Anda yang telah didiagnosa menderita hipertensi, berikut beberapa asupan untuk membantu mengatasi penyakit ini:

  • 1. Jus belimbing

  • Selain rasanya yang enak, manfaat yang diberikan oleh jus belimbing dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Advertisement
  • 2. Buah mengkudu dan daun seledri

  • Berkhasiat sama seperti belimbing, namun berbeda dalam rasa saja ketika dikonsumsi.

  • Meski banyak sekali bahan alami yang dapat membantu dan mengobati hipertensi namun akan sangat dianjurkan untuk mengkonsultasikannya kepada dokter ahli agar tidak terjadi efek samping yang dikhawatirkan justru berbahaya bagi tubuh Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kenali gejala hipertensi lebih awal dan cara menstabilkannya

Tidak tertutup kemungkinan hipertensi juga bisa diderita oleh kaum muda seperti Anda dan saya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr