Menyandang status janda dan menepis pandangan negatif di tengah masyarakat. Bagaimana caranya?

Perilaku seseorang menentukan bagaimana pandangan masyarakat terhadap dirinya, namun 'gelar' janda seringkali berkonotasi negatif, karena itu mereka harus lebih berhati-hati dalam bertindak.

413 views   |   1 shares
  • Perilaku seseorang menentukan bagaimana pandangan masyarakat terhadap dirinya, namun gelar janda seringkali berkonotasi negatif, karena itu mereka harus lebih berhati-hati dalam bertindak. Katakanlah seorang istri yang mengobrol dengan tetangga prianya tidak akan takut dikira ingin merebut suami orang, tetapi bila yang melakukan itu seorang janda, jangan-jangan istri pria itu mengintip dari jendela dengan penuh kecurigaan. Bagaimana seorang janda harus menyaring tingkah lakunya agar tidak membuat wanita lain cemburu. Khususnya wanita yang bercerai, jika dia janda karena ditinggal mati suami, mungkin orang-orang masih menaruh iba, namun jika karena perceraian, biasanya orang lebih menilai buruk.

  • Dandanan

  • Nah ini yang harus dijaga baik-baik, jangan sampai berdandan berlebihan seperti pemain wayang orang. Pilihlah warna yang lembut untuk rias mata dan bibir, juga pipi tidak perlu diberi pewarna yang menor. Rambut jika ingin dicat, pilihlah warna yang hampir mirip dengan warna aslinya, tidak perlu dicat pirang seperti Marylin Monroe.

  • Pakaian

  • Di samping dandanan, pakaian juga penting dan dapat memberi kesan buruk. Hendaknya disesuaikan dengan usia, walau terkenal sebagai janda kembang janganlah berpakaian seperti ABG. Rok mini yang sangat pendek atau celana pendek yang memperlihatkan sebagaian pantat, lalu kaos kutang yang berpotongan rendah, semua itu hanya akan membuat mulut tetangga berceloteh. Selain tidak sedap dipandang mata, wanita seperti itu cuma akan menarik lirikan si mata keranjang.

  • Pergaulan

  • Tidak dapat disalahkan bila seorang janda merasa kesepian dan haus kasih sayang seorang pria. Namun sebaiknya dia tidak membawa pria sampai larut malam di rumahnya dan jangan berganti-ganti pasangan seperti berganti baju, orang-orang akan menilai negatif hal ini. Tidak perlu memamerkan pasangan Anda dengan berjalan menggelendot di sampingnya. Cukup berpegangan tangan dan tidak melakukan PDA (public display of affection alias pamer pacaran). Sebagai orang Timur banyak nilai sopan santun yang harus dijaga, apalagi bila Anda seorang janda.

  • Tonjolkan amal bakti

  • Penilaian negatif masyarakat dapat dikikis dengan kebaikan perilaku Anda. Misalnya Anda rajin membantu tetangga yang berhajat atau sedang berdukacita. Anda juga mengamalkan banyak bakat Anda untuk mengajar ibu-ibu di lingkungan Anda. Bukan berarti Anda harus selalu menyumbangkan banyak uang untuk keperluan ini itu, melainkan Anda dapat mengajarkan kepandaian memasak, menjahit atau merajut.

  • Advertisement
  • Rajin beribadah

  • Bila orang melihat Anda selalu berpakaian sopan dengan tatarias sederhana dan rajin melakukan ibadat, mereka akan menaruh hormat kepada Anda serta mengikis kecurigaan serta kesan negatif mereka. Anda dapat rajin mengikuti pengajian ibu-ibu atau pergi ke gereja di hari Minggu, tergantung agama dan kepercayaan Anda. Melihat itu orang akan menganggap Anda wanita teladan yang patut dihormati.

  • Tidak pamer

  • Seandainya Anda mempunyai banyak harta peninggalan dari suami Anda, Anda tidak perlu memamerkan hal itu. Pakailah mobil yang sederhana, hindari tas atau sepatu bermerk yang harganya jutaan dan perhiasan tidak perlu dikenakan jika tidak ke pesta. Bahkan bila Anda ke pesta Anda tidak perlu memberi kesan bahwa Anda mempunyai toko emas, cukup anting yang mungil atau kalung yang manis. Anda tidak ingin orang merasa iri dan berbicara yang bukan-bukan tentang diri Anda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menyandang status janda dan menepis pandangan negatif di tengah masyarakat. Bagaimana caranya?

Perilaku seseorang menentukan bagaimana pandangan masyarakat terhadap dirinya, namun 'gelar' janda seringkali berkonotasi negatif, karena itu mereka harus lebih berhati-hati dalam bertindak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr