‘Mau lagi?’ atau ‘Sudah selesai?’ Mengajar Bayi untuk Menggunakan Bahasa Isyarat

Orang tua dianjurkan untuk mencoba dan mengenali kebutuhan mereka dengan isyarat tubuh dan tangisan,

954 views   |   shares
  • Mencoba untuk mencari tahu kebutuhan bayi adalah tantangan yang cukup berat. Beberapa anak tidak dapat sepenuhnya berkomunikasi dengan kata-kata sampai usia 2 tahun atau lebih. Orang tua dianjurkan untuk mencoba dan mengenali kebutuhan mereka dengan isyarat tubuh dan tangisan, memang mengerti kebutuhan bayi tidaklah mudah. Jika Anda ingin membantu berkomunikasi dengan bayi Anda, cobalah berisyarat dengan bayi Anda. Berisyarat sebenarnya lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

  • Anda pun harus belajar berisyarat

  • Beberapa minggu sebelum Anda ingin mulai mengajar bahasa isyarat pada bayi Anda, belajarlah dulu sendiri. Saya sarankan untuk mulai dengan tanda-tanda isyarat yang bayi kecil sering gunakan. Seperti "mau lagi," "sudah selesai," "susu", "mama", "makan," "buku," "tidur" dan "bangun." Anda dapat meminjam beberapa buku di perpustakaan setempat (buku-buku yang ditujukan untuk orang dewasa atau anak-anak), pinjamlah DVD seperti film seri “Signing Time”, atau belajar bahasa isyarat dari sumber online. Pastikan untuk menemukan bahan-bahan yang ditujukan secara khusus untuk bayi. Bahasa isyarat untuk bayi telah disederhanakan sedemikian rupa sehingga anak-anak kecil dapat melakukannya.

  • Mulailah sejak dini

  • Bayi Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari bahasa isyarat jika mereka dapat menggunakan isyarat-isyarat itu dengan baik sebelum mereka mulai berbicara. Saya mulai berisyarat dengan anak-anak saya saat mereka mulai makan makanan bubur bayi, yaitu sekitar enam bulan. Saat Anda memberi mereka makan, tanyakan apakah mereka "mau lagi" dengan menggunakan isyarat. Jangan memperkenalkan terlalu banyak bahasa isyarat untuk bayi Anda. Gunakan satu atau dua isyarat untuk satu atau dua minggu, dan kemudian tambahkan beberapa isyarat lagi. Pastikan untuk berbicara agak keras saat Anda menggunakan bahasa isyarat dan cobalah untuk menggunakannya beberapa kali. Jika Anda mulai mengajarkan bahasa isyarat kepada anak yang agak besar, mereka akan belajar bahasa isyarat jauh lebih cepat daripada bayi kecil, mungkin dalam satu atau dua hari anak-anak yang agak besar akan mulai menguasainya.

  • Harus selalu konsisten

  • Jadikan bahasa isyarat sebagai sarana untuk berinteraksi dengan bayi Anda setidaknya beberapa kali sehari. Doronglah pasangan Anda atau pengasuh lainnya untuk menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan bayi Anda. Jika bayi Anda punya kakak, mintalah bantuan mereka juga. Percakapan dengan bayi Anda saat makan bisa jadi seperti ini, "mau minum? mau susu? Ini susu buat adik. Sudah selesai? Mau susu lagi?. "Terima kasih." Kata-kata yang berisyarat adalah "minum" ,"susu," ,"mau lagi?" dan "terima kasih."

  • Advertisement
  • Sabar

  • Jangan berharap bayi Anda yang berusia 7 bulan untuk menguasai bahasa isyarat dalam satu atau dua minggu. Bayi saya biasanya mulai berisyarat di sekitar usia 8 atau 9 bulan. Mereka mungkin tidak bisa meniru persis bahasa isyarat seperti yang Anda ajarkan. "mau lagi" dapat diisyaratkan hanya dengan jari telunjuk saling menyentuh, dan "terima kasih" dapat diisyaratkan dengan menyentuh jari di dekat mulut Anda dan kemudian menurunkan jari tersebut. Bayi sebenarnya mengerti lebih banyak dari yang mereka bisa katakan, jadi bersabarlah selagi anak-anak Anda belajar bahasa isyarat. Jika mereka menggunakan bahasa isyarat, berkomunikasilah dengan mereka dengan mengisyaratkan kata-kata Anda.

  • Turutilah bayi Anda

  • Jika bayi Anda tampaknya tidak tertarik untuk berisyarat, coba lagi dalam beberapa minggu. Sebaliknya, seorang anak yang menikmati bahasa isyarat mungkin ingin belajar lebih banyak isyarat-isyarat yang lebih sedikit sulit. Jika anak Anda tertarik dengan bahasa isyarat, bantulah dia untuk belajat isyarat-isyarat yang baru. Ajarkan dia isyarat-isyarat tentang hal-hal yang menarik perhatian dia seperti "bola" atau "anjing."

  • Perlancar bahasa isyarat dengan belajar bersama

  • Jika Anda tidak berisyarat secara konsisten, bayi Anda pun tidak akan berisyarat secara konsisten. Pinjamlah buku-buku dari perpustakaan dan bacalah dan berisyarat bersama-sama. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk belajar isyarat-isyarat baru. Meskipun sekarang anak saya sudah bisa berbicara dengan baik, dia masih akan selalu menggunakan bahasa isyarat untuk "mau lagi" saat dia benar-benar menginginkan sesuatu.

  • Bahasa isyarat sebenarnya sangatlah sederhana dan mudah untuk digunakan. Bahasa isyarat membuka pintu baru untuk berkomunikasi dengan bayi. Bayi Anda tidak akan begitu rewel dan Anda tidak akan bertanya-tanya, "Apa yang dia butuhkan?" Bayi Anda dapat dengan mudah memberitahu Anda dengan menggunakan isyarat untuk menunjukkan hal yang dia inginkan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “'More' or 'all done?' Teaching your baby to sign" karya Amy Peterson.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Amy M. Peterson, a former high school English teacher, currently lives in Oregon with her husband and four children. She spends her days writing, reading, exercising and trying to get her family to eat more vegetables.

‘Mau lagi?’ atau ‘Sudah selesai?’ Mengajar Bayi untuk Menggunakan Bahasa Isyarat

Orang tua dianjurkan untuk mencoba dan mengenali kebutuhan mereka dengan isyarat tubuh dan tangisan,
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr