Yuk kenali 'silent killer' ini sebelum terlambat

Kanker payudara, 'pembunuh' yang mengintai tidak hanya wanita namun juga para pria. Kenali dan deteksi sebelum terlambat!

14,569 views   |   43 shares
  • Beberapa tahun belakangan ini jumlah pengidap kanker payudara semakin meningkat. Ini adalah jenis tumor ganas yang menyerang sel-sel di payudara. Kebanyakan berpendapat hanya kanker paru yang memiliki angka kematian tertinggi, seperti pula kebanyakan beranggapan hanya wanita yang dapat mengidap kanker payudara. Keduanya tidaklah tepat. Ya, kanker paru-paru memiliki prevelensi tertinggi karena tingginya gaya hidup buruk. Akan tetapi, kanker payudara yang juga menempati angka tinggi, tidak hanya dipengaruhi oleh gaya hidup buruk saja karenanya lebih sulit dihindari. The American Cancer Society menuliskan perkiraan kanker payudara pada penduduk pria di Amerika tahun 2017 sebesar 2470 kasus baru dengan kemungkinan 460 kasus berujung pada kematian. Bagi wanita, kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker.

  • Nah, walau merupakan jenis kanker yang mematikan namun tetap dapat dicegah dengan deteksi sejak dini. Sudahkan Anda mengenal cara-cara untuk menghindarkan diri dari bahaya kanker payudara? Berikut di antaranya:

  • 1. Perbedaan nyeri di payudara

  • Rasa nyeri pada payudara biasanya disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita sebelum atau pada saat Anda mengalami mentruasi dan biasanya nyeri akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan wanita sebelum menopause pun terkadang terserang rasa nyeri di payudara dan tidak sesudahnya. Apakah nyeri payudara berarti terkena kanker payudara? Ketahuilah bahwa rasa nyeri di payudara bukan gejala umum kanker payudara. Namun bila muncul benjolan yang disertai rasa nyeri, segeralah memeriksakan diri ke dokter guna mengatasi masalah tersebut lebih dini.

  • 2. Pembengkakan

  • Pembengkakan kelenjar di ketiak dapat mengindikasikan adanya cedera atau infeksi di tangan dan payudara. Kanker payudara juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar di ketiak dan biasanya tidak menimbulkan nyeri dan tumbuh lebih lambat daripada yang berhubungan dengan infeksi. Namun Anda perlu memeriksakan diri ke dokter bila pembengkakan tidak kembali normal dalam beberapa minggu setelah sembuh dari suatu infeksi.

  • 3. Bentuk dan ukuran payudara berubah

  • Periksa dengan seksama apakah ada keanehan dari salah satu payudara Anda. Mungkin lebih besar ukurannya? Seringkali terjadi bukan hanya satu tetapi kedua bentuk payudara dan ukuran menjadi berubah tanpa sebab. Bentuk payudara Anda yang sebelumnya mancung, berubah menjadi terkulai. Segera konsultasikan ke dokter Anda.

  • Advertisement
  • 4. Perhatikan 'benjolan'

  • Biasanya benjolan pada kanker payudara terasa keras dan berbeda dengan daerah di sekitar payudara Anda. Jika ditekan, benjolan tidak bergeser dan sering tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan terjadi karena sel-sel dalam payudara mulai tumbuh secara tidak normal. Perkembangan sel kanker lebih cepat dari sel normal, sehingga menimbulkan benjolan tersebut di atas.

  • 5. P erubahan warna pada permukaan kulit dan puting

  • Apakah puting susu Anda tertarik ke bagian dalam? Atau ada cairan bening/putih ke luar tanpa sebab yang jelas meski Anda tidak sedang menyusui. Keadaan permukaan payudara berkerut meski Anda belum di usia menopause, begitu pula timbul rasa gatal dan perubahan warna permukaan kulit pada bagian tertentu di payudara. Hal-hal tersebut patut diwaspadai hingga sebaiknya segera periksakan kondisi payudara Anda. Seringkali jika cairan yang ke luar berwarna merah darah, bisa dikaitkan dengan kondisi kanker yang sudah dalam fase stadium lanjut.

  • 6. Mamografi

  • Penting bagi para wanita terutama, untuk melakukan mamografi rutin setiap tahun atau dua tahun sekali setelah berusia empat puluh tahun ke atas. Alat mamografi memang menggunakan radiasi, namun hanya dalam jumlah yang sangat kecil hingga tidak menyebabkan kanker. Alat ini sanggup mendeteksi adanya benjolan dalam kelenjar payudara lebih awal sebelum kanker menjadi masalah pada payudara Anda.

  • 7. Apakah wanita saja yang terserang kanker payudara?

  • Penyakit kanker bukan monopoli wanita, pria pun bisa mengalaminya. Kenyataan yang sering terjadi, kanker payudara pada pria terdeteksi pada saat kondisi sudah parah. Karenanya kenali sejak dini gejalanya dan segera periksakan diri Anda agar nyawa dapat terselamatkan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Yuk kenali 'silent killer' ini sebelum terlambat

Kanker payudara, 'pembunuh' yang mengintai tidak hanya wanita namun juga para pria. Kenali dan deteksi sebelum terlambat!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr