Cara orangtua bijak menghadapi hal-hal memalukan yang dilakukan anaknya

Menemukan salah seorang anak Anda melakukan tindakan yang memalukan seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Jangan menyerah, lakukan langkah-langkah ini guna menghadapinya.

715 views   |   8 shares
  • Semua orang tentu pernah merasakan mimpi buruk. Betapa sesak rasanya saat mengalami kejadian dalam mimpi tersebut, lalu kelegaan seketika saat terbangun dari mimpi tersebut.

  • Nah, mengetahui bahwa buah hati Anda melakukan atau terlibat dalam tindakan yang memalukan juga layaknya mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Sebelum terlarut dalam kemarahan dan kesedihan, sepahit apapun kejadiannya janganlah menyerah. Berpikir dingin dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • 1. Bedakan antara pelaku dan perilaku

  • Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah tenang. Berpikir dengan kepala dingin akan membuat Anda dapat lebih mudah memilah masalah. Bedakan mana pelaku mana perilaku. Anda boleh membenci perbuatannya tetapi bukan pelakunya. Putra atau putri Anda kini sedang tertimpa masalah, pasti ia juga merasa sedih (bahkan lebih daripada Anda). Jika orangtua merespons dengan kemarahan dan caci maki, maka tentu hal ini akan membuat anak Anda merasa sedih dan tidak akan menolong masalah sebenarnya. Tetaplah memperlakukan anak dengan kasih sayang.

  • 2. Berpikir sehat dan realistis

  • Konsekuensi dari perbuatan anak Anda bisa bermacam-macam. Ditangkap polisi, mengalami kehamilan, menyebabkan orang lain terluka atau bahkan meninggal, dikeroyok dan sebagainya. Apapun kejadian dan akibatnya, sebaiknya Anda tetap bersikap tenang dan tidak menyalahkan siapapun. Dengarkan alur kejadiannya lalu berunding dengan keluarga atau orang lain yang ahli dalam bidang tersebut untuk memutuskan langkah menyelesaikan masalah. Realistis berarti berani menghadapi kenyataan tanpa harus berusaha menyembunyikan atau bahkan menutup-nutupi kesalahan.

  • 3. Relakan anak menjalani 'hukumannya'

  • Ada banyak kisah mengenai cara-cara orangtua menempuh jalan yang keliru agar anaknya tidak ditahan pihak berwajib, diadili di pengadilan, atau akibat lain yang bisa memalukan keluarga. Pendekatan ini tidak menolong si anak menyesali perbuatannya. Biarkan dia menjalani proses hukum dan segala konsekuensinya. Bila kasusnya berat dan melalui pengadilan, siapkan bantuan hukum untuk membantu agar si anak menerima keputusan hakim yang seadil-adilnya.

  • 4. Sabar

  • Anda akan menemukan beragam reaksi orang lain saat mengetahui masalah yang menimpa keluarga Anda. Ada yang simpati dan memberikan dukungan moril, namun ada saja yang bergunjing dan berusaha mengecilkan keluarga Anda. Dalam masa yang sulit ini, kesabaran Anda diuji. Sabar bukan berarti pasrah tanpa berusaha. Tetap berusaha untuk memperkecil dampak buruk yang terjadi serta memperbaiki apapun yang telah rusak.

  • Advertisement
  • 5. Bersedia meminta maaf

  • Syarat mutlak bagi si pelaku untuk meminta maaf. Anda sebagai orangtua perlu menemani anak sewaktu ia meminta maaf, jika hal ini dapat menolong meredamkan suasana dan memperkecil masalah yang akan timbul. Bila perlu Anda pun ikut meminta maaf sebagai wujud rasa tanggung jawab keluarga atas perbuatan buruk si anak. Suasana saling memaafkan dapat membuat beban lebih ringan baik si pelaku, yang 'dilukai' dan keluarganya.

  • 6. Berunding mencari jalan keluar yang terbaik

  • Usahakan semua yang terlibat dalam masalah dapat duduk bersama dan berunding mencari solusi terbaik tanpa mengorbankan pihak manapun. Lakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Sejauh perilakunya tidak memenuhi unsur pidana, jalur musyawarah adalah pilihan yang tepat.

  • Perjalanan hidup tidak selamanya mulus. Hal-hal buruk bisa datang kapan saja. Persiapkan mental dan spiritual Anda untuk menghadapi masa-masa sulit yang mungkin saja menimpa Anda dan keluarga.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Cara orangtua bijak menghadapi hal-hal memalukan yang dilakukan anaknya

Menemukan salah seorang anak Anda melakukan tindakan yang memalukan seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Jangan menyerah, lakukan langkah-langkah ini guna menghadapinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr