Hal-hal yang harus Anda mulai dari sekarang jika ingin memberikan tempat tinggal yang baik untuk anak dan cucu kelak

Macan mati meninggalkan belangnya, manusia mati meninggalkan warisan untuk anak cucunya. Apa yang ingin Anda wariskan kepada anak cucu Anda?

220 views   |   3 shares
  • Macan mati meninggalkan belangnya, manusia mati meninggalkan warisan untuk anak cucunya. Warisan macam apa yang ingin Anda tinggalkan untuk anak cucu Anda? Bukan saja warisan dalam bentuk harta benda melainkan pendidikan dan karakter yang Anda bina dari sejak mereka kecil. Bahkan orang paling kaya di dunia, Bill Gates, tidak ingin mewariskan kekayaannya kepada anak cucunya. Sebagai orangtua, dia dan istrinya, sudah menentukan bahwa anak-anak mereka harus memperoleh segala harta dari susah payah mereka sendiri.

  • Pendidikan

  • Sejak kecil tanamkanlah dalam hati mereka minat untuk mencari pendidikan yang setinggi mungkin. Tidak ada yang dapat membantu mereka pada saat mereka dewasa selain pendidikan yang mereka raih. Sebagai orangtua tugas Anda adalah memungkinkan mereka masuk ke perguruan tinggi. Karena itu Anda harus mempersiapkan biaya untuk itu sejak mereka lahir. Tabungan, bimbingan untuk bekerja, dan sebagainya adalah awal yang penting untuk pendidikan mereka. Jika mereka tidak berminat ke perguruan tinggi, dan menunjukkan minatnya ke bidang lain, gemblenglah mereka di bidang itu supaya tidak mereka lakukan dengan setengah hati saja. Berikan dukungan Anda dan ikutlah mencari jalan supaya mereka dapat berhasil.

  • Asuhan

  • Ajarkan supaya mereka rajin bekerja, mulailah sejak kecil mendidik mereka bekerja di rumah. Biarkan mereka memahami bahwa dengan bekerja mereka dapat meraih sesuatu. Tanamkan dalam-dalam di hati mereka bahwa bekerja adalah sesuatu yang mulia. Jika mereka menginginkan suatu benda, berilah jalan agar mereka dapat bekerja untuk membeli barang itu. Jangan memberikannya begitu saja sebagai hadiah. Pupuklah keinginan dalam hati mereka untuk memperolehnya dengan jerih payah mereka sendiri. Supaya mereka bangga bahwa mereka dapat meraih keinginan mereka dengan cucuran keringat mereka sendiri.

  • Iman

  • Tanamkan ajaran agama supaya mereka berpekerti luhur, jujur, dan suka membantu orang lain. Dengan bimbingan iman mereka akan menghargai hal-hal yang baik di dunia ini. Mereka akan sadar bahwa mereka harus menempuh jalan yang jujur untuk mencapai sesuatu yang besar. Tidak ada warisan yang lebih besar daripada semua ini. Iman juga akan menuntun mereka dalam keadaan yang sulit supaya mereka tidak mudah putus asa dan tekun dalam segala hal.

  • Teladan

  • Tidak ada ajaran yang lebih kuat daripada teladan. Anak-anak akan melihat bahwa orangtua mereka rajin bekerja, beriman kepada Tuhan, jujur dalam segala hal dan mereka akan mengikuti teladan ini. Bila mereka sudah menjalani jejak Anda namun mereka tidak seberhasil Anda, mereka akan mengerti bahwa tidak semua orang mendapat hasil yang sama dalam hidupnya. Iman mereka akan mengajar mereka untuk bersyukur dan tidak menyesali hal ini.

  • Advertisement
  • Humor

  • Ajarkan juga supaya mereka dapat melihat segala sesuatu dari segi humor. Dengan demikian mereka tidak akan cepat kesal atau putus asa bila ada kejadian yang tidak menguntungkan. Orang yang memiliki humor juga lebih disukai dalam pergaulan karena mereka tidak cepat marah.

  • Martabat

  • Dengan memiliki martabat yang tinggi, mereka akan lebih percaya diri dan tidak akan merendahkan martabat mereka dengan melakukan hal-hal yang buruk. Berilah mereka bimbingan untuk memiliki rasa percaya diri ini. Sebagai orangtua Anda dapat menuntun mereka dengan mengaji kejadian-kejadian atau prestasi yang mereka capai. Ajarkan mereka untuk memahami bagaimana perasaan mereka waktu mereka berprestasi atau ketika mereka gagal melakukan sesuatu.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hal-hal yang harus Anda mulai dari sekarang jika ingin memberikan tempat tinggal yang baik untuk anak dan cucu kelak

Macan mati meninggalkan belangnya, manusia mati meninggalkan warisan untuk anak cucunya. Apa yang ingin Anda wariskan kepada anak cucu Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr