5 cara merawat kulit terbakar matahari pada anak dengan bahan-bahan alami

Anda tidak perlu harus mengandalkan krim-krim buatan yang dijual di toko untuk mencegah kulit terbakar, ada banyak bahan alami di rumah yang dapat Anda manfaatkan.

470 views   |   2 shares
  • Anda tidak perlu harus mengandalkan krim-krim buatan yang dijual di toko untuk mencegah kulit terbakar, ada banyak bahan alami di rumah yang dapat Anda manfaatkan. Selain harganya lebih murah daripada krim yang di toko, bahan-bahan di bawah ini mempunyai banyak manfaat di samping melindungi kulit supaya tidak mudah terbakar ketika terkena sinar matahari.

  • Saus tomat

  • Bukan Anda harus mengoleskan saus tomat ke badan anak Anda sehingga dia merah legam, melainkan berilah dia makan dengan 3 sendok makan saus tomat selama 12 hari. Saus tomat mengandung zat yang bernama lycopene yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Makan tomat segar tidaklah memberi manfaat yang lebih besar. Tomat yang sudah diproses seperti saus tomat mengandung lebih banyak lycopene.

  • Salmon

  • Masalahnya ikan salmon dan udang makan banyak ganggang yang mengandung zat astaxanthin. Zat ini bahkan lebih berharga daripada retinol. Hewan yang makan ganggang yang mengandung astaxanthin memiliki warna merah pada dagingnya seperti udang, salmon dan burung flamingo (bangau) yang merah jambu. Zat ini melindungi kulit dari sengatan matahari seperti yang ditunjukkan oleh studi terhadap sel kulit manusia yang disuntik dengan astaxanthin. Cobalah dengan menyantap hidangan paha flamingo merah jambu. Atau kalau cara ini terlalu langka, makanlah banyak-banyak cincau yang sering dipakai untuk bahan es campur.

  • Vitamin D

  • Anda dapat memberi anak Anda pil vitamin D atau mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Kedua cara ini melindungi kulit anak Anda dari sengatan sinar matahari. Memang aneh cara alami ini, memperoleh vitamin D dari sinar matahari untuk melindungi kulit dari kebanyakan sengatan sinar matahari.

  • Omega 3

  • Vitamin ini juga sangat baik untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Studi yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa Omega 3 bahkan dapat mencegah kanker kulit.

  • Lidah buaya

  • Tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini sangatlah bermanfaat untuk berbagai hal. Dulu kita mengenalnya sebagai penyubur rambut, namun sekarang malah diproduksi sebagai bahan minuman dengan berbagai rasa. Minuman ini konon efeknya dapat mendinginkan badan atau menurunkan suhu badan yang tinggi. Seorang teman penulis bahkan memakainya ketika jari kakinya terpotong dalam. Dia kupas kulit lidah buaya yang hijau dan diambilnya daging yang putih bening untuk ditempelkan ke lukanya. Beberapa hari kemudian jari kakinya sembuh tanpa meninggalkan bekas luka yang buruk. Kesulitannya mungkin bila kita mengoleskan lidah buaya ke kulit untuk melindungi dari sengatan sinar matahari. Ketika anak Anda masuk ke air, olesan itu akan cepat hilang tersapu air.

  • Advertisement
  • Selain bahan-bahan di atas, tentu saja Anda dapat melindungi anak Anda dari sengatan matahari dengan memakai payung atau topi. Baju lengan panjang dapat dikenakan bila mereka bermain di pantai atau berenang. Baju ini diciptakan dari bahan yang ringan dan serat anti UV50 yang melindungi tubuh anak dari sengatan sinar matahari sehingga ketika berenang tidak akan membebani tubuh anak.

  • Sesudah menelan atau menyantap bahan-bahan di atas Anda juga perlu memerhatikan keadaan tubuh anak-anak Anda. Begitu melihat kulit mereka kemerahan, ajaklah mereka ke tempat teduh supaya kulit mereka tidak terbakar lebih parah. Bila terlanjur terbakar, oleskan lidah buaya ke kulit mereka sehingga cepat sembuh.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 cara merawat kulit terbakar matahari pada anak dengan bahan-bahan alami

Anda tidak perlu harus mengandalkan krim-krim buatan yang dijual di toko untuk mencegah kulit terbakar, ada banyak bahan alami di rumah yang dapat Anda manfaatkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr