Belajar Menyukai Badan Anda

Badan kita perlu kasih seperti bagian lain dari kita.

1,261 views   |   shares
  • Badan Anda tidak sempurna, begitu juga badan saya dan badan ibu, saudara, maupun tetangga Anda. Sedangkan gadis yang tampangnya seperti foto-foto di majalah, yah, badannya agak sempurna. Tapi dia tidak ada urusan dengan pendapat Anda tentang badan Anda sendiri. Berikut ini ada beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat bersikap lebih optimistik, terilhami, realistik, dan praktis sewaktu Anda langkah demi langkah berusaha makin menyukai bagian fisik dari "Anda."

  • Gantikan pesimisme dengan sikap positif

  • Badan kita perlu kasih seperti bagian lain dari kita. Bila kita menyadari kita tidak menunjukkan kasih cukup banyak, langkah pertama ialah menyembuhkan kerusakan yang sudah terjadi dan mulai dengan halaman baru. Ubahlah pandangan Anda dengan menggantung foto seseorang yang mencintai Anda tanpa syarat. Mungkin foto orang tua, pasangan hidup, atau gambar Tuhan yang Anda sembah. Beri foto itu tulisan "Bagiku engkau selalu menawan." Saya mempunyai gambar seperti ini di cermin kamar mandi saya waktu kuliah. Setiap hari gambar ini mengingatkan bahwa saya pantas untuk dikasihi dan penting untuk memiliki sifat-sifat seperti kesabaran, baik hati dan ketangguhan. Tak peduli apa pendapat orang lain, selalu ada yang menyatakan kebenaran ini, bahwa saya cantik secara keseluruhan.

  • Berdoa

  • Badan Anda adalah suatu karunia. Tanpa itu, tidak ada panca indra maupun kenyamanan jasmani. Mengenali kemampuan badan Anda dengan rasa syukur dan rendah hati membawa hati Anda ke tempat yang benar. Selain itu juga pengakuan Anda kepada Yang Maha Kuasa bahwa Anda merasa frustasi dan butuh bantuan akan mendatangkan perasaan kasih. Perubahan yang Anda buat akan tetap bertahan bila Anda melakukannya karena kasih dan bukan kewajiban. Ini berlaku untuk perubahan macam apa pun, bukan hanya untuk usaha Anda menyukai badan Anda. Cobalah, pasti berhasil.

  • Buatlah perubahan kecil yang masuk akal

  • Sebaliknya dari berusaha melakukan perubahan sama yang sudah Anda coba bertahun-tahun, mulailah dari yang kecil saja. Bila Anda ingat untuk minum air dan bukan soda, atau pergi ke tempat senam, berilah tepukan di bahu Anda untuk sukses ini. Bila Anda tidak berhasil dalam hal ini, ingatkan diri Anda bahwa semua keberhasilan yang dulu tidak batal karena kesalahan yang satu ini.

  • Anda mungkin perlu berpakaian rapi setiap hari. Sulit untuk menyukai badan yang ditutupi baju lusuh sejak kemarin. Berpakaian rapi merupakan penghargaan bagi badan Anda sendiri. Begitu Anda melakukan itu, akan lebih mudah melakukan hal-hal lain yang menunjukkan kasih.

  • Advertisement
  • Meregang

  • Saya suka meregang karena membantu badan saya bila terasa kaku atau gelisah. Juga membantu bila saya mengantuk karena duduk terlalu lama. Pendeknya bila otot saya tidak membuat saya kesal, badan saya lebih bisa diajak kerja sama dan lebih mudah disukai. Carilah di komputer dan Anda akan menemukan banyak situs yang mengajarkan senam lantai, lengkap dengan petunjuk dan gambar. Jika Anda menderita sakit otot di bagian badan tertentu, carilah senam untuk mengatasinya lebih dulu. Ini merupakan langkah pertama untuk memiliki badan yang lebih luwes dan lebih nyaman.

  • Mungkin Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai hal baru yang menyangkut kesehatan Anda. Dia dapat memberi nasihat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, atau mungkin hanya memberi persetujuan.

  • Bersama suami Anda berikan definisi baru dari "seksi."

  • Media memberitahu kita berulang kali bahwa seksi adalah peragawati yang tinggi langsing, berambut panjang, dengan bibir yang menawan dan tatapan mata yang tajam. Saya tidak percaya itu! Salah satu hal yang menenangkan pikiran dalam perkawinan ialah bahwa seksi didefinisikan hanya antara suami dan istri. Jangan lagi membandingkan diri Anda dengan orang lain!

  • Salah satu hal pertama yang saya perhatikan tentang suami saya ialah kegagapannya. Dia suka rambut saya yang berombak walau saya sendiri tidak suka. Hal-hal ini biasanya bukan merupakan daya tarik. Tetapi itulah yang membuat kami unik dan mengingatkan kami akan keintiman hubungan kami. Dalam pernikahan Anda sebagian dari alasan-alasan yang membuat Anda menarik bagi pasangan Anda ialah bahwa Anda orang yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Seks bukan hanya menyangkut badan Anda, melainkan Anda secara keseluruhan. Karena itu "seksi" juga berarti Anda secara keseluruhan!

  • Pikirkan sesuatu yang lain

  • Bila kita membicarakan hal yang itu-itu juga dengan seseorang, kita akan merasa jenuh dengan percakapan itu dan dengan orang itu. Demikian pula percakapan dengan diri kita sendiri. Masalahnya kita tidak bisa menghindari jiwa kita sendiri. Karena itu tidak ada salahnya untuk sesekali menaruh tujuan "belajar menyukai badan Anda" jauh di belakang benak Anda. Merasa cemas, marah, atau tiada hentinya memikirkan tujuan Anda dapat menghambat kemajuan Anda. Ingatkan diri Anda bahwa Anda adalah orang yang menakjubkan tanpa menyertakan badan Anda, dan jangan mengingat badan Anda untuk sementara.

  • Walau sekarang Anda mungkin belum menyukainya, sesungguhnya Anda bisa mencintai badan Anda. Bahkan dengan parut-parut di kulit, rambut yang susah diatur, berat yang tidak mau turun, badan Anda adalah milik Anda selamanya. Bukankah itu luar biasa? Bagaimanapun, badan Anda mampu berbuat sesuatu, bahkan apa saja. Cari tahu apa yang mampu dilakukannya hari ini.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "My kind of beautiful: Learn to love your body" karya Sara Hagmann.

Bantu kami menyebarkan

Sara Hagmann is a stay-at-home wife and writer who loves traveling, cooking, and kissing her husband. A lot.

Belajar Menyukai Badan Anda

Badan kita perlu kasih seperti bagian lain dari kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr